3 Cara Melihat Insight pada Akun Instagram

Sedang bingung memikirkan bagaimana caranya memaksimalkan konten yang kamu unggah di Instagram? Atau mungkin kamu penasaran dengan perkembangan akun dan konten mu di Instagram? Well, kalau begitu kamu datang ke tempat yang tepat!

Instagram sebagai platform favorit dengan pengguna terbanyak berupaya memberikan ketersediaan fitur terbaik yang membantu para pengguna untuk tetap aktif di Instagram, seperti menyediakan fitur Insight Instagram.

Kini, Instagram memiliki banyak kegunaan, seperti menjadi lapak berjualan, memperluas relasi, hingga mencari pekerjaan. Nah, Socialty tahu gak sih kalau fitur Insight Instagram ternyata sangat bermanfaat lho untuk mencapai beberapa tujuan tersebut? 

Jadi apa itu sebenarnya Insight Instagram, dan bagaimana cara menggunakannya? Mari kita kupas tuntas bersama di artikel ini!

Mengenal Apa Itu Insight Instagram

insight instagram

Insight Instagram adalah tool analytics yang dapat diakses secara gratis dan terintegrasi langsung di aplikasi Instagram. Layaknya tool analytics lainnya, Insight Instagram menyajikan data-data yang lengkap mengenai performa akun dan konten yang diunggah di Instagram.

Tak hanya jumlah likes, comment, dan share, di Insight Instagram kamu dapat menemukan data unik mengenai demografi pengguna, jangkauan konten, hingga engagement dari konten yang diunggah.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Instagram memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Untuk tetap mempertahankan hal tersebut, Instagram berupaya semaksimal mungkin untuk membuat para pengguna betah dan tetap aktif membuat konten di Instagram. Dengan adanya tools analytics seperti Insight Instagram, tentu pengguna akan lebih mudah melihat perkembangan akun dan konten, menentukan efektivitas konten, serta mengevaluasi konten dari data hasil performa akun yang disajikan lengkap di Insight Instagram.

Apabila tertarik menggunakan Insight Instagram, kamu perlu merubah akun Instagram kamu ke mode business account. Dan penting untuk diketahui juga, jika kamu merubah kembali akun Instagram kamu ke mode personal maka data-data yang telah disajikan sebelumnya akan hilang.

Cara Mengaktifkan Insight Instagram

Sebelum dapat melihat insight akun Instagram milikmu, fitur yang tersedia dan menjadi bawaan dari platform Instagram ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya pun mudah, kamu bisa mengaktifkannya hanya dengan mengubah sedikit pengaturan yang ada pada Instagram. Penasaran? Ikuti langkah berikut ini ya.

  1. Pilih ikon titik tiga pada pojok kanan atas laman profil.
  2. Klik privasi/privacy”. Kemudian, non-aktifkan menu “private account”.
  3. Kembali ke laman “Setting”, pilih “Account”. Scroll hingga kamu menemukan pilihan “Switch to professional account”.
  4. Pilih kategori akun kamu yang paling sesuai. Kategori ini berfungsi untuk membantu followers menggambarkan aktivitas Instagram kamu.
  5. Setelah itu, pilih kategori untuk akun kreator atau bisnis. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Akun kreator biasanya banyak digunakan untuk membuat konten, artis, publik figur, atau influencer.
  6. Pilih “Lanjutkan” untuk mengaktifkan fitur Insight Instagram.

Bagaimana Cara Melihat Insight Instagram?

1. Melalui Beranda

profile instagram

Insight Instagram dapat kamu lihat melalui beranda utama. Hal yang perlu kamu lakukan untuk melihat Insight Instagram melalui beranda adalah dengan meng-klik ikon garis-garis di pojok kanan atas profilmu, lalu klik ‘Insights’. Setelahnya, kamu akan melihat tiga menu tampilan, yaitu Activity, Content, dan Audience

Di menu Activity, kamu akan menemukan dua metriks, yaitu Interactions untuk melihat interaksi yang dihasilkan oleh akun dan konten yang kamu unggah, dan Discovery yang menampilkan performa akun selama tujuh hari ke belakang dimana di dalamnya kamu dapat menemukan matriks lainnya seperti reach dan impressions. 

