Mengenal Brand Value dan Manfaatnya Bagi Bisnis Kamu!

Dalam membangun sebuah bisnis banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Mulai dari strategi marketing, produksi, dan masih banyak lagi agar bisnis dapat berjalan sesuai keinginan dan rencana. Selain itu, pelaku bisnis juga harus melakukan branding supaya publik merasakan kehadiran brand tersebut. 

Sebuah merek memiliki nilai dari perspektif publik yaitu, brand value dan brand equity. Namun kali ini, Socialights akan membahas pengertian brand value. Singkatnya, brand value adalah nilai harga dari suatu merek di masyarakat. Misalnya, smartphone merek A dan merek B memiliki spesifikasi yang sama. Namun, publik lebih memilih merek A yang harganya jauh lebih mahal dari merek B.

Merek yang ingin memiliki nilai yang tinggi seperti contoh di atas biasanya memiliki strategi marketing yang matang dan suntikan dana yang cukup besar serta umur dari merek tersebut yang sudah lama sehingga nama merek tersebut sudah menempel di masyarakat. Yuk ketahui brand value secara detail lewat pembahasan di bawah ini!

Pengertian Brand Value

Brand value adalah nilai sebuah merek di mata masyarakat dalam tanpa kutip ’publik’. Hal ini menyebabkan konsumen rela membayar harga yang tinggi demi mendapatkan produk dari brand tersebut meskipun memiliki fungsi yang sama dengan merek lain yang mereknya kurang populer.

Selain itu, nilai ini tidak dapat terukur dari kepuasan konsumen itu sendiri. Karena brand value dapat dinilai dari pemasaran dan analisis keuangan yang diperoleh merek tersebut. Hal ini berbeda dengan aspek lainnya yaitu brand equity, yang mana aspek ini mengedepankan kepuasan konsumen dalam sebuah brand. 

Jika sebuah merek memiliki brand value yang tinggi di masyarakat, ada beberapa manfaat yang diperoleh oleh merek tersebut, lho! Apa saja ya? Nah, ini dia deretan manfaatnya!

Pengertian Brand Value

Manfaat Brand Value

Nilai merek dalam bisnis sangat penting karena dapat berpengaruh pada tinggi rendahnya merek tersebut di mata publik. Adapun beberapa manfaatnya pada suatu perusahaan sebagai berikut.

1. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Brand value yang tinggi, dapat mendapatkan keloyalitasan konsumen yang tinggi juga. Dimana brand value dapat meningkatkan ingatan, kemauan, dan harapan dari konsumen. Namun, brand itu sendiri juga biasanya memberikan reward atau penawaran khusus ke konsumen agar relasi brand terhadap konsumen itu sendiri terjaga dengan baik. 

2. Mengetahui Target Pasar

Jika mengetahui brand value kamu, secara otomatis kamu juga dapat mengetahui siapa target yang akan kamu tuju. Misalnya sebuah merek mobil sport yang mewah, mereka otomatis mengetahui bahwa target mereka adalah orang-orang kalangan atas yang dapat membeli produknya. Jika kamu sudah mengetahui brand value kamu, kamu dapat meningkatkan karakteristik dari brand kamu agar menambah nilai dari merek tersebut. 

3. Meningkatkan Harga Jual 

Dengan memiliki brand value, suatu perusahaan dapat meningkatkan harga jual dari produk merek tersebut. Misalnya, produk A yang kurang tekenal memiliki harga jual berkisaran 50 ribu hingga 100 ribu. Namun produk B yang telah mendapat kepercayaan publik akan merek tersebut meski produknya sama bisa memiliki harga jual yang lebih tinggi. Kenaikan harga ini merupakan keuntungan dari brand value

4. Peluang Pelanggan Baru Terbuka Lebar

Brand value yang tinggi berarti memiliki tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi juga. Dimana ini juga dapat menghadirkan calon konsumen yang menaruh kepercayaan terhadap brand kamu untuk memberanikan diri membeli produk kamu. Biasanya yang saat ini paling sering terjadi adalah review produk melalui media sosial, atau omongan dari teman terdekat yang telah menggunakan jasa atau produk brand kamu.

5. Meningkatkan Kredibilitas

Sebuah nilai merk mampu meningkatkan kredibilitas merk tersebut. Nah, selain dari nama brand, kredibilitas brand akan mempengaruhi penilaian orang terhadap brand. Sehingga, image brand menjadi lebih baik dari para kompetitor.

6. Mendapatkan Toleransi dari Konsumen

Setiap brand akan mengupayakan segalanya berjalan sebaik mungkin. Namun, apabila terdapat kesalahan tak sengaja, bisa saja hal tersebut menjadi bumerang yang dapat merugikan brand. Nah, brand dengan nilai yang baik di mata publik bisa meminimalisir hal tersebut terjadi. Kesalahan kecil yang dilakukan brand bisa lebih mudah mendapatkan toleransi dari konsumen.

7. Memberikan Pengalaman Pembeli

Sebuah nilai pada merek sekaligus bisa menciptakan pengalaman pada pembeli. Jarang diperhatikan, tetapi pengalaman yang dirasakan oleh pembeli atau konsumen sangat penting, loh! Meski barang serupa menjual produk dengan material, bahan, hingga kenyamanan yang sama, merek yang memiliki value tinggi akan lebih dipilih oleh banyak orang.

Cara Meningkatkan Brand Value

Sementara itu, jika kamu ingin meningkatkan nama sebuah brand atau membangun branding, ada cara-cara tertentu yang menghasilkan hasil optimal. Simak tips berikut!

1. Kolaborasi

Kamu bisa memulainya dengan kolaborasi. Melakukan kolaborasi dengan merek lain adalah metode efektif untuk meningkatkan nilai merek kamu, lho. Eits, tapi ingat, kamu juga harus memilih partner kolaborasi yang tepat. Pilihlah brand yang memiliki kredibilitas yang tinggi atau paling tidak setara dengan brandmu.

Selain itu, kamu bisa melihat faktor-faktor dari nilai serta tujuan yang sama untuk hasil yang lebih efektif. Kolaborasi dapat kamu lakukan tidak dengan brand saja, namun bisa dengan influencer juga. 

konten kolaborasi

2. Ikuti Trend

Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk brand. Kamu bisa mengikuti trend yang ada di media sosial untuk terus hadir di publik. Hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness kamu juga. Trend ini bisa kamu lakukan inovasi-inovasi untuk brand kamu, seperti melakukan giveaway, QnA,  ataupun memanfaatkan kolom komentar media sosial.

Itulah beberapa cara meningkatkan brand value sekaligus pengertian. Selain untuk bisnis, brand value juga berguna lho untuk influencer. Kenapa tidak? Melalui penjelasan di atas, mulai dari manfaat dan cara-caranya dapat menilai kredibilitas, rate card, dan engagement seorang influencer. Jadi bagi kamu yang ingin menjadi influencer, perhatikan juga ya value kamu!

Nah, buat kamu yang senang sekali membuat konten. Pas banget nih, kamu bisa kolaborasi langsung dengan influencer dan konten kreator,lho! Caranya gampang banget, tinggal download aplikasi Socialights di Handphone kamu aja kok.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!