Mengenal Beauty Influencer: Definisi, Tips Memilih, Rekomendasi

Menjadi seorang social media influencer atau Selebgram bukanlah hal yang mudah. Kita perlu menentukan terlebih dahulu niche dan personal branding yang bisa kita tampilkan di media sosial agar penyajian konten, penyampaian, serta tampilan secara umum yang sesuai dengan target audiens yang berusaha kita sasar.

Dan di era ini, salah satu kategori niche yang sedang populer adalah adalah koten-konten beauty. Ingin memulai karir sebagai seorang beauty enthusiast? Simak artike ini untuk informasi selengkapnya.

Apa Itu Beauty Influencer?

beauty influencer adalah

Sesuai dengan namanya, beauty influencer adalah term yang digunakan untuk seseorang yang memiliki popularitas di media sosial pada bidang kecantikan. Secara khusus, seorang beauty influencer membahas konten mengenai hal-hal terkait kecantikan, baik itu perihal rekomendasi produk, tutorial makeup dan skincare, atau sekedar berbagi informasi menarik di bidang kecantikan. 

Perlu diketahui juga, para beauty influencer biasanya aktif membahas hal-hal lain di luar kecantikan yang masih in line dengan kecantikan and feminine things, seperti fashion dan makanan sehat.

Bukan sembarangan, untuk menjadi seorang beauty influencer kamu wajib memiliki beberapa keterampilan, seperti cakap dalam mengkomunikasikan produk kecantikan, mampu menghasilkan konten menarik seputar kecantikan yang up-to-date, dan tentunya memiliki pengetahuan lebih terkait produk-produk kecantikan, baik itu dari segi ingredients produk, hingga tampilan dari packaging produk yang akan diulas.

Beberapa konten mainstream yang biasa mereka unggah antara lain: konten merias diri, tata cara menggunakan makeup dan skincare, unboxing atau haul produk kecantikan, get ready with me (GWRM), dan review produk kecantikan. 

Tips Memilih Beauty Influencer

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pastikan followers-nya adalah organik dan sesuai dengan target audiens Anda.
  2. Pilih beauty influencer dengan engagement rate yang tinggi.
  3. Pastikan beauty influencer yang akan Anda ajak kerja sama tidak sedang menjalani kontrak eksklusif dengan brand lain.

Contoh Kerja Sama Beauty Influencer

Beauty influencer adalah influencer yang cukup fleksibel dan bisa diajak untuk bekerja sama dalam campaign yang beragam. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Mempromosikan kafe atau restoran hits terbaru. 
  2. Mempromosikan gadget terkini yang bisa mendukung proses pembuatan konten seorang beautyinfluencer.
  3. Mempromosikan produk skincare lokal yang cocok dengan tipe kulit perempuan Indonesia.
  4. Mempromosikan produk fashion beserta mix and match dengan makeup yang sesuai.
  5. Mengulas secara jujur produk makeup lokal yang berkualitas.

Rekomendasi Beauty Influencer Sukses di Indonesia

Kamu yang memiliki bisnis atau brand kecantikan wajib banget tahu informasi terkait pada seorang beauty enthusiast di Indonesia, sehingga apabila kamu tertarik menjalin kerja sama dengan social media influencer untuk promosi produk, hasilnya akan tepat dan maksimal. Nah, siapa saja mereka? Temukan jawabannya di bawah!

1. Jharna Bhagwani

Di usianya yang masih belia, Jharna berhasil menjadi salah satu kreator beauty sukses yang go international, lho! Yup, unggahan video transisi makeup-nya yang super keren berhasil mencuri perhatian audiens dari luar negeri, bahkan sempat dilirik beberapa kali oleh para beauty influencer internasional. Keren sekali, ya!

2. Suhay Salim

Suhay Salim berhasil mencuri perhatian para warganet dengan pembawaannya yang santai dan luwes. Cara penyampaiannya yang simpel, tidak bertele-tele, dan jujur saat mengulas produk membuat para audiens dengan mudah percaya dengan apa yang disampaikan oleh Suhay. 

3. Rachel Goddard

Kalau bosan dengan video atau konten kecantikan yang terlalu serius, kamu wajib banget mampir ke lapak seorang beauty enthusiast yang bergenre komedi, Rachel Goddard. Melalui YouTube-nya Rachel sering mengunggah konten menarik yang menghibur para audiens. Cara penyampaiannya yang kocak dan unik membuat kamu jadi tidak mudah bosan dengan berbagai konten yang Rachel buat!

4. Tasya Farasya

Icon dari beauty influencer, Tasya Farasya. Melalui YouTube dan Instagramnya, Tasya aktif membagikan informasi dan tutorial di bidang kecantikan seperti makeup dan skincare. Tak hanya itu, Tasya juga sering berkolaborasi dengan para makeup artist terkenal untuk membagikan rahasia dan tips mengaplikasikan makeup ala profesional. Cocok banget nih untuk kamu yang ingin belajar makeup!

5. Titan Tyra

Tak hanya menjadi seorang beauty enthusiast, Titan juga memiliki brand kosmetik sendiri bernama ‘Secondate’. Jadi wajar saja kalau ulasan kosmetik yang Titan berikan sangat informatif dan jujur. Menariknya lagi, melalui Instagram dan YouTube-nya, Titan juga sering mengulas hal-hal di luar kecantikan seperti fashion, traveling, dan informasi feminin lainnya. Wajib cek deh!

Tertarik mengetahui informasi terkait social media influencer, media sosial, dan hal-hal lain di antaranya? Ayo temukan download langsung aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Klik gambar di bawah ini ya!

Nah, itu dia informasi singkat mengenai beauty influencer dan sejumlah rekomendasi tokoh yang sukses di Indonesia. Gimana, tertarik mencoba?

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!