Intip 7 Rahasia di Balik Caption Instagram yang Menarik Untuk Akun Pribadimu!

Di artikel sebelumnya, Socialty mungkin sudah mengetahui beberapa tips untuk menulis caption yang menarik untuk bisnis di Instagram. Mulai dari call to action, penggunaan hashtag dan emoji, dan beberapa tips menarik lainnya. Gimana, sudah kamu coba kan?

Tapi seperti yang kita tahu, Instagram tak hanya berfokus pada bisnis saja, tetapi juga digunakan sebagai akun pribadi untuk membagikan kehidupan sehari-hari kita sebagai pengguna. Lalu mungkin sekarang muncul pertanyaan seperti, “Ada gak sih tips membuat caption menarik untuk kita pengguna akun Instagram personal?” Jawabannya, tentu saja!

Tak hanya menjadi sarana berbisnis, Instagram sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak juga menjadi sebuah platform membangun personal branding dan popularitas diri. Nyatanya, dengan menjadi seseorang yang terkenal di Instagram (Selebgram) kamu juga bisa menghasilkan cuan yang gak kalah banyak dari membuka toko online, lho.

Selain mengunggah foto atau video yang aesthetic, kamu juga perlu memerlukan aspek lain yang ternyata gak kalah berpengaruh dalam meningkatkan engagement akunmu, yaitu caption. Hmm, dari sini Socialty pasti penasaran kan kira-kira apa saja sih tips yang dapat dilakukan untuk menggaet banyak followers di akun Instagram pribadimu? 

Baik, daripada berbasa-basi lagi, yuk simak 7 tips menulis caption menarik untuk menggaet engagement di akun pribadimu. Let’s go!

1. Tunjukkan Rasa Percaya Diri

“90% kehidupan adalah tentang rasa percaya diri. Namun, hal terbaik dari rasa percaya diri adalah tidak ada satu orang pun yang tahu apakah itu palsu atau tidak” ujar Maddy Perez, si tokoh dalam serial Euphoria. Fake it until you make it bukan? 

Begitu pula dengan caption Instagram. Pastikan kamu menulis hal-hal yang menggambarkan rasa percaya dirimu. Saran, kamu bisa contek beberapa kalimat caption sassy yang dapat kamu temukan di TikTok atau Pinterest dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian, seperti “sassy caption”

Maksudku, mana lagi hal yang lebih baik dan menggugah engagement dari para followers dari unggahan foto selfie gorgeous yang ditutup dengan caption yang terlihat percaya diri? I bet!

2. Pikirkan Apa yang Akan Dipikirkan Orang Lain

Dengan mencoba memposisikan diri sebagai orang lain yang melihat unggahanmu di Instagram, kamu jadi lebih bisa memikirkan strategi menulis caption apa yang sekiranya menarik dan membuat mereka berhenti di postingan-mu untuk sekadar memberi likes atau berkomentar. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari kalimat-kalimat yang mungkin bisa membuat orang lain tersinggung dengan mencoba memposisikan diri sebagai pembaca. 

3. Sesuaikan Dengan Isi Konten

Sudah tulis caption menarik tapi ternyata tidak sesuai dengan isi konten yang diunggah, ugh siapa yang mau melihat hal itu? Justru kalau tidak sinkron seperti ini orang yang melihatnya akan menjadi bingung dan malas mengikutimu di Instagram! 

Jadi, pastikan kalau isinya sesuai dengan konten dari foto atau video yang kamu unggah. Misal, jika kamu mengunggah foto makanan, maka kamu dapat menggunakan caption seperti “home is wherever i’m with food’ atau “staring at my food the way i stare at you”. Gimana, mudah dan menarik kan? 

4. Tambahkan Sedikit Bumbu Komedi

Saat ini, netizen Indonesia khususnya, mudah sekali tertarik memberikan komentar apabila kita menambahkan bumbu-bumbu guyon atau komedi di caption Instagram kita. Trik yang wajib dicoba nih untuk kamu yang memang humoris, dan ingin mendapatkan engagement lebih pada unggahanmu. Tapi ingat, sesuaikan caption dengan tujuan dan isi dari foto atau videomu ya!

5. Manfaatkan Dengan Baik Kalimat Pertama

Memang, salah satu tips menulis sebuah caption adalah singkat, padat, dan jelas. Tapi, pasti ada masanya kan dimana kamu ingin menulis caption panjang? Nah, hal yang perlu lakukan ketika waktu itu datang adalah dengan memaksimalkan penggunaan di kalimat pertama yang membuat pengguna lain yang melihat postingan-mu berhenti scroll untuk membaca keseluruhan caption yang kamu tulis.

Kamu bisa memaksimalkan kalimat pertama dengan menulis inti isi keseluruhan kontenmu, atau menggunakan kalimat pemantik seperti kalimat tanya, ujaran yang sedang trending, atau call to action (CTA). Coba sekarang deh!

6. Buat Cerita 

Saat kamu mengunggah sebuah foto travelling, mungkin kamu bisa menggunakan caption yang bersifat bercerita, misal tentang proses perjalananmu atau hal-hal menarik lainnya di balik trip tersebut. 

Selain terlihat menarik, caption yang bersifat bercerita juga bisa membantu pengguna lain memahami bagaimana dirimu yang sebenarnya, memancing percakapan, sekaligus menjalin kedekatan personal dengan mereka yang membacanya. Sekali mendayung tiga pulau terlampaui nih!

7. Jadi Dirimu Sendiri

Last but not least, tampilkan karakter dirimu yang sebenarnya melalui isi caption yang kamu tulis. Jika kamu adalah sosok yang riang, maka coba tuliskan caption dengan kalimat positif yang terdengar seru sekaligus ceria. Atau, kalau kamu memang sosok yang misterius, mungkin kamu bisa coba tuliskan caption singkat dengan kalimat yang datar yang memancing rasa penasaran orang lain. Intinya, kenali dan jadilah dirimu yang sebenarnya untuk bangun kedekatan dengan para followers

Tertarik mengetahui informasi lebih lanjut terkait influencer, konten, dan hal-hal lain di antaranya? Tunggu apa lagi, ayo klik tombol di bawah untuk download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android!

Nah, itu dia 7 tips untuk menulis caption menarik untuk akun Instagram pribadimu. Coba sekarang yuk!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!