Berpeluang Bisnis, Coba Download 7 Aplikasi Podcast Ini!

Belakangan ini tampaknya kalangan muda kita mulai menggandrungi siaran podcast. Podcast merupakan konten dengan format audio yang biasanya membahas tema atau topik tertentu, bisa didengarkan secara langsung melalui hp, laptop, pc, tablet, dan bisa unduh melalui aplikasi podcast. Topik yang dibahas dalam podcast pun sangat bervariasi, mulai dari politik, komedi, religi, motivasi, cerita horor, kisah keluarga dan hubungan pertemanan, karir, asmara, slice of life dan masih banyak lagi. Bisa dibilang mirip dengan siaran radio, hanya saja teknologinya lebih modern.

Untuk pengguna Android dan iOS, ada banyak aplikasi penyedia podcast yang bisa kamu gunakan. Ini dia penjelasannya ya!

1.      Anchor

Salah satu aplikasi podcast terbaik yang banyak direkomendasikan orang-orang karena memiliki berbagai fitur menarik. Seperti fitur yang membantu para podcaster mengedit dan mempublikasikan audionya. Jadi tak hanya mendengarkan podcast orang lain, tetapi pengguna juga bisa membuat podcastnya sendiri. Dalam Achor juga sudah tersedia fitur analisis data dan monetisasi yang dapat diandalkan untuk menghasilkan uang.

2.      Pocket Cast

Aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan tema untuk pengguna, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan.  Dalam Pocket Cast juga tersedia light mode atau dark mode, berguna untuk mencegah kerusakan mata meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Aplikasi ini bahkan menyediakan fitur sleep timer.

3.      Spotify

Siapa sih yang tidak kenal Spotify? Aplikasi musik hits dan kekinian yang digunakan setiap hari oleh berbagai kalangan. Di aplikasi ini kamu juga dapat mendengarkan streaming podcast secara langsung atau mendownloadnya untuk didengarkan kapan saja tanpa harus terhubung dengan internet.  

4.      Noice

Noice berasal dari Indonesia, menawarkan berbagai macam konten audio seperti musik hingga tema-tema perbincangan lainnya yang dapat kamu dengarkan secara gratis. Noice turut berkolaborasi dengan para konten kreator tanah air untuk menghadirkan konten dan fitur baru. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur live audio yang memungkinkan interaksi dua arah antara kreator dengan pendengar secara realtime.

5.      Podcast Go

Rekomendasi aplikasi penyedia podcast selanjutnya adalah Podcast Go, memiliki fitur unduh yang memungkinan pengguna untuk mendengarkan podcast secara offline. Di dalamnya ada banyak kategori yang bisa dipilih pendengar, mulai dari pendidikan, games, berita, musik, hingga komedi. Kemudian terdapat juga fitur dasar seperti timer untuk waktu tidur dan fitur mempercepat pemutaran podcast.

6.      Stitcher

Stitcher bisa disebut sebagai pelopor di dunia podcast. Pertama kali berdiri pada tahun 2007 dan kini dapat dinikmati oleh pengguna iOS dan Android secara gratis. Tapi jika ingin mendengarkan podcast tanpa gangguan iklan, kamu dapat meng-upgradenya ke akun premium berbayar per bulan.  Ada beberapa fitur yang cukup membantu dalam Stitcher, seperti pencarian episode, pembaruan berita terbaru terkait politik, bisnis, olahraga, dan sebagainya.

7.      Laughable

Jenuh mendengarkan musik itu-itu saja? Coba lakukan sesuatu yang baru dengan mendengarkan podcast Laughable yang penuh komedi. Host podcast di Laughable berasal dari berbagai kalangan, mulai dari komedian, politikus, musisi, penulis, hingga olahragawan. Jadi kamu tak hanya mendengar konten humor, tapi juga konten edukatif yang bisa menambah wawasan. Saat ini aplikasi podcast Laughable sudah tersedia di perangkat iOS dan Android, sehingga bisa dinikmati siapa saja.

Tertarik Membuat Podcast Sendiri? Cari Tahu Kelebihannya!

Seandainya kamu bertanya-tanya apakah podcast layak untuk dicoba, jawabannya adalah iya. Walaupun belum seterkenal Youtube, tapi media ini telah menunjukkan perkembangan pesat setiap hari, loh. Dengan podcasting sendiri, kamu dapat membawa acara ke tempat yang diinginkan, menjadi sekreatif mungkin dengan membuat konten-konten unik, bahkan berpeluang bisnis. Siapa sih yang gak mau?

Socialty, itu dia beberapa aplikasi podcast terbaik yang bisa kamu gunakan. Beranikan dirimu untuk memulai karir di dunia podcast sekarang dan raup banyak keuntungan dari konten yang dibuat.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!