7 Ide Bisnis Online untuk Pemula, Mudah dan Minim Modal!

Banyak orang ingin memiliki bisnis mereka sendiri. Sayangnya, hanya sedikit orang yang mau mencoba untuk membangun mimpi tersebut. Hal ini karena masih banyak yang belum tahu bahwa ada banyak ide bisnis online yang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan modal yang minim.

Untuk kamu yang tertarik membuka bisnismu sendiri, simak 7 rekomendasi ide bisnis yang telah Socialights rangkum berikut ini!

7 Ide Bisnis Online untuk Pemula

Banyak pilihan jenis bisnis online yang dapat kamu coba. Memilih jenis bisnis yang cocok supaya lebih mudah sebaiknya disesuaikan dengan minat atau kemampuan, ya. Mari simak beberapa rekomendasi bisnis online untuk pemula yang mudah dilakukan oleh siapa saja!

1. Menjual Produk Orang Lain

Socialty tak perlu khawatir dengan modal karena ada pilihan bisnis online yang praktis dan dapat dilakukan dengan modal minimalis bahkan tanpa modal. Cara praktis dan mudah untuk menjual produk orang lain yaitu menggunakan Socialights. Pilihan bisnis online yang layak dicoba yaitu bergabung dengan affiliate marketing, menjadi reseller atau dropshipper.

  • Affiliate Marketer

Menjadi affiliate marketer berarti Socialty membantu memasarkan produk memalui media online. Jika ada pelanggan yang membeli produk melalui link afiliasi milikmu maka Socialty akan mendapatkan komisi.

  • Reseller

Reseller adalah membeli produk dari produsen atau penjual tangan pertama untuk dijual kembali ke konsumen. Socialty akan mendapat harga jual lebih rendah jika menjadi reseller sehingga bisa menyesuaikan harga jual yang cocok ke konsumen.

  • Dropshipper

Hampir mirip dengan reseller, bedanya dropshipper tidak perlu stok barang hanya perlu memasarkan produk. Proses pengemasan dan pengiriman akan dilakukan oleh produsen atau supplier menggunakan nama toko online dropshipper tersebut.

2. Menjual Produk Lokal

Saat ini produk lokal semakin digemari sehingga cocok sebagai ide bisnis online untuk pemula. Kamu bisa mengembangkan produk sesuai keahlian atau kreativitas masing-masing, ya. Misalnya menjual produk handmade yang unik dan sebagainya.

3. Membuat Usaha Makanan

Makanan termasuk salah satu kategori produk paling laris manis di media online, maka ini adalah peluang bisnis online untuk pemula yang cukup menjanjikan. Untuk kamu yang rajin dan pandai memasak atau mengolah bahan makanan sangat cocok dengan ide bisnis ini. Socialty bisa menjual aneka kreasi kuliner, mulai dari makanan jadi, kue, makanan kering dan sebagainya.

4. Membuka Les Online

Selain menjual ulang barang, berbagi ilmu juga bisa menjadi ide bisnis yang menghasilkan, lho. Sudah banyak institusi atau individu yang memberikan tutor atau les online dan mendapatkan keuntungan dari sana. Materi yang diberikan pun tidak terbatas, namun akan lebih baik jika menentukan materi dari hal-hal yang kamu kuasai, ya.

Kamu bisa membuka kelas online untuk mata pelajaran yang ada di sekolahan, dengan target pasar murid-murid sekolah yang ingin menambah jam belajar mereka. Kamu juga bisa membuka kelas bahasa asing jika memumpuni.

5. Menjadi Penulis Lepas

Jasa penulis artikel sedang banyak dicari saat ini. Kebutuhan akan konten artikel kini menjamur setelah pebisnis mulai meluaskan promosi mereka melalui website dan blog. Selain itu, banyak pula penulis yang dikontrak menjadi ghost writer untuk menyusun sebuah buku atau otobiografi seseorang.

Para penulis lepas selain bisa bekerja di mana saja, mereka dapat menyelesaikan tulisan dari rumah, kafe yang nyaman, atau destinasi liburan yang menenangkan.

6. Menjual Jasa Desain Grafis

Sama halnya dengan penulis lepas, jasa desain grafis juga sangat banyak dicari di era yang serba digital ini. Banyak perusahaan yang mencari jaga desain untuk konten di media sosial, flyer, atau banner untuk keperluan pemasaran.

7. Admin Media Sosial

Para admin media sosial sangat dicari belakangan ini. Kamu bisa mulai membuka usaha jasa pengelolaan media sosial dengan harga yang bersaing. Buatlah sebuah konten yang menarik untuk meningkatkan followers dan engagement yang tinggi. Selain itu, balas membalas chat juga menjadi tanggung jawabmu.

Satu hal yang perlu memperhatikan, kamu harus memperhatikan karakteristik dari pemilik akun yang kamu pegang. Dengan begitu, pesan yang dibawa juga bisa tersampaikan dengan lebih mudah.

Banyak pilihan bisnis online yang dapat dijalankan bahkan tanpa modal sama sekali. Yuk, mulai bisnis onlinemu lebih praktis dan tanpa modal dengan membuka toko online di Socialights!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!