Sering Terjadi, Kupas Tuntas Apa Itu Shadowban!

Pernah gak sih kamu melihat beberapa akun instagram atau bahkan akun instagram kamu sendiri tiba-tiba mengalami perubahan? Entah itu mengalami penurunan engagement, jumlah follower atau postingan yang tiba-tiba menghilang? Nah, mungkin akun tersebut telah menjadi korban dari shadowban dan tanpa disadari telah terjadi berulang kali.

Sebenarnya apa itu shadowban? Lalu gimana cara cek kalau akun kamu  terkena hal ini? Dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya? Untuk mengungkap semua itu, kamu harus banget baca artikel ini sampai selesai. 

image with ban words in it

Apa Itu Shadowban?

Shadowban adalah sebuah tindakan untuk yang memblokir pengguna pada suatu platform tanpa mereka sadari karena mereka telah melanggar peraturan dari platform tersebut. Jadi, kalau tiba-tiba postingan kamu hilang dan follower berkurang mungkin akun kamu sedang terkena shadowban. 

Istilah ini sudah lama ada di instagram bahkan sejak tahun 2006. Namun, kembali hangat diperbincangkan beberapa tahun belakangan khususnya pada akhir tahun 2020. Tahu gak sih kalau topik ini kembali mencuat akibat twitter yang mulai memfilter berbagai tweet kasar di platformnya? Ya, mereka telah menerapkan ‘temporary time-out’ bagi pengguna yang melanggar. Twitter pun dengan gamblang mengumumkan hal ini kepada pengguna, bahwa mereka melakukan shadowban.

Lalu, apasih dampak shadowban terhadap akun kamu? Nah, ternyata ketika akun kamu terkena hal ini, maka postingan dan bahkan hastag pada konten tersebut  hanya akan bisa dilihat oleh pemilik akun dan follower yang tersisa. Ini tentu berita buruk jika kamu adalah pemilik sebuah produk yang menggunakan akun bisnis. Mengapa? Karena jangkauan pelanggan menjadi sangat terbatas pada orang yang mengikuti akun kamu saja. 

a woman thinking

Apa Penyebab Shadowban?

Setidaknya terdapat 4 alasan mengapa sebuah akun bisa terkena shadowban:

1. Menggunakan software terlarang

Platform sosial media sudah tumbuh begitu pesat, sehingga algoritmanya pun semakin baik dari waktu ke waktu hingga membuatnya lebih jeli pada bot, seperti bot komentar otomatis, like otomatis, dan bot yang dapat meningkatkan jumlah pengikut. Ketika mereka mengetahuinya, maka bukan tidak mungkin akun yang melakukan hal-hal itu akan segera terkena shadowban.

2. Melampaui batas jam

Ternyata sosial media, seperti instagram memiliki batas tindakan/aksi yang diperbolehkan dalam sehari? 

Misalnya, berapa jumlah akun yang boleh di like, jumlah komentar yang boleh dituliskan dan jumlah orang yang di follow dan di unfollow setiap jamnya. Jika sebuah akun melampaui batas tersebut, maka besar kemungkinan mereka akan melakukan shadowban karena dianggap spam.

Biar kamu makin ngerti cara menggunakan Instagram, sebaiknya kamu juga mengetahui cara kerja algoritma Instagram ya.

3. Hastag yang disalahgunakan

Sering gak sih lihat hastag yang padahal bagus, tetapi justru diisi dengan konten-konten yang tidak pantas, seperti pornografi atau rasisme. Nah, ketika hal ini terjadi maka bisa saja instagram mengambil tindakan dengan menghapus hastag tersebut. 

Kalau hashtag tersebut sudah dihapus, jangan sekali-kali menggunakannya ya. Kalau masih nekat, ya tinggal tunggu tanggal mainnya untuk di shadowban.

4. Mengalami pelaporan terus menerus

Biasanya ini terjadi kalau sebuah akun bermasalah dengan komunitas sesama pengguna instagram. Pelaporan massal bisa menyebabkan sebuah akun di nonaktifkan atau di shadowban. Jadi, hati-hati ya!

question mark

Bagaimana cara cek shadowban?

Lalu bagaimana caranya agar tahu kalau akun kamu  terkena shadowban? Mungkin Kamu bisa mengecek beberapa hal berikut:

1. Lihat penurunan engagement

Jika biasanya komentar dan like di sebuah akun berjumlah ribuan, tapi sekarang hanya tinggal ratusan saja. Maka, bisa jadi akun kamu terkena shadowban.

2. Perhatikan follower

Cara selanjutnya yaitu dengan mengecek follower, apakah ada penambahan? Jika tidak ada penambahan dalam waktu yang lama padahal selama ini akun kamu selalu mendapatkan follower baru secara teratur. Maka, kemungkinan akun kamu  terkena shadowban. 

3. Meminta pengguna lain untuk mengeceknya

Caranya yaitu gunakanlah hastag yang tidak populer untuk mengunggah sebuah konten, lalu minta beberapa pengguna mengeceknya. Jika semua mengatakan tidak dapat menemui konten kamu maka kemungkinan besar kamu terkena shadowban.

fix tool

Bagaimana Cara mengatasinya?

  1. Stop menggunakan autobot dan pastikan kamu telah mencabutnya dari instagram atau platform sosial media lainnya.
  2. Jangan pakai lagi hastag yang telah diblokir instagram.
  3. Hapus postingan tua.
  4. Berhentilah sejenak dari instagram dan ikuti batasan penggunaanya.
  5. Hentikan penggunaan ‘growth hastag’.
  6. Laporkan segera ke pihak instagram atau sosial media bersangkutan.
  7. Cobalah beralih ke akun pribadi. 

Ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang dunia Influencer dan Konten Kreator? Kamu bisa download aplikasi Socialights biar bisa kolaborasi dengan sesama konten kreator!

Play Store Download Button
App Store Download Button

Segera download dan rasakan manfaatnya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!