Tips Sukses Strategi Buzz Marketing, Calon Influencer Harus Tahu!

Sebuah kampanye dapat dinyatakan sukses karena banyak hal. Salah satunya ketika promosi yang berjalan menjadi perbincangan khalayak ramai. Untuk melakukan ini, para brand dan influencer sebaiknya mempertimbangkan strategi buzz marketing.

Namun, apa itu buzz marketing? Berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kamu tahu. Simak sampai habis, ya!

Mengenal Buzz Marketing

Mengenal Buzz Marketing

Buzz marketing merupakan sebuah strategi yang berfungsi memaksimalkan pemasaran dan promosi dengan cara membagikan informasi dari mulut ke mulut melalui media sosial.

Strategi ini biasanya mengusung konsep yang unik dan menarik, agar audiens menjadi penasaran terhadap produk yang ditawarkan. Singkatnya, konsep ini lebih kearah ‘penggiringan opini’ sepihak,audiens bingung dan mencari tahu tentang produk tersebut.

Tujuan strategi buzz marketing adalah meyakinkan konsumen melaui promosi yang dilakukan oleh konsumen lain. Jadi, ketika proses kampanye, buzz marketing akan banyak mengandalkan sudut pandang konsumen untuk meyakinkan konsumen dan calonnya, bahwa produk tersebut memang memiliki kualitas bagus.

Namun karena memasarkan dengan cara mulut ke mulut kurang efektif diera ini, banyak brand dan influencer yang juga menggunakan platform media sosial agar memuat banyak target pasar.

Jenis-jenis Buzz Marketing

Jenis-jenis Buzz Marketing

Setelah mengenal apa itu buzz marketing, berikut ini adalah jenis-jenis strategi pemasaran buzz marketing yang perlu kamu ketahui. 

1. Taboo

Jenis Taboo menggunakan subjek yang kontroversial dan bertujuan menghasilkan objek, agar audiens turun tangan untuk ikut berbicara. Namun, strategi jenis ini memiliki risiko, yaitu berupa reaksi yang negatif dari audiens lainnya.

2. Hilarious

Hilarious adalah strategi buzzer yang mengandalkan unsur komedi dalam subjek iklannya. Dengan unsur komedi tersebut audiens diharapkan akan tertarik dengan kesan santai dari brand yang dipasarkan.

Jenis juga merupakan teknik yang tidak memiliki risiko negatif di mata audiens. Jadi, jenis ini sangat efektif untuk kamu yang ingin menonjolkan branding terlebih dulu, karena audiens jadi lebih mudah mengenal identitas brand tersebut.

3. Outrageous

Jenis Outrageous memberikan subjek yang sifatnya mengejutkan audiens. Ketika proses kampanye, jenis ini akan lebih menekan ke arah sesuatu yang kesannya mengejutkan. Tujuannya agar audiens penasaran akan kejutan tersebut, lalu mencari tahu lebih dalam tentang brand atau produk yang diiklankan.

4. Secret

Sesuai dengan namanya, jenis ini lebih mengedepankan aspek rahasia yang tersimpan dalam produk. Ini bertujuan agar audiens menjadi penasaran terhadap apa yang terdapat di dalam rahasia tersebut. Dengan mengedepankan unsur ‘secret’, pastinya audiens akan bertanya-tanya dan penasaran untuk mengetahui lebih dalam tentang produk yang ditawarkan.

5. Unusual

Jenis ini adalah teknik promosi yang mengedepankan unsur unik sebuah produk sebagai objek utama.  Jadi, produk tersebut akan menggambarkan sesuatu yang berbeda agar audiens penasaran tentang keunikan yang tersimpan.

Bagaimana Cara Membuat Buzz Marketing yang Sukses?

Bagaimana Cara Membuat Buzz Marketing yang Sukses

Setelah menentukan jenis strategi yang akan kamu gunakan, saatnya membuat perencanaan agar strategi kamu berjalan dengan sukses. 

1. Lakukan Kolaborasi

Influencer dan brand ambassador bisa membantu produk kamu dijangkau aundies lebih luas lagi dalam proses kampanye. Akan tetapi, kamu juga perlu tahu bahwa jenis influencer ini beragam.

Ada macro influencer, micro influencer, dan nano influencer. Nah, kamu tinggal sesuaikan level tersebut dengan kebutuhan kampanye. 

Baca Juga: Apa Itu Macro Influencer?

2. Gunakan Kampanye PPC 

Kampanye PPC (Pay per click) dapat meningkatkan jangkauan dari proses kampanye yang kamu jalani agar berjalan cepat namun sesuai anggaran.

Beberapa jenis kampanye PPC adalah Google Display dan Facebook Ads yang keduanya bisa menjangkau audiens yang kamu targetkan.

3. Sebarkan ke Media Sosial 

Selanjutnya metode yang pasti akan kamu lakukan adalah menyebarkan kampanye tersebut ke media sosial. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan banyak aspek salah satunya design konten yang akan kamu unggah pada platform yang kamu gunakan.

Semakin cantik desain yang kamu buat, akan semakin besar kemungkinan produk kamu menjadi pembicaraan banyak orang yang nantinya menjadi calon kostumer kamu selanjutnya.

Selamat mencoba!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!