Ingin Jadi Youtuber? Kenali dulu Youtube, Sejarah, dan Fitur-Fiturnya!

Di era penggunaan internet dan Smartphone semakin meningkat pesat saat ini, membuat beberapa platform digital hiburan, edukasi, maupun bisnis kian populer di masyarakat Dunia, seperti Youtube contohnya. Sudah memiliki lebih dari 1 Miliar pengguna, Youtube menjadi situs web yang paling populer di Dunia lho. Bahkan pada survei yang dilakukan pada tahun 2021 lalu, sebanyak 82 persen responden masyarakat Indonesia paling sering mengakses Youtube. Namun, apakah Socialty sudah mengenal lebih luas tentang Youtube? Mari kita bahas

Apa itu Youtube?

Youtube adalah situs web membagikan video, dimana pengguna dapat mempublikasikan, serta menonton video secara gratis dan dapat diakses melalui Laptop, Komputer, bahkan Smartphone. Di dalam Youtube juga terdapat berbagai macam konten video, mulai dari film pendek, video edukasi, video motivasi, , hingga video klip musik para musisi terkenal di seluruh Dunia membagikannya di platform ini.

Menjadi platform video online yang paling populer, Youtube diperkirakan menguasai 43 persen pasar digital dan 20 jam video dibagikan setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari. Mayoritas konten yang dibagikan ke platform ini merupakan hasil produksi dari individu atau biasa disebut konten kreator/Youtubers. Karena semakin pesatnya perkembangan pengguna platform ini, menjadikan perusahaan-perusahaan televisi juga membagikan video ke Youtube.

Karena mudahnya diakses oleh siapa saja dan dimana saja, Youtube juga memberikan ketentuan konten yang bersifat sensitif. Dimana pengguna yang berumur di bawah 18 tahun dilarang menonton konten tersebut. Ketentuan ini bertujuan untuk terhindarnya anak-anak dan remaja tanggung dari video yang berbau sensitif.

Sejarah Youtube

Didirikan pada februari 2005, Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley merupakan mantan karyawan PayPal memiliki ide dari pengalaman mereka yang sulit membagikan dan mengabadikan video. 14 Februari 2005, Youtube resmi beroperasi dan Jawed Karim mencetak sejarah dengan mengunggah video pertama di Youtube pada 24 April 2005 dengan judul video ‘Me At The Zoo’.

Video pertama yang di upload ke Youtube oleh sang Founder, Jawed Karim.

Pada Juli 2006, Youtube mengalami perkembangan yang sangat signifikan, dalam sehari situs web video online tersebut memiliki kunjungan hingga 100 juta. Pada akhirnya di bulan Oktober 2006, Google resmi membeli Youtube senilai 1,67 Miliar Dolar. Semenjak Google mengakuisisi, Youtube terus berkembang hingga di tahun 2008, menurut majalah Forbes, Youtube memiliki pendapatan hingga 200 Juta Dollar.

Macam-Macam Fitur Youtube

Seiring perkembangannya zaman dan pengguna yang semakin banyak, Youtube sadar harus memberikan beberapa inovasi-inovasi terbaru demi membuat nyaman para pengguna maupun konten kreator. Pada akhirnya Youtube memberikan fitur-fitur menarik dan memberikan pengalaman yang berbeda saat menonton video. Apa saja fitur-fiturnya? Mari kita bahas guys.

Autoplay

Fitur ini mempermudah pengguna untuk memutar otomatis video rekomendasi berikutnya tanpa klik. Karena Youtube memiliki Algoritma yang cukup pintar, singkatnya jika pengguna sedang mendengarkan musik sampai habis, video tersebut akan ke musik berikutnya dengan penyanyi yang sama. Sama halnya jika kalian sedang melihat video lain. Akan tetapi, pengguna tidak perlu khawatir, karena fitur ini bisa dinonaktifkan sesuai kebutuhan

Speed Video

Selanjutnya ada Speed video, fitur ini dapat membantu pengguna jika sedang menonton video. Pengguna dapat mengatur kecepatan video sesuai dengan kebutuhan jika merasa isi video terlalu lambat atau terlalu cepat. Mulai dari 1.25 hingga 1.75 untuk mempercepat video, dan 0.25 hingga 0.75 untuk memperlambat video.

Download

Youtube sangat ingin membuat penggunanya nyaman setiap saat, maka dari itu mereka memberikan fitur download untuk Smartphone maupun Tablet. Pengguna dapat mendownload video dan ditonton secara offline. Pengguna juga dapat mengatur kualitas video yang ingin didownload. Mulai dari rendah (144p), sedang (480p), hingga tinggi (720p). Namun sayangnya, pengguna hanya bisa mendownload video jika Smartphone atau tablet kalian tersambung koneksi WiFi.

Subtitle

Pengguna dan konten kreator Youtube berasal dari semua Negara, dimana memiliki bahasa yang berbeda-beda. Namun, lagi-lagi Youtube memberikan fitur yang memungkinkan pengguna dan kreator dari mana saja dapat melihat video apa saja tanpa terkendala bahasa. Fitur ini sangat berguna karena penonton dapat mengerti apa isi dari video dengan memilih apa bahasa yang dimengerti melalui fitur Subtitle ini.

Youtube Premium

Fitur ini merupakan fitur berbayar yang dimiliki Youtube. Pengguna dapat menonton video bebas dari iklan, hingga menonton konten eksklusif dari Youtube seperti, Komedi, Drama, Animasi, Dan masih banyak lagi jika pengguna berlangganan fitur ini.

Youtube Stories

Tidak ingin kalah dengan media sosial yang lainnya seperti Instagram, dan TikTok. Youtube memberikan fitur terbaru mereka yaitu Youtube Stories. Konten kreator dapat membagikan video pendek maksimal 1 menit layaknya Instagram Stories. Fitur ini hanya dapat digunakan oleh konten kreator yang memiliki minimal 10.000 Subscribers.

Itu dia pengertian, sejarah, hingga fitur-fitur yang ada di Youtube. Socialty tertarik dengan dunia konten kreator? kamu bisa langsung download aplikasi Socialights di iOS dan Android. Disana kamu bisa langsung kolaborasi dengan konten kreator dan influencer, lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!