Socialty, tahukah jika media sosial seperti Instagram sebagai salah satu media dua arah membutuhkan caption yang menarik agar engagement rate kamu bisa meningkat?
Tak heran, jika kebanyakan caption menarik digunakan oleh online shop untuk menarik audience agar tertarik dengan produk apa yang dijual di toko tersebut.
Penulisan caption pun harus punya ciri khas sesuai dengan audiencenya masing – masing, agar audience memiliki korelasi dengan akun Instagram tersebut dan paham dengan apa yang ingin kita sampaikan.
Nah untuk itu, ada tipsnya loh untuk membuat sebuah caption yang menarik. Berikut adalah tips yang wajib Socialty coba!

Tips Membuat Caption Menarik
1. Singkat, Padat, dan Jelas
Tidak semua caption bisa berhasil menarik audience, oleh karena itu dibutuhkan pola yang benar dalam penulisan caption.
Walaupun instagram menyediakan 2200 karakter untuk menulis, tapi tidak semua audience mau membaca tulisan panjang.
Tipsnya adalah buatlah caption yang singkat, padat dan jelas dengan 138 hingga 150 karakter, tidak usah terlalu panjang, yang penting pesannya sampai ke audience.
Gunakan juga pembukaan yang menarik, sehingga orang akan stop scrolling sejenak untuk membaca caption kita.
2. Menggunakan Hashtag & Emoji
Hashtag adalah cara paling ampuh untuk menjangkau audience lebih luas dan tertarget. Gunakan hashtag yang sedang tren, viral dan populer agar postingan kita memiliki potensi dilihat oleh banyak pengguna.
Satu lagi elemen yang harus ada dalam postingan yaitu emoji, sebenarnya emoji hanya pelengkap atau bisa dibilang pemanis agar caption kita lebih hidup.
Contohnya : Dibandingkan menggunakan “HAHAHA” lebih baik gunakan emoji 🤣, sehingga audience mengerti apa yang kita sampaikan adalah sesuatu yang sangat lucu.
3. Call To Action (CTA)
Socialty, Call To Action adalah senjata powerful agar audience mau berinteraksi di postingan dan melakukan apa yang kita inginkan.
CTA ini biasanya berupa ajakan atau perintah, misalnya ajakan untuk membeli produk dengan perintah untuk mengklik link.
“minat dengan outfit satu ini? Klik link di bio untuk order”.
Tapi tidak semua postingan harus pakai CTA ya, bisa disesuaikan dengan visual atau jenis konten yang diposting.
4. Tunjukkan Personal Branding
Caption yang memiliki ciri khas akan lebih nempel di ingatan audience dibandingkan caption yang general
Sebagai contoh, biasanya beberapa online shop terkenal di Indonesia selalu memiliki ciri khas panggilan kepada adminnya.
Seperti brand Brighty yang memiliki panggilan admin minty
Ada pula yang memiliki panggilan untuk pengguna sebagai pecinta dari produk yang dijual.
Misalnya salah satu toko fashion Mayoutfit yang memiliki panggilan bagi penggunanya maylova.
Yang brand- brand ini lakukan adalah menulis caption dengan menunjukkan personal branding, sehingga audience mudah mengingat produk sekaligus brandnya.
5. Gunakan pertanyaan untuk meningkatkan engagement
Pertanyaan di dalam caption itu penting, karena fungsinya untuk memancing keterlibatan pengguna agar mau berinteraksi di postingan tersebut, sehingga meningkatkan engagement dari postingan itu sendiri.
Contoh pertanyaannya seperti ini “baju mana yang kamu suka? Komen dibawah ya!”. Pengguna akan merasa terpanggil untuk menuliskan baju yang mereka suka di postingan tersebut. Semakin banyak interaksi maka semakin naik engagement yang didapatkan.
Itulah beberapa tips yang bisa dicoba akun Instagram Socialty bisa merasakan kenaikan engagment. Jangan lupa terus berkarya dan tidak gampang menyerah ya!
Kalau kamu ingin mengetahui lebih dalam gimana sih caranya naikin performa akun di media sosial. Kamu bisa mengikuti 30 Hari Menjadi Influencer di Aplikasi Socialights.
Yuk download sekarang dan rasakan manfaatnya!