5 Cara Mudah Membuat Podcast untuk Pemula, dan Apa Saja yang Dibutuhkan?

Secara umum pengertian Podcast adalah rekaman audio satu orang atau lebih yang dipublikasikan ke khalayak ramai. Awal muncul pada tahun 2004 silam, Podcast hits di masyarakat dalam 5 tahun ke belakang khususnya di Indonesia. Menurut survei yang dilakukan pada tahun 2021 lalu, sebanyak 32 persen pengguna internet di Indonesia mendengarkan podcast dalam seminggu terakhir. Survei ini membuktikan Indonesia berada di peringkat 3 dunia dalam peminat Podcast. 

Pada saat ini dunia Podcast semakin berkembang, berawal hanya audio saja podcast saat ini marak menggunakan visual dan dipublikasikan ke situs web berbagi video seperti Youtube. Banyaknya peminat pendengar podcast, banyak podcaster baru hadir dan mulai terkenal di beberapa platform seperti Spotify maupun Anchor. Tidak hanya eksis, podcast juga menjanjikan lho untuk mendapatkan cuan. Apa kamu tertarik untuk membuat podcast? Berikut kami berikan tips-tips untuk membuat podcast.

Cara membuat podcast mudah untuk pemula

Membuat podcast bisa dibilang simpel, namun ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menarik banyak pendengar. Berikut tipsnya.

1. Menentukan Tema dan Topik Podcast

Salah satu langkah awal yang penting untuk kamu membuat podcast adalah menentukan tema dan topik yang ingin dibicarakan dalam sebuah podcast. Dengan berawal dari menentukan topik pembicaraan yang kamu sukai mulai dari musik, olahraga, hiburan, tongkrongan, hingga edukasi. Hal ini akan menargetkan pendengar yang ingin kamu tuju dan akan menghasilkan pendengar setia. Jika kamu bingung menentukan topik dan tema pembicaraan, bisa kamu awali dengan beberapa pertanyaan seperti, untuk siapa podcast ini dibuat? Dan siapa target pendengar yang ingin dituju? Cara ini dapat memudahkan kamu untuk mengawali tips ini.

2. Tentukan karakter Podcast

Setelah kamu menemukan jawaban dari siapa target yang dituju, setelah itu kamu harus menentukan karakter podcast. Mulai dari identitas podcast, persona, hingga cara berbicara dalam podcast seperti apa. Dengan menerapkan secara konsisten tips ini akan membantu kamu untuk lebih mudah mendapatkan pendengar setia.

3. Membuat Skrip dan konten

Ocehan yang kamu lakukan di dalam sebuah podcast harus memiliki topik dan konten. Tujuan tips ini agar obrolan kamu tidak keluar jalur dan ngalor ngidul tidak jelas tak tau arah. Jadi dengan menulis skrip dan konten dalam satu episode podcast sangatlah penting agar pendengar bisa mengikuti alur dan terlihat tidak membosankan didengar. 

4. Mempersiapkan alat-alat

Untuk membuat sebuah podcast harus memiliki beberapa alat-alat yang bisa dibilang penting, yaitu.

Microfon 

Alat ini merupakan fundamental untuk membuat podcast, yang dimana suara obrolan kamu dihasilkan melalui alat ini. Jika kalian menginginkan kualitas suara yang bagus anda dapat menggunakan mikrofon analog. Namun jika kamu menggunakan mikrofon analog kamu harus memiliki audio interface seperti soundcard atau mixer. Tetapi jangan khawatir untuk pemula, dengan menggunakan smartphone dan headset, tentunya dengan kualitas yang seadanya. 

Laptop dan Software Editing.

Dengan adanya kedua hal ini dapat memudahkan kamu dapat proses produksi  dan mempublikasikan podcast. Kamu dapat memilih software editing suara seperti, Audacity, Audition, ataupun Reaper untuk menyunting audio. 

Memilih Podcast Hosting

Ini merupakan langkah terakhir untuk kamu yang ingin memulai membuat podcast. Kamu harus memilih salah satu platform hosting podcast untuk mengunggah podcast kamu. Ada beberapa hosting yang populer seperti Spotify, Anchor, Soundcloud, maupun Google Podcast. Namun yang paling populer saat ini adalah Spotify. Ingin tahu cara mengunggah podcast kalian di Spotify? Mari disimak.

Cara upload podcast di spotify

Ada langkah-langkah yang kamu harus lakukan untuk meng-upload Podcast di Spotify, diantaranya 

  1. Buka situs web Spotify for Podcaster
  2. Login akun Spotify yang kamu miliki
  3. Klik ‘Get Started’, lalu submit your podcast
  4. Isi nama podcast kamu pada form ‘Your Legal Name’
  5. Baca dan setujui pada ‘Terms and Condition’, lalu klik continue
  6. Masukan Link RSS Feed di form yang telah disediakan
  7. Masukan kode verifikasi email yang telah dikirim melalui email
  8. Masukan informasi podcast, judul, bahasa, kategori, kemudian klik next
  9. Terakhir, klik submit.

Itulah beberapa tips cara membuat podcast yang telah kamu rangkum untuk kamu para pemula yang ingin memulai membuat podcast dan juga cara mengupload podcast di Spotify. Ayo Socialty buat sekarang, tunggu apa lagi.

Untuk kamu yang ingin berkolaborasi langsung dengan influencer dan konten kreator profesional bisa banget, lho! langsung aja download aplikasi Socialights di Google Play Store dan App Store!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!