Mengenal Apa Itu Campaign, Agar Bisnismu Makin Sukses!


Banyak pebisnis yang berhasil mempromosikan produknya berkat metode campaign. Metode tersebut juga telah menjadi strategi pemasaran mutlak yang berfokus untuk meningkatkan konversi pada bisnis. Meski begitu, pengertian “apa itu campaign” secara spesifik nyatanya masih banyak dari pebisnis atau orang umum yang tidak memahaminya dengan baik. 

Namun tenang! Melalui artikel ini, Socialights telah merangkum penjelasan lengkap mengenai apa itu campaign beserta tips menarik dan bocoran strategi agar campaign buatanmu berjalan dengan baik. 

Apa Itu Campaign?

apa itu campaign

Campaign adalah suatu kegiatan dari bagian pemasaran (Tim Marketing) yang mempromosikan suatu produk atau jasa melalui berbagai jenis media, seperti televisi, radio, atau media cetak berupa koran dan majalah. Namun di era modern ini, banyak perusahaan yang lebih mengandalkan platform media sosial berupa iklan (ads) sebagai sarana promosi mereka.

Indeed mencatat, kesuksesan sebuah campaign merupakan komponen penting dalam pertumbuhan suatu perusahaan. Pengaruhnya akan berdampak pada kesadaran publik terhadap merek tersebut, bahkan membantu menggaet calon pelanggan baru.

Mempromosikan sebuah campaign juga tidak melulu soal memasang iklan. Kamu bisa memasarkan campaignmu dengan cara lain seperti membuat sebuah konferensi video, demonstrasi, dan teknik interaktif lainnya. 

Sementara untuk tujuan campaign sendiri, setiap perusahaan tentu memiliki sasarannya masing-masing. Ada yang ingin membangun citra terlebih dulu, ada yang langsung menargetkan penjualan produk yang sudah ada di pasar, ada juga yang bermaksud memulihkan dampak dari berita negatif di masyarakat. Dari ragam tujuan tersebut, ujungnya adalah peningkatan profit.

Manfaat dari Campaign

orang senang

Setelah mengenal apa itu campaign, selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah manfaat perusahaan membuat campaign tersebut. 

1. Mengenalkan Produk ke Publik

Tujuan utama suatu bisnis merancang campaign tentu ingin publik lebih mengenal produknya, atau yang biasanya kamu dengar dengan “upaya meningkatkan brand awareness”. Upaya tersebut juga menjadi manfaat utama mengapa banyak perusahaan mulai menjalankan campaign.

Sederhananya, ketika publik sudah mengenali suatu merek, otomatis konsumen dan target market akan terbentuk. Dengan begitu, semakin bagus brand awareness produk di mata publik, semakin banyak pula calon konsumen dan konsumen baru yang membeli produk tersebut. 

2. Meningkatkan Upaya Penjualan

Jika kamu ingin meluncurkan sebuah campaign, kamu harus merencanakan dan membuat materi campaign dengan baik dan maksimal. Kamu juga perlu menyesuaikan campaign dengan target market dari produk tersebut. Karena ketika suatu campaign berhasil terealisasikan, idealnya itu akan mendatangkan peluang serta kesempatan meningkatnya penjualan. 

Pada akhirnya, perusahaan akan mendapat penjualan yang lebih besar dan menghasilkan peningkatan laba yang signifikan. Setelah sampai di titik ini, perusahaan harus terus cross-check produk agar meminimalisirkan kesalahan produksi dan mendatangkan manfaat dari campaign yang ketiga, yang akan kita bahas setelah ini.

3. Mambangun Konsumen Loyal

Setelah produk tersebut mendapat atensi publik dan penjualan meningkat, tugas kamu belum selesai untuk mendeklarasikan campaign itu berjalan sukses. Karena sebenarnya, ini adalah manfaat campaign yang diharapkan semua perusahaan, yaitu membangun dan mendapatkan konsumen yang loyal. 

Karena jika penjualan naik saat campaign tersebut sedang berlangsung (saja), itu menandakan penjualan tidak meningkat untuk jangka panjang. Apalagi jika penjualan meningkat hanya karena ada promo, itu yang justru mendampak rugi pada segi laba perusahaan, namun tetap bagus dalam upaya meningkat brand awareness.

Bocoran Strategi Terbaik untuk Memulai Campaign

strategi campaign

Berikut ini strategi praktis untuk kamu, supaya bisa sukses dalam memulai campaign.

-Riset, riset, riset

Pastikan tujuan dari campaign yang ingin kamu buat. Sebelum memulainya, kamu harus tahu betul apa yang kamu kejar dalam campaign tersebut. Buatlah list dari “Apa”, “Siapa”, “Di mana”, “Kapan”, dan “Bagaimana” kamu akan melakukannya. 

Karena tanpa riset yang jelas dan mengetahui target market yang menjadi sasaran, kamu tidak akan tahu kondisi atau pun situasi market, yang tentunya akan menyulitkan kamu dalam melakukan perencanaan dari campaign tersebut. Jadi, pastikan kamu telah membuat list nya dengan lengkap, ya!

Lakukan secara konsisten dan berkala. 

Hampir di banyak proses menuju kesuksesan, konsistensi selalu memegang peran. Begitu pula ketika kamu ingin membuat campaign. Ketika rancangan pertama tidak berhasil, segera lakukan evaluasi, dan rancang perbaikan untuk berikutnya. Sampai kamu mendapatkan celah celah dari kegagalan sebelumnya yang menciptakan ide menarik agar publik melirik produk atau layananmu. 

Contoh Campaign yang Sukses

gojek

Salah satu startup besar asal Indonesia, Gojek, berhasil merancang campign yang menyorot perhatian besar dari publik. Dengan selogan #PesanDariRumah yang Gojek rilis pada Maret 2021, perusahaan yang pak Nadiem pimpin itu memperkenalkan campaign yang terinspirasi dari adanya aspirasi keluarga mitra driver Gojek (GoRide ataupun GoCar) yang selalu mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan selama pandemi. 

Campaign ini Gojek lakukan dengan bantuan mitra drivernya untuk membuat poster pengingat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan pada kendaraan driver. Kata-kata menyentuh dari keluarga mitra driver Gojek yang ingin antara penumpang dan driver sama-sama terhindar dari penularan virus COVID-19 berhasil menyita simpati publik.

Campaign tersebut mendapat respon positif dari banyak customer yang mengunggah tulisan tersebut ke media sosial Instagram dan Twitter. Hal ini berpengaruh pada kesuksesan Gojek dalam membangun citra positif brand karena menjunjung tinggi rasa kemanusiaan pada sesama.

Contoh inilah yang bisa kamu tiru, kaitkan promosi bisnis dengan aspek sensitif namun bersifat positif untuk publik. Karena dengan simpati dan dukungan dari publik, kamu dapat membangun bisnis yang mampu bersaing karena tren tersebut akan terus menjadi pembicaraan orang banyak.

Segitu dulu informasi yang bisa Socialights rangkum, semoga bisa memberi manfaat untuk kamu ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!