Pas Buat TikTok & Reels, Ini 5 Cara Membuat Video Menarik!

Seiring dengan viralnya aplikasi TikTok, demam konten video pendek kini semakin merajalela di sosial media. Banyak sosial media lain yang kini mengikuti jejak TikTok dalam membuat video pendek, mulai dari Instagram Reels sampai Youtube Shorts.

Dengan durasi video yang hanya sekitar 1 sampai 2 menit saja, banyak content cretor yang tertantang untuk membuatnya. Meskipun tak mudah, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti loh untuk membuat video menarik loh, Socialty. Berikut ini 6 cara membuat video menarik yang bisa menarik banyak penonton!

6 Cara Membuat Video Menarik

1. Kenali Audiens Kamu

Sebelum membuat video pendek yang menarik, ketahui terlebih dahulu siapa audiens yang ingin kamu tuju. Kumpulkan setiap data yang mendukung mulai dari umur, gender, lokasi, hingga hal yang paling mereka sukai.

Setelah mengenal audiens dengan baik, baru kamu bisa mulai memikirkan ide video apa yang cocok dengan mereka. Misal jika audiens kamu ternyata suka dengan travelling, buatlah video tentang liburan yang menarik seperti rekomendasi hotel murah, tempat yang wajib dikunjungi, dan lain-lain.

2. Kenali Perangkat dan Platform yang Digunakan

Beda perangkat tentu cara membuat video juga akan berbeda pula. Misal jika perangkat yang akan kamu gunakan adalah iPhone 11. Perangkat ini mampu merekam video beresolusi 4K pada kecepatan 24 fps, 25 fps, 30 fps, ataupun 60 fps.

Selain perangkat, kamu juga perlu mengenali platform yang akan kamu gunakan. Setiap sosial media memiliki karakteristik yang berbeda. Mari kita ambil contoh TikTok dan Instagram Reels.

Sekilas dua sosial media ini sangat mirip. Namun jika diperhatikan, ternyata keduanya punya perbedaan loh, Socialty. Di Reels, saat pertama kali meng-upload video, durasi yang ditawarkan adalah 15 detik. Sedangkan di TikTok, durasi yang ditawarkan bisa sampai 30 sampai 60 detik.

Selain itu, target audience di dua sosial media ini juga punya perbedaan. Jika kamu ingin menyasar Gen Z dan membuat video yang sedang tren, lebih baik memilih TikTok. Sedangkan, jika kamu ingin menyasar milenial dan membuat video estetik, sebaiknya pilih Instagram Reels

Hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah platform adalah algoritma. Setiap sosial media punya algoritmanya masing-masing. Dan, yang harus Socialty perhatikan, algortima di sebuah sosial media belum tentu berlaku untuk sosial media lain.

Tiktok

Di Tiktok misalnya, kamu tentu sudah tidak asing dengan yang namanya For Your Page (FYP) kan? FYP adalah rekomendasi video pendek berdasarkan kombinasi berbagai faktor seperti minat, preferensi bahasa dan negara, serta jenis perangkat.

Instagram Reels

Di Instagram Reels, kamu gak bakal menemukan apa yang namanya FYP. Tidak ada standar baku perihal video pendek seperti apa yang akan  direkomendasikan oleh Instagram. Meskipun begitu, sepertinya rekomendasi Reels masih tetap mengacu kepada fitur Explore.

3. Bangun Personal Image 

Agar mudah dicari dan diingat orang, sebaiknya bangun personal image kamu dengan kuat dan unik. Personal image tersebut harus sesuai dengan niche dan apa yang kamu kuasai. Misalnya, jika kamu adalah seorang yang suka dengan memasak, maka tunjukanlah karya masakanmu lewat video.  

Selain itu, kamu juga bisa membuat video tutorial tentang bagaimana cara memasak sesuatu. Personal image ini harus konsisten kamu tunjukan setiap membuat video. Semakin spesifik niche yang kamu pilih, semakin mudah video kamu disukai oleh audiens.

