Mengenal Apa Itu Blogger: Jenis Blog, Pekerjaan Blogger, Keuntungan

Sederhananya, Blogger adalah orang-orang yang menulis, membagikan tulisan, serta mengelola sendiri blog website mereka.

Gak hanya menjadi sebuah hobi, Blogger pun tampak menjadi sebuah profesi yang gak kalah menjanjikan dari profesi lainnya.

Untuk menjadi seorang Blogger, gak perlu keahlian khusus, kok! Hanya saja, kamu harus memiliki kemampuan menulis yang baik dan tertata rapi.

Setelah punya berbagai tulisan dan tulisan tersebut dibaca orang banyak, apa lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau menjadi seorang Blogger? Yuk, simak selengkapnya setelah ini!

Jenis-jenis Blog

jenis-blogger

Sebelum membicarakan keuntungannya, ada baiknya kamu kenali lebih dulu dengan berbagai platform yang umum digunakan para Blogger.

Dilansir dari Blog Tyrant, Blog adalah platform yang Blogger gunakan untuk mempublikasi tulisan mereka. Tulisan ini biasanya berbentuk artikel. Panjang artikelnya pun berbeda-beda sesuai kebutuhan dengan rentang 300 hingga 3.000 kata.

Selain itu, topik atau niche penulisannya beragam pula. Ada Blogger yang khusus menulis artikel di bidang finance, ada Blogger yang ahli di bidang kuliner, ada pula yang passionate menulis tentang dunia perfilman, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis blog ada apa saja? Berikut contohnya:

1. Blog Pribadi

Tipe blog satu ini biasanya digunakan untuk menyalurkan hobi saja. Isi blog-nya pun bisa berupa cerpen, opini pribadi, puisi, foto, video, atau hanya sebagai diary online. Blog ini murni untuk penggunaan pribadi pemiliknya semata.

2. Blog Portofolio

portofolio-blogger

Berbeda dengan blog pribadi, blog portofolio berisi kumpulan hasil karya dari si owner blog itu sendiri.

Hasil karyanya gak hanya tulisan; beberapa blog juga bermanfaat sebagai portofolio online hasil karya dalam bentuk visual. Misalnya portofolio fotografer atau desain grafis.

3. Blog Bisnis

Untuk kegiatan bisnis, hampir semua perusahaan memiliki blog di website-nya sendiri. Blog ini digunakan untuk publikasi artikel terkait branding, content marketing, atau artikel-artikel dengan topik terkait industri mereka.

4. Professional Blog

Tipe blog yang satu ini, berisi sekumpulan artikel-artikel dengan topik khusus. Pemiliknya adalah para Blogger profesional yang memang sudah expert di bidangnya.

Misal, blog tentang pertanian, pariwisata, sejarah, atau tentang kesehatan mental.

Hal-hal yang Blogger Biasanya Lakukan

apa-itu-blogger

Lalu, apa saja, sih, yang biasanya Blogger lakukan?

Seperti yang dikutip dari Hit Publish, ini dia beberapa hal yang biasa dilakukan oleh Blogger:

Menulis Konten

Menulis konten adalah hal yang pasti dan wajib dilakukan Blogger.

Mulai dari brainstorming ide kreasi konten, research sumber referensi tulisan, menulis artikel, optimasi konten, hingga mempublikasikannya ke platform atau media online.

Promosi Produk

Selain menulis artikel dengan topik tertentu, Blogger juga bisa melakukan pembuatan konten bersponsor.

Biasanya Blogger profesional-lah yang melakukannya. Produksi konten promosi tersebut gak lain adalah hasil kolaborasinya dengan brand-brand yang niche-nya relevan.

Promosi Blog

Selain promosi produk, Blogger tentunya perlu mempromosikan konten dan blog-nya sendiri supaya bisa mendatangkan traffic yang tinggi.

Mereka dapat mempromosikan blog-nya melalui media sosial. Instagram, misalnya. Kalau kamu jadi seorang penulis blog, kamu bisa meletakkan tautan (link) menuju halaman blog kamu di bio Instagram.

Membuat E-Mail Marketing

email-marketing

Kalau sudah punya subscribers atau pelanggan setia, penulis blog biasanya membuat e-mail marketing berupa newsletter untuk dikirim ke subscribers blog mereka.

E-mail marketing ini dikirim secara reguler supaya audiens mereka tetap stay dan engage. Isinya bisa bermacam-macam; bisa e-book gratis, undangan webinar, hingga potongan harga bagi pelanggan yang mau ikut kelas menulis intensif.

5 Keuntungan Jadi Seorang Blogger

kelebihan-blogger

Kalau begitu, apa untungnya jadi seorang Blogger? Berikut 5 di antaranya yang harus kamu tahu:

Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Menulis

Berkat seringnya memproduksi konten tulisan, salah satu manfaat jadi seorang penulis blog adalah meningkatnya skill menulis.

Secara intuitif, kamu bisa paham caranya menulis sesuai tata bahasa yang benar, atau bahkan menemukan sendiri writing style yang khas.

Selain itu, tanpa kamu sadari, kreativitas juga makin terasah karena kamu mesti belajar hal-hal baru terkait E-mail Marketing, Social Media Marketing, algoritma mesin pencari, atau belajar gimana menerapkan teknik optimasi search engine (SEO) agar kontenmu bisa menduduki halaman pertama.

Get Paid

menjadi-blogger

Ingin menulis dan dibayar? Jadilah Blogger. Kamu bisa banget mendapat penghasilan sebagai penulis blog dengan memanfaatkan AdSense dan konten yang berafiliasi.

Beberapa platform seperti Blogspot dan WordPress menyediakan AdSense yang bisa kamu daftarkan langsung ke Google.

Terus, kalau konten yang berafiliasi seperti apa? Contohnya menulis review produk. Ini bisa kamu sebut juga dengan artikel bersponsor.

O, ya, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dengan menulis review produk di platform Socialights, lho!

Mendapat Kepercayaan Audiens

Menulis high quality konten dengan topik yang kamu kuasai bisa mendatangkan banyak audiens, lho.

Bukan gak mungkin pula kamu bisa mendapat klaim “ahli” di bidang atau topik tersebut. Hal ini bisa membangun trust dari audiens yang kamu targetkan.

Lebih Fleksibel

fleksibel-blogger

Being a full-timer Blogger bukan sesuatu yang mustahil di era digital seperti sekarang ini.
Keuntungannya? Tentu saja fleksibilitas waktu!

Kamu bisa bebas menentukan jadwal produksi konten serta publikasinya karena gak terikat oleh siapa pun.

Bisnis Makin Berkembang

Buat kamu yang juga memiliki bisnis, blog kamu dapat dimanfaatkan untuk menjual produk-produk kamu sendiri.
Apalagi kalau kamu sudah punya audiens yang loyal.

Kepercayaan mereka terhadap kamu juga akan berdampak pada semakin berkembangnya bisnis yang kamu jalankan.

Itulah sederet keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau ingin serius menjadi Blogger.

Yang paling penting, pastikan kamu selalu rajin memproduksi tulisan-tulisan baru yang orisinil, unik, dan “paling kamu banget”, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!