8 Cara dan Tips Berjualan Online untuk Pemula, Dijamin Berhasil!

Tahukah kamu, di masa pandemi ini penjualan online terus meningkat? Yup, pandemi Covid-19 memaksa masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Itulah salah satu alasan yang membuat transaksi online meningkat selama pandemi. Peluang bisnis online ikut meningkat, maka Socialty sebaiknya tahu cara berjualan online yang bikin cuan!

Orang-orang merasa lebih aman dan praktis berbelanja online. Apalagi di era digital seperti sekarang apa pun produk yang dicari dapat ditemukan dengan mudah melalui internet. Kemudahan dalam bertransaksi online tidak hanya menguntungkan pembeli tapi juga penjual. Yuk simak, cara berjualan online untuk pemula berikut ini!

5 Cara Berjualan Online untuk Pemula

Kita mulai dari cara berjualan online yang perlu kamu persiapkan.

1. Tentukan Jenis Produk yang Ingin Dijual

Poin pertama yang perlu Socialty ketahui dalam cara berjualan online adalah menentukan jenis produk yang ingin dijual. Hal ini terlihat sepele tapi ternyata perlu dipikirkan baik-baik, ya. Caranya yaitu dengan melakukan riset pasar yang akurat tentang produk yang hits.

Cari tahu jenis produk apa saja yang paling banyak diburu masyarakat saat ini. Misalnya Socialty ingin berbisnis di bidang fashion, maka cari tahu jenis fashion apa yang sedang tren sebagai ide produk jualan.

2. Tentukan Target Pasar

Yes, ternyata setiap produk jualan punya target pasarnya masing-masing. Contoh, pada produk fashion ada banyak model pakaian berdasarkan siapa yang cocok memakainya. Socialty perlu memahami siapa target pasar yang dituju agar bisnis online berjalan dengan lebih lancar dan mudah menyusun strategi pemasarannya.

3. Bikin Toko Online

Cara berjualan online untuk pemula setelah menentukan produk dan target pasar adalah membuat toko online. Toko online akan membuat bisnis tampak lebih profesional dan terpercaya. Membuat toko online tidak sulit kok, kamu bahkan bisa mengerjakanya melalui smartphone.

Memang ada banyak platform yang bisa kamu gunakan, namun Socialights tentunya merekomendasikanmu untuk membuat toko online yang praktis dan gratis dengan aplikasi Socialights. Aplikasi Socialights cocok banget untuk online seller pemula karena bisa memulai bisnis tanpa repot memikirkan modal besar, gudang, packing dan kirim-kirim. Kamu cukup fokus membuat konten di SocialStore dan bisa dapat cuan.

4. Bangun Branding di Social Media

Setelah membuat toko online, kamu juga perlu membangun brand. Membangun sebuah branding bertujuan agar bisnismu semakin banyak orang-orang lirik dan bisa bersaing di pasar online untuk dapat banyak keuntungan.

Cara membangun branding bisa kamj mulai dengan menentukan logo, nama brand, dam tentunya nama toko onlinemu. Setelah itu, buat akun media sosial khusus bisnis agar tidak tercampur dengan akun pribadi. Di media sosial bisnis ini, kamu dapat lebih aktif dan leluasa mempromosikan produkmu kepada calon konsumen.

5. Berikan Added Value

Di pasar online banyak sekali produk yang saling bersaing untuk menarik minat calon pembeli. Maka dari itu, membutuhkan trik dan strategi supaya produk yang kamu jual banyak pembelinya. Salah satu caranya adalah memberikan added value atau nilai tambah terhadap produk tersebut.

Lantas bagaimana caranya? Kamu menonjolkan keunikan dan kegunaan produkmu dari produk serupa milik kompetitor. Contohnya produk skincare terbuat dari bahan alami atau cruelty free yang akan menarik simpati calon pembeli.

3 Tips Bejualan Online untuk Pemula

Setelah merangkum cara berjualan online yang bisa kamu lakuan, coba juga yuk tips berikut ini.

1. Manfaatkan Word of Mouth Marketing

Berdasarkan fakta, apa yang menjadi “kata orang” sangat berpengaruh dalam sebuah bisnis. Itu mengapa seorang pebisnis rela membayar mahal para key opinion leader untuk bicara bagus soal produk mereka. Itu karena mereka memanfaatkan kekuatan word of mouth marketing.

Jika memiliki budget yang cukup, tak ada salahnya untuk mempromosikan produkmu melalui micro influencer. Seketika, bisnis kalian dapat dikenal oleh para calon pelanggan dalam jumlah lebih banyak dan jangkauan audiens yang lebih luas.

2. Buat Iklan Berbayar Melalui Facebook, YouTube, atau Instagram

Jika kamu belum bisa menggunakan para influencer untuk mempromosikan bisnismu, cobalah lakukan pemasaran dengan iklan berbayar di media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram.

3. Buat Isi Deskripsi Produk yang Menarik

Hal yang tampak sepele dan remeh seperti deskripsi produk ternyata juga bisa mempengaruhi laris tidaknya sebuah jualan online. Copywriting akan menjadi sebuah pelengkap semua dari usaha promosi yang sudah kalian lakukan.

Dengan kalimat promosi atau tulisan yang persuasif, kalian dengan mudah meraih sisi emosional para pelanggan. Hingga dari sana, tuntunlah pelanggan potensial ke halaman pembayaran untuk selesaikan transaksi.

Baca Juga: Ide Jualan Online yang Laris

Memulai jualan online memang harus inovatif dan tekun supaya mendapatkan banyak keuntungan. Namun, kamu bisa menggunakan aplikasi Socialights untuk memudahkan memulai bisnis. Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!