8 Tips Membuat Kalimat Call to Action untuk Tingkatkan Konversi Konten Kamu!

cara membuat kalimat call to action

Sebagai seorang influencer atau business owner, salah satu tujuan utama dari sebuah konten tentunya untuk menghasilkan action (tindakan) dari audiens. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan kalimat Call-to-Action (CTA). 

Dalam artikel ini, Socialights telah merangkum 8 tips untuk membuat kalimat CTA yang efektif dan dapat meningkatkan konversi dari konten kamu.

Tips Membuat Kalimat Call to Action

Tips Membuat Kalimat Call to Action

1. Tentukan Tujuan CTA

Sebelum kamu mulai menulis kalimat CTA, kamu harus memiliki tujuan dari konten terlebih dulu. Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, mendorong pengunjung untuk mendaftar suatu acara, atau mengarahkan mereka ke halaman produk? 

Setelah menentukan tujuan CTA, maka akan lebih mudah untuk menulis kalimat yang tepat dan memotivasi audiens Anda untuk bertindak.

2. Buat Kalimat Call to Action yang Spesifik dan Jelas

Kalimat CTA yang efektif harus spesifik dan jelas dalam mengungkapkan tindakan yang diinginkan. Hindari kalimat yang terlalu umum seperti “klik di sini” atau “beli sekarang!”. 

Sebaliknya gunakan kalimat yang lebih spesifik seperti “download ebook gratis” atau “tonton video tutorial”. Pastikan juga kalimat CTA jelas dan mudah dimengerti oleh audiens, ya!

3. Mainkan Copywriting

Kalimat CTA yang baik harus dapat memotivasi audiens untuk melakukan tindakkan. Gunakan bahasa yang menarik dan menyenangkan, sehingga audiens merasa terdorong untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan (membeli). 

Kamu bisa memainkan copywritingnya dengan menggunakan kata-kata “peroleh”, “dapatkan”, atau “berlangganan”.

4. Tempatkan Kalimat CTA dengan Strategis

Tempatkan kalimat CTA dengan strategis dalam konten. Jangan letakkan CTA terlalu jauh dari awal atau terlalu dekat dengan akhir, karena audiens mungkin tidak melihatnya. 

Sebagai alternative, kamu bisa meletakkan kalimat CTA pada posisi yang menonjol, seperti di tengah atau akhir dari paragraf.

5. Highlight Kalimat Call to Action 

Kamu dapat meng-highlight kalimat CTA dengan menggunakan warna yang berbeda dari latar belakang halaman atau konten. Ini dapat membantu CTA terlihat lebih menonjol dan lebih mudah ditemukan oleh audiens. 

Tapi, pastikan warna yang kamu pilih mudah dibaca dan cocok dengan desain keseluruhan halaman atau konten, ya.

6. Uji Coba Berbagai Kalimat CTA

Tidak ada rumus pasti dalam membuat kalimat call to action yang efektif. Oleh karena itu, kamu memang harus mencoba berbagai kalimat CTA untuk melihat mana yang paling efektif untuk audiens. 

Lakukan uji coba dengan beberapa kalimat CTA, lalu periksa konversi yang dihasilkan. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui kalimat CTA apa yang menjadi paling efektif untuk digunakan pada konten.

7. Sesuaikan CTA dengan Platform

Setiap platform memiliki karakteristik dan tata letak layout yang berbeda. Pastikan kalimat CTA kamu disesuaikan dengan platform yang digunakan dan audiens yang dituju. 

Misalnya, kalimat CTA pada Instagram akan berbeda dengan kalimat CTA pada blog. Disini, kamu perlu mempertimbangkan karakteristik audiens, seperti bahasa, usia, dan minat, sehingga dapat membuat CTA yang efektif.

8. Gunakan Taktik Urgensi

Taktik urgensi seperti menawarkan diskon atau penawaran terbatas dapat membantu meningkatkan konversi pada CTA. 

Hal ini dapat membuat audiens kamu merasa terdorong untuk bertindak secepat mungkin karena takut kehilangan kesempatan tersebut. Pastikan taktik urgensi yang kamu gunakan masih relevan dan jujur, sehingga tidak mengecewakan audiens.

Contoh Kalimat Call to Action

Contoh Kalimat Call to Action

Setelah tips membuatnya, apakah kamu masih belum terbayang seperti apa contoh kalimat call to action? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kalimat CTA untuk Konten Media Sosial

Kalimat CTA yang bisa kamu gunakan untuk konten di Instagram, Twitter, atau Tiktok di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. “Coba komen di postingan ini..”
  2. “Jangan lupa share ke teman kamu..”
  3. “Klik link di bio..”
  4. “Follow supaya tidak ketinggalan informasi..”
  5. “Retweet atau Like dulu tweet ini..”

2. Kalimat CTA untuk Iklan Media Sosial

Jika sebelumnya adalah kalimat CTA untuk media sosial, contoh kalimat CTA yang ini adalah untuk iklannya. Kamu bisa menggunakan rekomendasi berikut ini:

  1. “Book now“
  2. “Download app sekarang”
  3. “Beli sekarang”
  4. “Check out sekarang”
  5. “Jangan sampai terlewat promo ini”

3. Kalimat CTA untuk Email

Call to action dalam email untuk sarana promosi bisa beragam bunyinya, tergantung pada kampanye yang sedang kamu jalankan.

Beberapa referensi yang bisa kamu coba sebagai berikut:

  1. “Pakai voucher sekarang”
  2. “Apply lowongan sekarang”
  3. “Upgrade ke akun premium”

4. Kalimat CTA untuk Landing Page

Kalimat CTA juga sangat efektif, lho, untuk diletakkan di sebuah landing page website. Umumnya, CTA yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. “Berlangganan sekarang”
  2. “Download e-book gratis”
  3. “Baca selengkapnya”
  4. “Daftar gratis”
  5. “Coba free trial 30 hari”

Itulah beberapa tips untuk membuat kalimat CTA yang efektif. Ayo mulai perbaiki kontenmu sekarang!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts