Mengenal User Generated Content (UGC), Manfaat, dan Cara-Caranya!

Apakah kamu pernah mendengar kata User Generated Content?  Bagi yang memahami dunia marketing atau perkontenan pasti familiar dengan kata ini. Selain menjadi cara promosi, User Generated Content ataupun UGC sangat bermanfaat buat bisnis kamu juga, lho. Berbeda dengan endorsement atau iklan, cara ini tidak perlu pengeluaran alias gratis untuk meningkatkan exposure dan brand awareness kalian.

Nah, sekarang apa sih penjelasan dari UGC itu sebenarnya? Mari kita bahas.

Apa itu UGC?

User Generated Content adalah konten berupa foto, video, tulisan, hingga animasi yang dibuat pengguna, followers, ataupun konsumen dengan cara sukarela. Biasanya yang paling sering yaitu pengguna membuat konten review atau testimoni dari sebuah produk dan dibagikan ke media sosial mereka dengan mention akun brand tersebut. Konten ini berisi bagaimana pengguna berbagi opini serta pengalaman mereka dengan menggunakan produk tersebut. 

Penggunaan UGC ini dibuat secara alami oleh pengguna setelah mendapatkan pengalaman memakai produk, yang dimana ini merupakan promosi tidak langsung yang didapatkan brand serta dapat meningkatkan kepercayaan followers atau calon konsumen lainnya karena UGC ini. 

Selain itu, UGC juga memiliki beberapa manfaat lainnya, lho untuk brand atau influencer. Ini dia manfaatnya.

Meningkatkan Traffic Organik

Mayoritas pengguna yang melakukan review terhadap produk kamu di media sosial melakukan mention ke akun bisnis kamu. Dari postingan itulah brand kamu akan menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan juga apabila pengguna lain tertarik dengan produk kamu melalui postingan itu, mereka akan mengunjungi akun kamu dari sini lah kamu akan mendapatkan traffic organik.

Brand Awareness

Melalui UGC, brand kamu akan jauh lebih dikenal dan membangun kesadaran merek terhadap brand kamu. Tentunya perlu menempuh waktu yang lama untuk meningkatkan brand awareness ini. Tetapi dengan adanya UGC, seiring berjalannya waktu, ulasan demi ulasan pengguna terhadap brand kamu, akan meningkatkan kepercayaan publik ke brand kamu. 

Terciptanya Kepercayaan Pengguna

UGC adalah konten yang dibuat pengguna atau konsumen yang didasari oleh pengalaman setelah menggunakan suatu produk serta dilakukan secara alami. Dari ulasan-ulasan positif melalui UGC ini, brand kamu akan lebih dipercaya oleh orang banyak. Sehingga akan meningkatkan calon followers atau pembeli karena adanya konten review dan testimoni yang diunggah melalui media sosial.

Hemat Pengeluaran

Tidak harus melalui endorsement atau brand ambassador, dengan adanya UGC kamu tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan atensi dari publik. Hanya melalui konten yang gratis dari pengguna kamu akan jauh lebih menghemat pengeluaran biaya marketing kamu. 

Nah, itulah beberapa manfaat dari User Generated Content untuk brand kamu. Sekarang, apakah Socialty tau gimana caranya agar mendapatkan UGC untuk bisnis kamu? Berikut kami akan menjelaskan cara-caranya, disimak ya!

Cara Mendapatkan UGC 

Influencer Marketing 

Cara ini merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mendapatkan UGC di bisnis kamu. Akan tetapi kamu harus rela merogoh kocek yang relatif dalam untuk mendapatkan hal ini. Mengapa? Karena influencer memiliki rate card yang berbeda-beda tergantung berapa jumlah pengikutnya di media sosial. Mulai dari harga yang terendah yaitu micro influencer hingga yang tertinggi mega influencer

Interaksi dengan Followers 

Jika kamu belum memiliki budget untuk mengeluarkan dana yang begitu banyak, kamu dapat mencoba cara ini. Dengan cara membuka sesi Q&A, membuka polling, this or that, dan postingan yang mengajak followers untuk berkomentar di Instagram. Singkatnya, kamu membuat konten ringan untuk mendapatkan feedback berupa UGC secara alami dari followers kamu.

Mengikuti Trend 

Dengan cara memposting apa yang sedang tren di TikTok, Instagram, maupun Twitter dan mengajak followers untuk mengikuti tren kamu akan dapat UGC dari sini. Kamu bisa membuat kontes foto atau video, review produk, giveaway, serta challenge lainnya dan jangan lupa untuk mention akun kamu dan sertakan hastag agar kamu mendapatkan lebih banyak lagi UGC.

Selain bermanfaat untuk bisnis, UGC juga sangat bermanfaat lho untuk influencer. Buktinya mengenai challenge ataupun tren yang sedang viral beberapa tahun ini seperti ‘challenge video call halu’ yang dibuat oleh aktris, Aurelie Moeremans, pada akhir 2020 lalu. Tren ini viral dan banyak orang yang membuat konten ini dan mention ke akun aktris keturunan Belgia tersebut yang membuat followers Aurelie bertambah dan Engagement Rate juga banyak.  

Demikianlah pengertian, manfaat, dan cara dari User Generated Content untuk kamu Socialty. Yuk, langsung aja gunakan UGC untuk bisnis kamu.

Nah, pas banget nih. untuk kamu yang ingin berkolaborasi langsung dengan para influencer dan konten kreator, gampang banget! Caranya tinggal download aplikasi Socialight di Android atau Iphone kamu sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!