Buat Konten Lebih Berkualitas dengan Tahu Cara Melihat Analisis TikTok!

cara melihat analisis tiktok

Untuk mendapatkan konten yang bagus, kamu sebaiknya secara berkala mengevaluasi performa dan melihat kualitas dari konten yang kamu buat. Namun, bagaimana cara menilainya?

Jawabannya dengan mengetahui cara menganalisis konten-konten tersebut. Tidak harus menggunakan situs berbayar, lho. Dengan analitik bawaan TikTok kamu juga bisa mengaksesnya. 

Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya!

Apa itu Analisis TikTok?

Apa itu Analisis TikTok?

Analisis TikTok merupakan fitur yang disediakan TikTok untuk memudahkan pengguna yang ingin mengetahui seperti apa kualitas konten mereka. 

Melalui fitur tersebut, kamu sebagai pengguna dapat mengetahui apakah konten yang kamu buat berhasil menjangkau audiens atau belum.

Dengan begitu, kamu sebagai creator dapat menilai performa tersebut dan mengevaluasi konten kamu agar lebih baik lagi di konten selanjutnya.

Cara Menggunakan Analitik TikTok

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan analitik TikTok:

Cara Melihat Analitik TikTok dengan HP

  1. Buka aplikasi TikTok dan login ke dalam akun yang sudah kamu miliki.
  2. Setelah masuk ke halaman utama, pilih ikon tiga garis di bagian pojok kanan atas, lali klik “Alat Kreator”.
  3. Setelah masuk, klik di bagian “Analitik”.
  4. Setelah klik bagian tersebut, kamu bisa langsung mendapatkan akses ke laporan analitik dan stats.

Cara Melihat Analitik TikTok di Desktop

  1. Buka laman TikTok lalu login menggunakan akun yang kamu miliki.
  2. Arahkan kursor ke bagian profil dan kamu akan melihat bagian “Analitik” yang muncul.
  3. Pilih “Lihat Analitik”.
  4. Setelah masuk, kamu bisa melihat empat jenis data dalam analitik. Lihat semua jenis data dan pelajari sesuai kebutuhanmu.

Langkah Mendownload Report Tiktok Analitik

Menariknya, kamu bisa langsung download data report analisis di Tiktok kamu. Caranya cukup mudah, kok! Kamu hanya perlu login akun TikTok melalui website, lalu ke bagian pojok kanan akun dan klik “Analisis”. Selanjutnya, kamu akan melihat gambar seperti di bawah ini. Kamu hanya perlu mendownload reportnya.

Nah, ini tadi panduan lengkap agar Kamu bisa membaca Data Analitik di Tiktok kamu.

Manfaat Menganalisis Konten TikTok

Berikut manfaat lainnya yang akan kamu rasakan nantinya:

1. Mengetahui Performa

Dengan mengetahui cara analisis TikTok, kamu dapat mengetahui performa dari kontenmu. Di sini ada dua bagian penting, yaitu tayangan video serta tingkat penyelesaian. 

Pada tayangan video, kamu akan mengetahui berapa banyak users yang melihat konten yang kamu unggah pada periode tertentu. 

Sementara pada bagian tingkat penyelesaian, kamu akan mengetahui informasi seputar jumlah pengguna yang benar-benar menonton konten milikmu hingga selesai. Sehingga, kamu bisa menilai seberapa kuat performa konten kamu mempengaruhi target audiens.

2. Fitur Keterlibatan

Manfaat analisis TikTok berikutnya adalah kamu bisa mengecek di bagian tab keterlibatan. Fitur tersebut dapat mengetahui berapa banyak keterlibatan para audiens pada kontenmu. 

Keterlibatan tersebut bisa dalam bentuk komentar, like, atau share. Dengan demikian, kamu bisa tahu jenis konten seperti apa yang followers kamu sukai.

3. Mengetahui Pertumbuhan Konten

Pertumbuhan suatu akun bisa kamu jadikan acuan untuk mengetahui ada berapa banyak users baru yang memfollow akun TikTok dari hasil data analisis. 

Kamu juga bisa membuat settingan untuk mengetahuinya per tanggal sesuai video yang kamu upload di tanggal tersebut.

4. Retensi

Manfaat berikutnya, yaitu kamu bisa melihat seperti apa penurunan durasi para audiens ketika menonton kontenmu. 

Melalui data retensi ini, kamu akan lebih mudah menganalisis jenis serta durasi video yang followers kamu sukai.

5. Analisis Follower

Tab ini berfungsi untuk mengecek terkait perkembangan dari jumlah pengikut akun kamu. Informasi tersebut bisa dalam bentuk dari mana penonton kontenmu berasal, di jam berapa saja mereka aktif mengecek akun atau kontenmu, dan lain-lain. 

Data yang kamu lihat ini merupakan 7 hari terakhir atau bisa dari 4 minggu atau 28 hari terakhir.

Itulah rangkuman tentang bagaimana kamu dapat mengevaluasi kontenmu dengan mengetahui cara melihat analisa akun TikToknya. Coba sekarang!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts