Cara Melihat Penghasilan di TikTok Melalui Aplikasi dan Website

cara melihat penghasilan tiktok

Dikenal sebagai platform video pendek yang menyajikan hiburan tanpa batas, selayaknya media sosial lain TikTok kini juga menyajikan fitur monetisasi pada pengguna.

Berbeda dengan YouTube yang menyajikan AdSense sebagai sumber utama pemasukan para creator, TikTok justru mengikuti jejak Instagram yang mengharuskan para penggunanya mencari pemasukannya sendiri, seperti melalui kegiatan paid promote, endorsement, kerja sama brand, dan lain sebagainya.

Tapi bukan hal yang mudah, untuk dapat melakukan monetisasi sang creator tentu harus memenuhi beberapa syarat, seperti jumlah followers dan likes yang banyak, memiliki engagement yang besar dengan para penonton, serta memiliki kemampuan untuk menciptakan konten menarik dan tentunya viral.

Keunikannya, TikTok di sini menyajikan sebuah fitur khusus bernama TikTok Creator Fund yang menjadi media bagi para TikTok creator untuk mencari cuan di aplikasi video pendek tersebut. Tak hanya itu, TikTok melalui fitur live streamingnya memperbolehkan adanya transaksi berupa donasi yang diberikan oleh penonton kepada creator.

Lantas, setelah mendapatkan uangnya, bagaimana sih cara melihat penghasilan kamu di TikTok? Simak rangkumannya pada artikel berikut ini!

Cara Melihat Penghasilan TikTok

cara melihat penghasilan tiktok

Jumlah penghasilan yang diperoleh oleh para TikTtok creator tentu tidak setara. Semua jumlahnya bervariasi bergantung pada kondisi profil, wilayah, dan jumlah penonton dari si creator. Oleh karena itu, apabila kamu seorang TikTokers kamu wajib banget nih tahu bagaimana cara mengetahui jumlah penghasilan yang kamu miliki. Let’s check this out!

1. Melalui Aplikasi

Creator TikTok bisa mengetahui jumlah penghasilan mereka melalui fitur yang terintegrasi di aplikasi TikTok itu sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok yang tersedia di handphone
  2. Klik profil akun
  3. Klik ikon garis tiga yang berada di kanan atas
  4. Klik pilihan ‘Creator Tools’
  5. Klik pilihan ‘TikTok Creator Funds’
  6. Setelahnya, jumlah penghasilanmu di TikTok akan ditampilkan secara otomatis

Namun patut diperhatikan bahwa untuk menggunakan fitur TikTok Creator Funds, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat yang berlaku terkait minimal umur, minimal jumlah pengikut, jumlah tayangan video, hingga keaslian video.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai TikTok Creator Fund

2. Melalui Website

Selain melalui aplikasi, Socialty juga bisa mengecek jumlah penghasilan di TikTok melalui website TikTok Money Calculator bernama Likigram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website Likigram
  2. Setelah tiba di website, masukkan username TikTok-mu
  3. Klik ‘Enter’
  4. Setelahnya Likigram akan secara otomatis menampilkan perkiraan jumlah penghasilanmu dan beberapa data yang relevan dengan perhitungan jumlah penghasilan yang disajikan, seperti jumlah pengikut, dan video yang telah diunggah.

Selain itu, socialights juga merekomendasikan beberapa website di bawah ini:

Baca Juga: Bahas Tuntas Tentang Kalkulator TikTok

Itu dia cara melihat jumlah penghasilanmu di TikTok. Bagaimana, mudah bukan? Coba sekarang!

Ingin mengetahui informasi lebih banyak soal TikTok atau media sosial lainnya? Ayo download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android sekarang!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts