Hal-Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Brand Ambassador

Socialty pasti pernah dengar istilah Brand Ambassador, bukan?

Mulai dari brand kecantikan, fashion, atau bahkan merek-merek teknologi pun juga turut memiliki brand ambassador (BA) sebagai representasi mereka.

Tetapi, fungsi si “duta merek” ini bukan cuma sebagai representasi atau perwakilan dari sebuah merek saja.

Keberadaan BA ini ternyata punya sumbangsih yang besar banget untuk brand atau perusahaan, lho! Kira-kira apa saja, ya?

Nah, pada artikel kali ini, kita akan kupas tuntas hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang brand ambassador. Stay tuned!

Apa Itu Brand Ambassador?

tangan yang sedang mengangkat snack

Dari apa yang disebutkan di laman EveryoneSocial, brand ambassador adalah orang-orang yang dipekerjakan sebagai representasi sebuah brand–atau perusahaan untuk meningkatkan kesadaran bermerek (brand awareness), dan untuk mendorong terjadinya penjualan produk kepada audiens baru.

Orang-orang ini biasanya berasal dari kalangan selebriti atau tokoh publik dengan audiens besar.

Kalau dalam bisnis B2B, brand ambassador yang dipekerjakan berasal dari kalangan karyawan perusahaan mereka sendiri.

Misalnya, karyawan dari divisi Marketing, Sales, Human Resources (HR), atau divisi Product Engineer.

Lalu, apakah brand ambassador mendapat bayaran dari pekerjaannya ini? Tentu saja.

Namun, besaran gaji yang mereka dapatkan tergantung kontrak kesepakatan; ada yang hitungannya per jam, ada yang per hari, per minggu, bahkan tahunan.

Kalau berdasarkan data yang disajikan oleh Indeed, rata-rata gaji pokok seorang BA di Indonesia per bulannya berkisar antara Rp 3.600.000 hingga Rp 5.000.000. Wah, fantastis, ya!

Apa Bedanya Brand Ambassador dengan Influencer?

Sekilas, BA dan influencer kelihatannya punya definisi yang mirip, ya?

Eits, tapi jangan salah. Justru, di antara keduanya ada beberapa perbedaan yang mesti kamu perhatikan.

Kalau kita telisik lagi, influencer adalah orang-orang yang sudah punya pengaruh di bidang tertentu, dan mereka biasanya sudah punya audiens tersendiri.

Para influencer ini juga bukan hanya berasal dari publik figur atau seleb ternama saja; tetapi juga orang-orang “biasa” yang memiliki pengaruh karena keahlian atau kemampuan mereka.

beberapa perempuan yang sedang tertawa

Misalnya, seleb TikTok yang populer karena konten-kontennya yang menarik tentang dunia kerja; atau vlogger yang terkenal karena keahliannya seputar makeup.

Kalau kamu masih pengin tahu lebih lanjut tentang influencer, kamu bisa baca artikelnya di sini.

Intinya, dilansir dari laman Majestic Monitor, influencer bisa mempromosikan produk dengan cara unik ala mereka sendiri dalam jangka waktu yang singkat; misal untuk satu, dua, atau tiga kali posting.

Kalau BA, ibarat “wajah” dari sebuah brand, mereka akan menjadi representasi dari brand tersebut, dan biasanya gak akan bekerja sama dengan brand kompetitor dalam jangka waktu yang lebih lama sesuai kontrak.

Deretan Hal yang Dilakukan Brand Ambassador

seseorang yang memegang kamera dslr

Lalu, apa saja, sih, kegiatan yang dilakukan BA itu sendiri selama terikat kontrak? Berikut beberapa di antaranya:

  • Menjaga “imagebrand atau perusahaan dengan selalu menampilkan citra yang positif
  • Memiliki pengetahuan menyeluruh tentang brand yang diwakilkannya
  • Membantu merencanakan, mengembangkan, sampai mengimplementasikan ide kampanye marketing atau endorsement bersama tim sales & marketing
  • Membantu memeriksa dan menganalisa fitur-fitur produk
  • Mempromosikan produk-produk lama atau produk baru
  • Menjaga hubungan baik dengan semua tim terkait di perusahaan, dengan klien, dan dengan kustomer
  • Mewakili brand atau perusahaan di berbagai event penting; seperti konferensi, seminar, atau liputan media
  • Ikut menganalisa hasil dari kampanye dan strategi marketing.

Alasan Mengapa Bisnis Butuh Sosok Brand Ambassador

perempuan yang sedang tertawa

Seperti yang dikutip dari Sideqik, poin-poin di bawah ini akan menunjukkan alasan kenapa sebuah bisnis membutuhkan jasa BA untuk kesuksesan marketing-nya. Apa saja?

1. Melindungi Reputasi Perusahaan

Selama menjadi perwakilan perusahaan, sudah semestinya BA bertanggung jawab penuh terhadap reputasi perusahaan tersebut.

BA wajib menampilkan image terbaik di mata publik. Kalau malah sebaliknya, perusahaan pun ikut kena imbasnya dan malah rugi besar.

Apalagi, komitmen BA lebih panjang dan lebih lama dibanding influencer, sehingga mereka harus selalu memberikan kesan yang baik selama terikat dengan perusahaan, atau bahkan seterusnya.

2. Audiens dari Brand Ambassador yang Berpotensi Besar

audiens brand ambassador

Bisa dibilang, BA adalah senjata “word of mouth” dalam beriklan.

Socialty pasti paham, deh, gimana efektifnya mempromosikan produk dari mulut ke mulut.

Pokoknya, gak kalah efektif dari berpromosi lewat platform digital.

Nah, BA-lah salah satu pihak yang bisa melakukan promosi word of mouth ini.

Melalui relasinya–baik networking online maupun di dunia nyata, BA bisa membangun kepercayaan audiens-nya terhadap produk yang dipromosikan.

Kita juga pasti lebih percaya dengan review produk yang direkomendasikan langsung oleh teman kita, bukan?

Seperti itulah kira-kira fungsi BA: membangun trust dan memberikan insight terkait brand-nya sehingga kesadaran merek dan penjualan pun bisa meningkat.

3. Brand Ambassador Bisa Meningkatkan Trafik Pengunjung Website

Ini keuntungan banget nih, kalau brand ambassador-nya sendiri juga punya blog atau website.

BA bisa berkontribusi dengan membuat konten-konten berbau marketing di blog-nya.

Selain itu, BA bisa melakukan backlink, atau menautkan link URL menuju situs perusahaan di blog website-nya.

Di mana nantinya audiens blog dari BA tersebut bisa langsung mengunjungi situs website perusahaan.

Hasilnya? Traffic pengunjung ke situs perusahaan bisa bertambah ramai, deh!

Ingin Menjadi Brand Ambassador? Begini Caranya!

Terus, kalau mau jadi BA, apa saja yang perlu kamu miliki? Atau, gimana caranya?

Punya Personality yang Unik

pria dengan personality yang unik

“Unik” di sini artinya kamu mesti punya ciri khas tersendiri.

Apa yang kamu tampilkan di mata publik, harus berkaitan dengan brand yang kamu representasikan.

Misalnya, kamu BA dari sebuah brand makanan sehat.

Melalui media sosial, blog, atau platform lainnya, kamu bisa menampilkan gaya hidup kamu yang serba “healthy” dengan rajin berolah raga, mengenalkan berbagai jenis makanan bergizi lengkap, dan menggunakan produk-produk makanan sehat dari brand yang kamu wakilkan.

Social Media Savvy is a Must!

Selain word of mouth, kamu perlu banget berpromosi via media sosial.

Oleh karena itulah, seorang BA harus memahami gimana caranya menggunakan media sosial dengan amat baik–termasuk membuat konten di dalamnya.

Cari Brand yang Mau Kamu Representasikan

brand bisnis menggunakan brand ambassador

Kalau kamu menjadi seorang BA, kamu bisa mulai mencari-cari brand yang niche-nya sesuai dengan kamu.

Apabila kamu seorang atlet, itu artinya kamu cocok banget mewakili sebuah brand produk olahraga.

Menurut SendPulse, ada baiknya kamu pelajari terlebih dulu brand incaran kamu mengenai their values, prinsip-prinsip dasar, serta orang-orang seperti apa yang mereka butuhkan.

Siap “Ikut” Ke mana pun Perusahaan Pergi

Layaknya “ikatan dinas”, kamu harus siap mengikuti berbagai acara yang dibuat atau dihadiri perusahaan nantinya.

Entah itu hanya menghadiri–atau bahkan memimpin jalannya event, posisi BA akan memberikan kamu lebih banyak kesempatan bepergian bersama pihak perusahaan.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa hal tentang brand ambassador, bukan?

Kamu bisa temukan insightinsight menarik lainnya seputar dunia brand ambassador, influencer, hingga konten kreator dengan download platform Socialights, lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!