Ini Alasan Kamu Harus Menggunakan Twitter di Tahun 2022!

Sempat sepi dan hampir bangkrut, Twitter kini kembali menjadi salah satu media sosial yang paling banyak pengguna di 2022, setelah Instagram dan TikTok.

Dikenal sebagai aplikasi berjejaring sosial dan mikroblog di mana kamu bisa membuat unggahan berbasis tulisan secara singkat, Twitter kini banyak juga dimanfaatkan oleh para pengguna untuk membangun bisnis dan popularitas, lho!

Simak fakta menarik tentang Twitter serta alasan mengapa kamu harus menggunakanya di tahun 2022 ini!

Mengenal Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna di dunia. Twitter memungkinkan siapa pun, baik orang biasa hingga kepala negara untuk “berkicau” di dalamnya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam Twitter, mulai dari saling berbalas komentar, me-retweet hingga mengetahui berbagai hal yang tengah menjadi trending.

Mengenal Twitter

Menurut kutipan dari Lifewire, Twitter merupakan situs jejaring sosial online yang orang-orang gunakan sebagai media berkomunikasi dalam pesan singkat. Oleh karena itu, Twitter lebih identik dengan nama ‘situs tempat berkicauan’.

Twitter sendiri diluncurkan pada 2006 silam dan kini setidaknya memiliki 100 juta pengguna aktif setiap hari dengan sekitar 500 juta tweet yang dikirim setiap hari. 

Kamu bisa menggunakan Twitter untuk mendapatkan berita, mengikuti selebritas terkenal, serta menjalin komunikasi dengan teman.

Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada 2006. Twitter berangkat dari ide Dorsey membuat platform komunikasi berbasis SMS, di mana orang-orang bisa saling mengawasi dengan memperbarui status. 

Sejarah Twitter

Oleh karena itu, ide Twitter awalnya tak jauh berbeda dengan SMS. Ide tersebut kemudian berkembang setelah adanya brainstorming dengan Evan Williams yang juga merupakan seorang penemu Blogger. 

Selanjutnya pada 21 Maret 2006, Jack mengirimkan tweet pertamanya yang berbunyi, “hanya menyiapkan twitter saya“. 

Karena kehadirannya yang bermula sebagai platform berbasis SMS, batas karakter yang dapat pengguna tulis di Twitter pun cukup terbatas, hanya 140 karakter saja.

Saat Twitter menjadi platform web, Twitter sempat mempertahankan batasan tersebut agar selaras dengan tujuannya membuat konten yang mudah dibaca untuk dunia modern. 

Twitter pun terus berkembang secara eksponensial selama 10 tahun terakhir, bahkan berhasil menciptakan platform yang seolah sangat adiktif bagi penggunanya. 

Melalui aplikasi ini maka pengguna memungkinkan untuk terhubung dan berbagi pemikiran kepada audiens yang jumlahnya besar.

Fitur Unik di Aplikasi Twitter

Sejak awal peluncurannya, Twitter dikenal dengan 3 fitur khasnya, antara lain seperti Tweet, Trending Topic, dan Follow. Tweet atau yang biasa disebut juga dengan kicauan merupakan fitur utama Twitter, dimana para penggunanya bisa menuliskan apapun dengan maksimal 280 kata. Pada Tweet, pengguna juga juga dapat menyematkan gambar, gif, hingga polling yang membantu mereka untuk berinteraksi secara menarik dengan pengguna lainnya. 

Selanjutnya, Trending Topic. Kamu pengguna lama pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini. Dengan fitur Trending Topic ini kamu dapat mengetahui bahasan, topik, atau hashtag apa saja yang sedang rasa diperbincangkan oleh orang-orang, baik itu di satu negara ataupun secara global. 

Terakhir, Follow. Yup, Twitter adalah media sosial pertama yang mendongkrak istilah follow. Menggunakan fitur ini, si pengguna dapat mengikuti dan selalu update dengan aktivitas dari orang yang mereka ikuti. 

Selain itu, Twitter juga memiliki beberapa fitur terbaru yang tak kalah menarik, seperti Spaces, di mana kamu bisa bercengkrama atau sekadar mendengarkan orang lain dari seluruh penjuru dunia berbicara mengenai suatu topik.

Ada juga Threads di mana kamu bisa membagikan cerita bersambung dari satu twit ke twit lainnya ke orang lain, dan fitur Fleets yang memiliki fungsi mirip dengan Instagram Story.

Baik, daripada pikir panjang dan berbasa-basi lagi, kamu harus segera kembali aktif di Twitter, dan ini adalah sejumlah alasan mengapa kamu harus melakukannya!

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Twitter

1. Mudah Untuk Berinteraksi

Memiliki beragam fitur yang mempermudah interaksi seperti reply, retweet, dan likes, membuat Twitter kembali menjadi media sosial yang banyak penggemarnya. Tak harus kenal dan saling follow, pengguna Twitter dapat secara langsung berinteraksi dengan pengguna lainnya menggunakan fitur tersebut. 

2. Memperluas Jaringan Secara Singkat

Dengan bantuan dari fitur-fitur yang mempermudah interaksi tadi, pengguna Twitter dapat memperluas jaringan sosial mereka hanya dalam hitungan detik. Cukup asal ‘nangkring’ di twit seseorang yang muncul di timeline-mu, kamu dapat segera berkomunikasi dan membangun relasi baru dengan orang tersebut. 

3. Memiliki Informasi Paling Up-To-Date

Memiliki waktu real time, Twitter merupakan media sosial paling handal dalam memberikan informasi up-to-date kepada pada penggunanya. Dengan fitur likes dan retweet yang tersedia, pengguna Twitter pun dapat memeroleh informasi secara yang ada cepat dan mudah. 

4. Mini Diary

Bingung harus curhat ke siapa? Kamu bisa banget memanfaatkan Twitter untuk membagikan keluh kesah kehidupanmu. Dengan adanya fitur Tweet, kamu dapat secara cepat mengetikkan apapun yang sedang ada di pikiranmu untuk dibagikan ke orang lain. Apabila beruntung, kamu akan mendapatkan balasan dari pengguna lainnya.  

5. Isi Sesuai Dengan Minat dan Hobimu

Twitter menyajikan dua mode pada timeline-mu, yaitu fitur Tweet Teratas dan Tweet Terkini. Dengan memilih fitur Tweet Teratas, Twitter akan memanfaatkan algoritmanya untuk membantu kamu melihat twit yang sesuai dengan minat dan aktivitasmu sebelumnya. 

Selain itu kamu juga dapat memilih sendiri topik atau bahasan apa yang kamu senangi. Biasanya Twitter akan meminta kamu memilih topik ini di awal saat kamu baru saja sign up di Twitter, atau kamu dapat juga mengikuti suggestion topic yang Twitter berikan pada laman utamamu.

Dengan begitu, kamu akan merasa nyaman scrolling platform tersebut karena semua bahasan yang tersaji sesuai dengan apa yang kamu sukai. Menarik sekali bukan? 

Kalau kamu ingin dapat informasi terkini seputar media sosial, influencer, dan hal-hal lainnya yang berkaitan, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android. Di sana kamu dapat menemukan segudang informasi dan tips lainnya dari para konten kreator dan influencer, lho!

Itu dia alasan mengapa kamu harus kembali aktif menggunakan Twitter di tahun 2022. Ayo mulai cuitanmu sekarang!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!