4. Ternyata, 5 Detik Pertama Itu Penting!

Dalam konten video singkat, first impression itu benar-benar penting loh, Socialty. Nasib video kamu bakal ditentukan hanya dalam lima detik saja. Jika ternyata kamu tidak bisa menarik penonton dalam lima detik pertama, maka bisa dipastikan penonton tersebut akan kabur.

Kenapa hal ini terjadi? Pasalnya, di lima detik pertama, penonton akan mulai mengambil keputusan apakah ingin menonton video sampai habis atau tidak.

Untuk menggaet penonton di lima detik pertama, tempatkanlah hal yang paling penting dan menarik di awal video. Misal jika kamu adalah seorang cosplayer, maka tampilkanlah kostum unik tersebut sedini mungkin.

Selain visual, kamu juga bisa memanfaatkan fitur penambahan teks. Tuliskanlah teks yang membuat orang penasaran dan ingin berkomentar. Misal jika video yang akan dibuat berisi tentang konten skincare, maka kamu bisa menuliskan, “Akibatnya Bisa Fatal! Hindari 5 Hal Ini Jika Tidak Ingin Kulitmu Rusak.

5. Konsisten dalam Membuat Konten

Socialty, salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan konten adalah konsistensi. Sayangnya, banyak orang menganggap remeh konsistensi karena dianggap membosankan dan menghambat kreativitas. 

Buat dan unggahlah video pendek menarik yang sesuai dengan personal image kamu secara konsisten. Semakin konsisten kamu dalam membuat video, maka platform pun akan semakin sering merekomendasikan video kamu ke penonton.

Selain berpotensi ditonton banyak orang, konsistensi juga berguna untuk melakukan trial dan error. Ingat, algoritma sosial media itu sangat selalu ditebak dan akan selalu berubah setiap waktu. 

Dengan konsisten mengunggah konten, nantinya kamu bakal tahu tentang apa yang sedang tren dalam algoritma sebuah sosial media. Jika ternyata konsep dari video kamu sudah usang, lakukan evaluasi berdasarkan algoritma tadi.

Itulah beberapa cara untuk membuat video menarik agar viral dan menarik banyak penonton. Untuk melakukan cara-cara diatas, tentu kamu butuh aplikasi editing video yang mendukung.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video

FilmoraGo

Software Filmora memang sudah menjadi andalan video editor. Cara menggunakannya yang simpel membuat mereka betah menggunakan aplikasi ini. Beruntungnya, saat ini Filmora sudah ada versi mobile-nya dengan nama FilmoraGo.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa menggunakan berbagai fitur unggulan seperti memotong video, menambahkan teks, menambahkan efek seperti slow motion dan transisi, dan lain-lain. Tentu fitur-fitur tadi sudah lebih dari cukup untuk membuat video pendek yang menarik.

Adobe Premiere Clip

Tak hanya Filmora, kamu juga bisa menikmati Adobe Premiere versi mobile. Jika dibandingkan dengan versi desktop, memang fitur yang ditawarkan jauh lebih sedikit. Meskipun begitu, kamu masih bisa menggunakan fitur-fitur menarik dari Adobe Premiere versi mobile ini, seperti membuat video secara otomatis dari gabungan foto dan video.

Selain itu, kamu juga bisa men-drag dan drop video ataupun foto sesuai dengan apa yang kamu mau, Socialty. Canggihnya, kamu bisa menggunakan mentahan Adobe Premiere Clip lalu mengeditnya di Adobe Premiere versi desktop. Keren kan?

KineMaster

Aplikasi editing video ini merupakan salah satu yang paling banyak disukai oleh orang. Kamu bisa menambahkan efek, memotong video, serta menambahkan teks dengan mudah lewat aplikasi ini.

Nah buat kamu yang ingin belajar jadi konten kreator dan langsung bisa kolaborasi dengan sesama konten kreator dan influencer pemula, kamu bisa download aplikasi Socialights ya!

Itulah ulasan lengkap cara membuat video yang menarik, mulai dari tips dan trik sampai aplikasi yang bisa kamu gunakan. Lakukanlah tips dan trik diatas dan mulailah membuat video menarik secara konsisten ya, Socialty!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!