Ingin Menjadi YouTuber? Kenali Dulu YouTube AdSense Sebelum Memulainya!

Socialty, kamu pernah kepikiran gak sih kira-kira kenapa ya saat ini banyak sekali orang yang berbondong-bondong ingin menjadi seorang YouTuber? 

Yup, jawabannya tentu karena hasil yang diperoleh dari karya yang diciptakan bisa dibilang sangat memuaskan. Dan seperti yang bisa kalian tebak, maksud memuaskan di sini adalah hasil dari si cuan.

apa itu youtube adsense

Bukan hanya dari endorsement dan kerja sama brand, salah satu sumber utama pemasukan utama seorang YouTuber adalah melalui YouTube AdSense. Semakin banyak jumlah penonton dan subscribers seorang YouTuber, maka akan semakin besar pula hasil YouTube AdSense yang akan diperoleh. 

Little sneak peak, seorang YouTuber dengan jumlah subscribers sebanyak 700.000 bisa memperoleh pemasukan sejumlah 17-20 juta perbulan, lho. (Untuk kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak perihal jumlah penghasilan YouTuber Indonesia lainnya, simak jawabannya di artikel berikut ya!) Menakjubkan bukan? 

Kalau Socialty adalah salah seorang YouTuber atau mungkin calon YouTuber yang ingin serius menekuni karir di platform video online ini, maka kamu wajib banget nih tahu segala hal mengenai YouTube AdSense yang tentunya akan dikupas tuntas dalam artikel berikut ini. Simak!

Apa Itu YouTube AdSense?

youtube on phone

AdSense pada dasarnya adalah sebuah program periklanan yang dikelola secara resmi oleh Google. Oleh karena itu, wajar saja jika kamu mungkin juga pernah mendengar istilah AdSense di Blog maupun di website

YouTube AdSense secara spesifik merupakan program periklanan yang disematkan dalam video para YouTuber. Dengan kata lain, seorang YouTuber yang bersedia menyediakan ruang iklan di channel-nya ke pihak eksternal akan diberikan imbalan tertentu yang disebut dengan AdSense tadi. Untuk setiap 30 detik iklan yang ditonton atau untuk setiap iklan yang diklik oleh penonton, maka hasilnya akan langsung dikonversikan ke AdSense si YouTuber.

Terkait dengan jumlah AdSense, dapat dikatakan sangat fluktuatif dan tidak bisa dengan mudah ditebak. Dalam hal ini, ada berbagai faktor yang melatarbelakangi jumlah AdSense yang akan diperoleh, seperti demografi penonton, konten yang diunggah, durasi video, hingga jumlah penonton. 

Semakin sesuai konten dan kriteria penonton dengan iklan yang ditampilkan, serta semakin besarnya jumlah durasi dan penonton dari video tersebut maka akan semakin besar pula hasil AdSense yang akan diterima si YouTuber. Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang YouTuber menciptakan konten video yang matang dan berkualitas, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal pula.

Syarat Daftar YouTube AdSense

Bukan tanpa syarat, untuk dapat memonetisasi channel YouTube-mu, Socialty perlu memenuhi beberapa syarat tertentu yang ditetapkan oleh YouTube. Berikut adalah persyaratannya:

  1. Memiliki akun dan channel YouTube aktif
  2. Berada di negara/wilayah dimana program Partner YouTube bersedia
  3. Memiliki lebih dari 4.000 jam tonton publik dalam 12 bulan terakhir
  4. Memiliki lebih dari 1.000 subscribers
  5. Mendaftarkan channel YouTube ke akun Google AdSense yang valid

Cara Mendaftarkan Channel YouTube ke Google AdSense

youtube on laptop

Ingat syarat terakhir? Ya, sebelum resmi memperoleh hasil dari YouTube AdSense, kamu wajib mendaftarkan secara resmi channel YouTube-mu ke Google/YouTube AdSense. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti:

  1. Buka situs YouTube melalui perangkat komputer/laptop
  2. Masuk ke akun YouTube yang ingin kamu monetisasi
  3. Klik ikon ‘Profile’
  4. Masuk ke menu pengaturan
  5. Kembali ke ikon ‘Profile’
  6. Klik menu ‘Creator Studio’
  7. Masuk ke menu ‘Saluran-Status dan Fitur’
  8. Pada menu ‘Monetisasi’ pilih ‘Aktifkan’.
  9. Klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Setelah itu, klik pilihan ‘Berikutnya’
  10. Di halaman YouTube Partner Program, ikuti 4 tahapan pengajuan YouTube AdSense
  11. Setelah selesai, klik ‘Kirim Permohonan Saya’ lalu tunggu hingga kurang lebih 1 minggu untuk dapatkan hasil surat permohonan yang akan dikirimkan langsung melalui Email-mu.

Aight, sepertinya itu saja semua hal tentang YouTube AdSense yang wajib kamu ketahui sebelum memulai karir sebagai seorang YouTuber handal. Good luck!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!