5 Cara untuk Kamu Menumbuhkan Kepercayaan Diri!

Percaya diri

Selama kita hidup, pasti kita pernah merasa tidak percaya diri. Ketidakpercayaan diri pun memiliki berbagai penyebab. Seperti lebih mempercayai pandangan orang lain terhadap kita dibandingkan pandangan individu, lingkungan yang tidak mendukung, dan terjebak di zona nyaman. Jika kamu ingin menjadi seorang yang percaya diri, kamu harus berani untuk mengambil langkah dan memulai untuk mulai percaya kepada diri kamu sendiri. Jika kamu sudah percaya diri, maka orang lain pun akan percaya kepadamu. Memang susah diterapkan di awal, berikut adalah beberapa tips bagi kamu yang ingin memulai untuk percaya diri!

5 Cara untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri

1. Mengembangkan Kepercayaan Diri Pada Hal Sederhana

Kamu dapat memulai dengan memberikan kata-kata motivasi kepada diri sendiri. Saat kamu ragu dengan hal yang kamu kerjakan, kamu dapat mencari tahu lebih dalam tentang hal tersebut. Setelah mengecek kembali, kamu dapat memberikan kata-kata motivasi kepada diri kamu sendiri untuk meyakinkan dirimu. Seperti saat kamu belum puas pada konten yang baru saja kamu buat, kamu dapat menontonnya kembali dan menilainya kembali. Jika kamu sudah merasa cukup, maka ucapkanlah kalimat afirmasi seperti “Pekerjaan kamu sudah bagus, kamu sudah berbuat cukup untuk hari ini,”. 

2. Memahami Kekurangan dan Kelebihan Diri

Hal ini dapat kamu lakukan dengan melakukan refleksi diri dan memetakan kekurangan dan kelebihan kamu. Kamu dapat melakukan ini dengan menggunakan teknik SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats). Jika kamu merasa kesulitan, Kamu dapat melibatkan orang terdekat saat sedang membuat SWOT. Kamu dapat memulai dengan memetakan kelebihan dan kekurangan kamu sebagai influencer. Seperti kamu lebih mahir pada skill editing video dan biasa saja pada public speaking. 

3. Fokus kepada Ketertarikan

Dengan menekuni hal yang kamu suka, kamu dapat menemukan kebahagiaan di dalamnya. Perasaan bahagia menjadi awal untuk kamu meraih kepercayaan diri. Setelah menyadari kemampuan dan kualitas diri kamu, maka kamu akan lebih percaya dengan potensi diri kamu. Misal, kamu menyukai industri kecantikan. Maka kamu dapat memulai mempelajari dan menekuni bidang tersebut. 

4. Tidak Menjadikan Orang Lain Sebagai Tolak Ukur

Kelompok orang

Sebagai makhluk sosial, sudah wajar jika kita melihat keadaan orang-orang disekitar kita. Namun, ingat bahwa setiap orang memiliki progress yang berbeda, dan memiliki struggle-nya masing-masing. Kamu boleh menjadikan seseorang sebagai motivasi untuk maju berdasarkan pencapaiannya, tapi jangan sampai hal tersebut membuat kamu minder ataupun sedih. Contoh, kamu memiliki satu influencer favorit kamu. Kamu dapat mempelajari perjalanan karier dia. Melalui hal tersebut, maka kamu akan terdorong untuk memulai perjalanan karier kamu. 

5. Mengikuti Komunitas dengan Minat yang Sama

Komunitas

Lingkungan sekitar menjadi salah satu unsur penting yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri. Pernah dengar ungkapan bahwa kamu adalah lima orang disekitar kamu? Ungkapan tersebut menunjukan bahwa orang-orang disekitar kita mengambil peran besar dalam membentuk diri kita. Oleh karena itu, kamu dapat mengelilingi diri kamu dengan kelompok orang yang memiliki minat sama dan memiliki energi positif. Kamu juga akan mendapatkan informasi tambahan dan tips dari individu-individu yang bergerak di bidang yang sama. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang content creator, maka kamu dapat bergabung pada komunitas content creator

Berikut adalah lima tips dalam meningkatkan kepercayaan diri. Apakah kamu sudah siap untuk menerapkannya dan menjadi orang yang percaya diri?

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!