7 Aplikasi Media Sosial Terpopuler 2022!

Di era internet yang semakin maju, aplikasi media sosial menjadi pilihan utama para pengguna internet. Bahkan jumlah netizen pengguna media sosial terus meningkat dari tahun ke tahun sekaligus membuktikan perkembangannya di Indonesia. 

Tak hanya itu, sebuah penelitian dari We Are Social bahkan mengabarkan bahwa di Indonesia sendiri pengguna media sosial itu berkisar antara usia 16-64 tahun. Lebih lanjut, akses terhadap media sosial setiap harinya mencapai 3 jam 26 menit, angka yang cukup fantastis bukan?

Menurut perkiraan, sekitar 59% dari 272,1 juta penduduk Indonesia adalah pengguna media sosial. Angka tersebut meningkat 8,1% lebih daripada penelitian pada April 2019. 

Lantas, apa saja aplikasi media sosial terpopuler saat ini? Cek daftarnya di bawah ini!

Aplikasi Media Sosial Terpopuler

Mengutip informasi dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika, tercatat ada 63 juta pengguna internet dengan 95% mengakses media sosial. 

1. Youtube

aplikasi media sosial youtube

Kehadiran YouTube tidak hanya sebagai aplikasi media sosial untuk berbagi video, platform merah tersebut sudah banyak orang-orang manfaatkan untuk mencari cuan.

Berbagai video yang terunggah melalui channel youtube, baik musik, video, film, edukasi, dan konten menarik lainnya dapat menghasilkan penghasilan. Sebentara untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengaksesnya di sini.

Aplikasi YouTube sendiri sudah berdiri sejak Februari 2005 oleh Jawed Karim, Steven Chen dan Chad Hurley. Ada berbagai fitur di dalamnya yang membuat Kamu merasak betah menonton berbagai video di youtube. 

2. WhatsApp

aplikasi media sosial whats app

Sepertinya aplikasi chatting ini sangat bermanfaat untuk semua orang, dengan whatsapp Kamu bisa berkomunikasi secara cepat dan real time. Tidak seperti SMS, WhatsApp atau singkatnya WA ini membutuhkan data internet untuk mengaksesnya. 

Selain tulisan, Kamu bisa mengirimkan gambar, video, dokumen, pesan suara atau melakukan video call.

Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2009 ini menjadi aplikasi yang berhasil menggeser keberadaan Blackberry Messenger. Whatsapp pun terus melakukan pembaruan seperti halnya fitur video call grup yang awalnya hanya bisa 4 orang, kini mengizinkan untuk video call grup sebanyak delapan orang. 

3. Instagram

aplikasi media sosial instagram

Aplikasi media sosial terpopuler selanjutnya adalah Instagram, umumnya para pengguna instagram adalah kaum muda. Penggunanya bisa melakukan edit foto dan video yang kemudian mempostingnya ke halaman instagram atau jejaring sosial lainnya. 

Mungkin Kamu juga sudah sering mendengar istilah follow dan follower sebagai sistem pertemanan di instagram. Selain untuk berbagi foto, kini instagram banyak digunakan untuk kegiatan bisnis, desain grafis atau hanya sekedar hobi. 

4. Facebook

aplikasi media sosial facebook

Fitur yang dimiliki oleh instagram juga cuku beragam, seperti instastories, IGTV, reels dan direct message. 

Bisa dibilang diantara media sosial yang sudah disebutkan di atas, facebook menjadi aplikasi yang lebih dulu populer. Kamu bisa berbagi foto, video, lokasi, chat dengan teman, saling komentar dan aktivitas lainnya.

Aplikasi yang diciptakan oleh Marc Zuckerberg ini terus berkembang dan bertahan hingga sekarang. Meskipun akhir-akhir ini Peusahaan facebook mengganti namanya menjadi Meta yang menaungi media sosial seperti whatsapp, instagram dan facebook sendiri. 

5. TikTok

aplikasi media sosial tiktok

Selanjutnya ada aplikasi yang bernama tiktok, pasti kamu juga sudah tahu kan aplikasi yang satu ini? Kehadiran TikTok mampu merajai posisi 1 pada kategori aplikasi hiburan di App Store.

Setiap pengguna berkesempatan untuk membuat dan membagikan video musik kreatif yang disertai tulisan atau gambar menarik lainnya. Meski baru tercipta pada tahun 2016 lalu, media sosial yang satu ini terbilang sangat cepat populer dan tengah naik daun sekarang.

6. LinkedIn

LinkedIn

LinkedIn memiliki karakteristik yang berbeda dengan aplikasi media sosial sebelumnya, karena LinkedIn menjadi wadah untuk para professional berkumpul.

Banyak orang kantoran atau professional yang menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan data tentang dunia kerja. Kamu bisa melihat profil pekerjaan seseorang yang mungkin akan direkrut ke perusahaannya melalui LinkedIn.

Kamu juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mendapatkan peluang pekerjaan baru, atau hanya sekedar memperluas jaringan hubungan profesional.

7. Line

Line

Aplikasi media sosial asal Jepang ini cukup populer di Indonesia. Mirip dengan WhatsApp, aplikasi ini menjadi sarana bagi penggunanya untuk berkomunukasi via text, baik sendiri maupun grup.

Selain text, pengguna Line juga bisa berbagi foto dan video pendek. Tapi yang paling membuat Line popular di kalangan anak muda adalah karena fitur stiker yang lucu dan menarik, yang bisa kamu costum sendiri.

Selain digunakan untuk kebutuhan interaksi dan hiburan, nyatanya aplikasi media sosial sudah berkembang pesat. Penggunaannya pun tidak sebatas itu, kamu bisa menjadi media sosial sebagai tempat cari cuan yang menguntungkan. 

Buat kamu yang ingin kolaborasi dengan sesama konten kreator pemula, kamu bisa download aplikasi Socialights di Android dan iOS ya!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!