Kemudian di menu kedua yaitu content, data yang tertera tentu berfokus pada konten yang ada di akunmu, seperti jumlah konten yang kamu unggah selama satu minggu. Pada menu content, Instagram membabakan lebih spesifik lagi data mengenai konten yang terbagi menjadi tiga, yaitu konten di feed, stories, dan promotions.

Pada menu terakhir yaitu Audience, kamu akan menemukan data lengkap mengenai audiens-mu seperti lokasi, gender, usia, hingga waktu kapan audiens kamu paling aktif di Instagram. Melalui data ini kamu bisa menentukan kira-kira kapan waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten di Instagram. Menarik sekali ya?

2. Melalui Postingan

scroll instagram

Kedua, kamu dapat melihat Insight Instagram secara lebih spesifik melalui tiap postingan yang diunggah. Untuk melihatnya, kamu hanya perlu mengklik salah satu konten yang kamu inginkan, lalu klik menu ‘View Insights’ yang tersedia di bawah postingan tersebut. 

Sama seperti sebelumnya, di menu Insight Instagram yang tersaji kamu akan melihat dua metriks, yaitu Interactions yang menyajikan data mengenai jumlah profile visit, likes, comments, share, dan save.

Lalu metriks Discovery yang menyajikan data seputar akun pengguna yang berkaitan dengan unggahan tersebut, seperti jumlah pengguna yang melihat postinganmu, jumlah pengguna yang mengikutimu setelah konten tersebut, dan lain-lain. 

3. Melalui Instagram Story

beranda instagram

Terakhir, kamu bisa melihat Insight Instagram melalui Instagram Story yang kamu unggah. Caranya, kamu hanya perlu mengklik pilihan ‘Seen by’ yang tersaji di Story yang kamu unggah.

Setelahnya, kamu akan melihat data lengkap seputar reach, impressions, dan tindakan lainnya yang telah audiens-mu lakukan. Melalui data itu, kamu dapat mengevaluasi konten Instagram Story tersebut. 

Manfaat Mengetahui Insight Instagram

Seperti yang telah tertera pada penjelasan di atas, Insight Instagram dapat memberikan pengguna gambaran mengenai kondisi dan performa sebuah akun Instagram, sehingga kamu bisa melakukan analisis, evaluasi, serta perencanaan strategi marketing yang lebih matang ke depannya. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengetahui Insight Instagram,

1. Mengenal Karakteristik Followers Kamu

Mengenal karakteristik followers suatu akun adalah hal paling krusial. Kamu akan mengetahui jenis konten seperti apa yang bagus performanya, produk seperti apa yang cocok untuk kamu jual, serta bagaimana strategi yang paling tepat mengevaluasinya.

Misalnya, jika audiens kamu adalah wanita, maka akan lebih baik jika kamu mendistribusikan lebih banyak konten-konten seputar wanita. Begitu juga sebaliknya.

2. Dapat Menentukan Efektivitas Konten

Pada umumnya, tidak semua audiens akan menyukai semua konten yang kamu buat. Maka dari itu, cobalah memperhatikan konten-konten seperti apa yang telah memiliki performa baik ataupun memiliki engagement yang tinggi.

Instagram dapat memberikan data yang sangat detail, sehingga kita bisa mengambil langkah tepat terkait konten-konten yang akan kamu eksekusi.

3. Bahan Evaluasi Instagram Marketing

Dengan Insight Instagram, kamu bisa melakukan pengukuran efektivitas konten, dari mulai skala mingguan ataupun bulanan. Sehingga kamu dapat mengetahui sejauh mana target pemasaran yang telah tercapai. 

Jika hasilnya tidak memuaskan, artinya kamu harus melakukan evaluasi data tersebut untuk mengetahui di mana letak kekurangannya.

Setelah mengetahui serba-serbi Insight Instagram tadi, kamu wajib banget nih mengaplikasikan fitur Insight Instagram. Dengan begitu, Socialty akan jadi lebih mudah memantau perkembangan dan menemukan strategi pembuatan konten yang paling tepat untuk akun Instagram mu. Let’s go!

Tertarik mencari tahu lebih banyak informasi mengenai media sosial atau berbagai tips membuat konten lainnya? Ayo langsung saja download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik di bawah ini ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!