5 Fitur Edit Video TikTok yang Bikin Video Kamu FYP!

Sejak masa pandemi hingga saat ini, TikTok menjadi aplikasi favorit para netizen Indonesia. Melalui platform berdurasi pendek tersebut, kamu dapat menemukan segudang video dengan konten menarik dan menghibur setiap harinya, yang tentunya dapat membuat kamu ketagihan. 

Hanya memiliki durasi sepanjang 15-180 detik, TikTok seakan mendorong para penggunanya untuk terus berimajinasi dan berkreasi untuk menciptakan video yang menarik perhatian pengguna lainnya. Dengan kualitas dan skill editing yang baik tentunya akan memperluas kesempatan videomu untuk tampil di laman For You Page (FYP) yang dapat meningkatkan jumlah viewers video mu hingga menjadi viral. 

Nah, tapi berbicara soal editing, tahukah kamu bahwa TikTok sudah menyediakan sejumlah fitur yang membantu kamu untuk dapat menciptakan video menarik tanpa harus repot men-download aplikasi editing video lainnya? Kalau belum tahu, ayo simak 5 fitur editing video secara manual dari TikTok yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Yuk, simak!

5 Fitur Edit Video di TikTok dan Cara Menggunakannya

1. Filter

Fitur edit video yang satu ini adalah berada di top list favorite para pengguna TikTok. Fitur ini berisikan segudang filter dengan pilihan menarik yang dapat kamu gunakan, mulai dari mempercantik hingga membuat wajahmu terlihat konyol untuk meningkatkan daya tarik dari video yang kamu buat. Cara menggunakannya mudah sekali, kamu cukup menyentuh tombol ‘effects’ di kiri layar saat kamu hendak merekam video, dan setelahnya kamu langsung dapat memilih filter yang tersedia sesuai selera.

2. Sound

Kurang lengkap rasanya jika membuat video TikTok tanpa menambahkan sound atau musik tertentu. Fitur yang satu ini menjadi daya tarik utama dari aplikasi TikTok. Kamu dapat memilih musik atau sound sesuai dengan isi konten atau seleramu. Jangan takut untuk bereksperimen! Karena keunikan dari sebuah video bisa menjadi daya tarik utama untuk bantu video mu viral, lho. Sedikit saran, kamu dapat gunakan sound yang sedang trending untuk tingkatkan performa video. 

Untuk menambahkan sound di video caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyentuh tombol ‘add sounds’ di tengah atas layarmu saat kamu hendak merekam video. Atau, kamu dapat menambahkannya setelah kamu selesai merekam video dengan menyentuh tombol ‘sounds’ di pojok kiri bawah layar, dan setelahnya kamu bisa segera memilih musik yang hendak kamu pakai.

3. Text

Nah, fitur yang satu ini juga jadi andalan para pengguna TikTok, lho. Dengan menambahkan teks pada video, kamu dapat membantu para penonton untuk lebih memahami isi konten video yang sedang kamu buat. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan teks untuk sekadar meningkatkan daya tarik dari video mu. 

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu menyentuh tombol ‘text’ di kiri bawah setelah merekam video. Setelahnya, kamu langsung dapat mengetikkan tulisan yang akan terlampir di dalam video. Kamu juga dapat memberi variasi pada teks yang ada dengan memilih beragam pilihan font dan warna yang menarik.

4. Voiceover dan Voice Changer

Fitur yang satu ini banyak digunakan oleh para pengguna yang membuat konten review, seperti review produk, tempat, hingga makanan. Karena dengan menggunakan fitur ini kamu dapat menambahkan suara sesuai dengan yang kamu inginkan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyentuh tombol ‘voiceover’ di kanan atas layar setelah merekam video. Oh ya, kamu juga dapat memvariasikan suara yang kamu rekam untuk terdengar lebih menarik dan lucu dengan menyentuh tombol ‘voice effects’ yang terletak di atas tombol ‘voiceover’.

5. Beautify

Untuk kamu yang ingin mempercantik wajah tanpa terkesan berlebihan, kamu dapat menggunakan fitur yang satu ini nih. Melalui fitur ini kamu dapat membuat wajahmu terlihat lebih cantik dengan beberapa variasi yang tersedia, seperti merubah bentuk wajah, warna mata, menambahkan perona di pipi, hingga menambahkan warna di bibir yang membuat wajahmu terlihat fresh di kamera. 

Caranya menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu menyentuh tombol ‘beautify’ di kanan atas layar saat hendak merekam video, lalu setelahnya kamu hanya perlu memilih serta mengatur pilihan yang disediakan sesuai selera dan kebutuhan. Ayo coba sekarang!

Untuk kamu yang tertarik dengan membaca lebih lanjut tentang media sosial, influencer, dan hal-hal di antaranya kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Ayo klik sekarang!

Aight, itu dia 5 fitur edit video secara manual di TikTok yang dapat kamu gunakan untuk ciptakan video berkualitas yang dorong popularitas videomu. Semoga FYP ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!