Apa itu Brand Value? Berikut Penjelasan, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya!

Dalam membangun sebuah bisnis banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Mulai dari strategi marketing, produksi, dan masih banyak lagi agar bisnis dapat berjalan sesuai keinginan dan rencana. Selain itu, pelaku bisnis juga harus melakukan branding supaya publik merasakan kehadiran brand tersebut. 

Sebuah brand memiliki nilai dari perspektif publik yaitu, brand value dan brand equity. Namun kali ini, kami akan menjelaskan untuk kamu apa itu brand value. Singkatnya, brand value adalah nilai harga dari suatu brand di masyarakat. Misalnya, smartphone merek A dan merek B memiliki spesifikasi yang sama. Namun, publik lebih memilih merek A yang harganya jauh lebih mahal dari merek B. itulah yang disebut brand value

Brand yang ingin memiliki brand value yang tinggi seperti contoh di atas biasanya memiliki strategi marketing yang matang dan suntikan dana yang cukup besar serta umur dari brand tersebut yang sudah lama sehingga nama brand tersebut sudah menempel di masyarakat. Akan tetapi kamu belum tahu kan secara detail tentang brand value itu? Yuk, kita bahas!

Apa itu Brand Value

Brand value adalah nilai sebuah brand di konsumen, dimana konsumen rela membayar dengan harga yang tinggi demi mendapatkan produk dari brand tersebut dibandingkan merek lain yang memiliki produk yang sama. Selain itu brand value juga seberapa sering konsumen menaruh keinginan, harapan, mengingat dari brand tersebut. 

Selain itu, brand value juga tidak dapat diukur dari kepuasan konsumen itu sendiri. Karena brand value dapat dinilai dari pemasaran dan analisis keuangan yang diperoleh brand tersebut. Hal ini berbeda dengan aspek lainnya yaitu brand equity, dimana aspek ini mengedepankan kepuasan konsumen dalam sebuah brand. 

Jika sebuah brand memiliki brand value yang tinggi di masyarakat, ada beberapa manfaat yang diperoleh oleh brand tersebut, lho! Apa saja ya? Nah, ini dia manfaatnya brand value dalam brand!

Manfaat Brand Value

Loyalitas Konsumen

Brand value yang tinggi, dapat mendapatkan keloyalitasan konsumen yang tinggi juga. Dimana brand value dapat meningkatkan ingatan, kemauan, dan harapan dari konsumen. Namun, brand itu sendiri juga biasanya memberikan reward atau penawaran khusus ke konsumen agar relasi brand terhadap konsumen itu sendiri terjaga dengan baik. 

Mengetahui target pasar

Jika mengetahui brand value kamu, secara otomatis kamu juga dapat mengetahui siapa target yang akan kamu tuju. Misalnya sebuah merek mobil sport yang mewah, mereka otomatis mengetahui bahwa target mereka adalah orang-orang kalangan atas yang dapat membeli produknya. Jika kamu sudah mengetahui brand value kamu, kamu dapat meningkatkan karakteristik dari brand kamu agar menambah nilai dari brand tersebut. 

Meningkatkan harga jual 

Dengan brand value kamu dapat meningkatkan harga jual dari produk brand kamu. Misalnya awal produk yang kamu juga kisaran 50 ribu hingga 100 ribu, dengan meningkatnya brand value kamu dan brand kamu semakin dipercaya dan dikenal oleh publik, harga jual naik menjadi 200 ribu hingga 250 ribu. Kenaikan ini adalah hasil dari brand value yang kamu miliki dalam meningkatkan kepercayaan publik.

Peluang pelanggan baru terbuka lebar

Brand value yang tinggi berarti memiliki tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi juga. Dimana ini juga dapat menghadirkan calon konsumen yang menaruh kepercayaan terhadap brand kamu untuk memberanikan diri membeli produk kamu. Biasanya yang saat ini paling sering terjadi adalah review produk melalui media sosial, atau omongan dari teman terdekat yang telah menggunakan jasa atau produk brand kamu.

Kami telah memberikan apa yang disebut brand value itu serta manfaat-manfaatnya. Tapi, jika kamu ingin membangun sebuah brand atau branding, apakah kamu tau, apa saja sih cara-caranya untuk meningkatkan brand value? Pas banget nih, yuk simak terus!

Cara meningkatkan brand value

Kolaborasi

Melakukan kolaborasi dengan brand lain juga akan meningkatkan brand value kamu, lho. Etis, tapi ingat, kamu juga harus memilih partner kolaborasi kamu juga. Pilihlah brand yang memiliki kredibilitas yang tinggi atau setara dengan brand kamu. Ataupun nilai-nilai serta tujuan yang sama akan lebih efektif dibandingkan bekerjasama dengan brand yang jauh dibawah kamu. Tapi kolaborasi juga dapat dilakukan dengan brand saja, kamu juga dapat bekerjasama dengan influencer juga. 

Ikuti Trend

Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk brand. Kamu bisa mengikuti trend yang ada di media sosial untuk terus hadir di publik. Hal ini juga dapat meningkatkan brand awareness kamu juga. Trend ini bisa kamu lakukan inovasi-inovasi untuk brand kamu, seperti melakukan giveaway, QnA,  ataupun memanfaatkan kolom komentar media sosial.

Itulah beberapa cara meningkatkan brand value sekaligus pengertian brand value itu sendiri. Selain untuk bisnis, brand value juga berguna lho untuk influencer. Kenapa tidak? Dari penjelasan di atas mulai dari manfaat dan cara-caranya, brand value juga dapat menilai kredibilitas, rate card, dan engagement seorang influencer. Jadi bagi kamu yang ingin menjadi influencer, perhatikan juga yah brand value kamu!

Nah, buat kamu yang senang sekali membuat konten. Pas banget nih, kamu bisa kolaborasi langsung dengan influencer dan konten kreator,lho! Caranya gampang banget, tinggal download aplikasi Socialights di Handphone kamu aja kok.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!