6 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Akun Instagram

Berbicara tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pasti gak akan jauh-jauh dari media sosial.
Sejak kemunculan pertamanya di akhir tahun 1990-an, media sosial telah membantu memudahkan manusia untuk mendapatkan akses informasi, atau sekadar berkomunikasi dengan orang lain dari lintas negara tanpa bertemu secara fisik.

Gak mengherankan kalau pertumbuhan platform jejaring sosial jadi fenomena yang selalu menarik dibicarakan orang-orang dari seluruh dunia.

Dan dari sekian banyak pilihan media sosial tersebut, Instagram adalah salah satu platform yang paling besar jumlah penggunanya. Lalu, sebetulnya Instagram itu apa, sih? Berikut penjelasan singkatnya.

Apa Itu Instagram?

Seperti yang dikutip dari Lifewire, Instagram merupakan jejaring sosial untuk berbagi konten foto dan video yang resmi meluncur pada tahun 2010.

Aplikasi yang dicanangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini awalnya hanya dapat digunakan oleh perangkat berbasis iOS, namun seiring perkembangannya, platform ini juga dapat diakses melalui perangkat Android–bahkan dapat diakses langsung melalui situsnya.

Selang dua tahun setelah rilis, Facebook mengakuisisi Instagram dengan suntikan dana hingga bernilai kurang lebih $1 miliar, di mana sejak saat itu popularitas Instagram terus bergerak menuju puncaknya. Tentu hal ini juga gak bisa terlepas dari peran developer (pengembang) yang selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru yang sangat memanjakan pengguna.

Terbukti, kalau dulu pengguna Instagram hanya bisa membagikan hasil foto dengan filter-filter terbatas, kini semua pengguna bebas mengkreasikan foto dengan berbagai filter keren, membuat konten video dengan fitur Reels, berbagi daily activities dengan Stories, atau melakukan siaran langsung melalui Instagram Live.

Berkat kekayaan fitur itulah Instagram kini berhasil menjadi salah satu “raksasa” media sosial yang begitu digandrungi, terutama oleh generasi Millenial dan generasi Z. Rasanya gak lengkap kalau belum punya Instagram, deh!

Nah, kalau kamu juga belum punya akun Instagram, simak 6 alasan lain kenapa kamu harus banget bikin akun Instagram sekarang!

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Akun Instagram

1. User Experience yang Oke

Alasan pertama: user experience (pengalaman pengguna) aplikasi media sosial satu ini terkenal oke banget. Sebagai jejaring sosial berbasis konten visual, Instagram berupaya penuh memberikan pengalaman terbaik untuk semua penggunanya.

Dengan antarmuka yang intuitif, simple, dan gak ribet, kamu gak perlu dibuat kebingungan ketika mengenal satu per satu segala fitur yang tersaji.

Kalau mau lihat konten-konten milik akun orang lain yang kamu ikuti, cukup scroll (gulir) layar smartphone kamu ke bawah, atau kamu bisa temukan konten-konten visual lain dengan fitur “search” serta “explore”.

2. Punya Berbagai Filter yang Estetik

Ini nih salah satu hal yang paling digemari anak-anak muda. Yap! Filter alias effect. Sebelum kamu mengunggah foto atau video ke feed dan Stories, kamu bisa mempercantik kontenmu dengan filter-filter yang tersedia.

Filter-filternya juga unik dan keren banget, mulai dari sekadar menambahkan bingkai, mengubah warna, menambahkan stiker, bahkan ada pula filter Augmented Reality (AR) yang merupakan gabungan dari dunia nyata dan dunia virtual.

Asyiknya lagi, kamu juga bisa membuat filter sendiri se-kreatif mungkin, lho. Seru!

3. Sebagai Media Personal Branding

Selain menjadi tempat “eksis”, jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai media membangun personal branding.
Misalnya saja, kamu ingin berkarir sebagai content creator. Supaya audiens mengetahui profesimu, tentu kamu memerlukan media untuk membangun citra dan menyebarkan karya-karya yang kamu buat, ‘kan?

Maka di sinilah peran Instagram. Dengan platform satu ini, kamu dapat membuat konten yang engage, bahkan berinteraksi langsung dengan audiens-audiens kamu sehingga kamu jadi lebih dekat dengan mereka.

Eits, selama membangun personal branding, memperluas networking juga diperlukan banget, nih. Kamu bisa download aplikasi Socialights untuk berkolaborasi dan menambah relasi dengan para influencer atau konten kreator lainnya!

4. Banyak Konten Visual yang Inspiratif

Sesuai tujuan utamanya, platform ini memang memungkinkan pengguna untuk mengambil, mengedit, lalu membagikan hasil foto dan videonya ke akunnya sendiri atau ke platform jejaring sosial lain.

Makanya jangan heran, ketika kamu membuka akun Instagram, kamu akan disuguhkan berbagai konten visual yang memanjakan mata–bahkan konten-konten penuh inspirasi sesuai akun yang kamu follow (ikuti). Mulai dari konten travelling, kuliner, beauty, mental health, sampai fashion, semua ada!

5. Satu Platform untuk Segala Hal

Gak hanya berguna sebagai sarana bersosialisasi via jagat maya, aplikasi dengan icon polaroid ini juga bisa kamu gunakan untuk kepentingan lainnya lho, Socialty.

Entah itu sebagai portofolio karya, membangun fanbase atau komunitas, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan pemasaran produk.

6. Lebih Optimal Pakai Instagram Bisnis

Buat kamu yang pengin mencoba peruntungan di dunia bisnis online, jejaring sosial satu ini dapat menjadi salah satu alat marketing terbaik yang bisa kamu manfaatkan.

Sebab Instagram menyediakan fitur Instagram Bisnis, yaitu akun dengan berbagai fasilitas khusus untuk para pelaku usaha. Ada banyak fitur terkait kegiatan penjualan yang gak tersedia di akun Instagram personal atau reguler.

Itu dia 6 alasan kenapa kamu harus punya akun Instagram. Jejaring sosial satu ini memang bisa mendatangkan banyak manfaat, asal dipergunakan dengan bijaksana. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menjaga diri dan etika selama menggunakannya, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!