Cara Melihat Insight Tiktok Mudah dan Meningkatkannya!

Berkembangnya teknologi dan semakin mudahnya akses Internet membuat profesi konten kreator semakin menjamur di seluruh dunia. Tidak hanya sekedar hobi, konten kreator sekarang menjadi profesi yang serius karena penghasilannya yang menjanjikan. Tiktok contohnya,  aplikasi ini merupakan platform media sosial yang paling populer dalam 2 tahun terakhir, dan juga paling sering melahirkan konten kreator baru yang videonya tidak kalah unik dengan kreator profesional. 

Para konten kreator baru ini dapat bersaing karena mereka menganalisa dengan baik keinginan audience-nya, dan juga mereka memanfaatkan Tiktok Insight sebagai data audience. 

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi konten kreator Tiktok, kamu juga harus mengerti terlebih dahulu apa itu Tiktok Insight. Terdengar familiar, tapi apa sih sebenarnya Tiktok Insight itu? Yuk, kita bahas!

Apa itu Tiktok Insight?

Tiktok insight adalah sebuah media yang membantu kamu untuk mengetahui bagaimana perilaku audience, keefektifan konten, dan performa dalam suatu konten. Singkatnya, kamu dapat membuat strategi konten berdasarkan data yang diberikan oleh Tiktok insight ini. Akan tetapi, untuk melihatnya kamu memerlukan TikTok analytic terlebih dahulu. Ini cara-caranya. 

Tiktok Analytic untuk melihat insight Tiktok

Sebelum kamu ingin melihat insight TikTok akun kamu, kamu harus beralih ke akun Pro terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur Tiktok analytic ini. Bagaimana caranya? Tenang, kami akan berikan cara-cara mengganti menjadi TikTok Pro.

Cara merubah akun menjadi Tiktok Pro

  1. Buka Tiktok dan login akun kamu
  2. Klik titik tiga pada bagian kanan atas akun kamu
  3. Selanjutnya, pilih ‘manage my account
  4. Lalu klik ‘switch to pro account
  5. Dan kamu dapat memilih kategori yang kamu inginkan sesuai dengan konten kamu

Gimana mudah bukan? Yuk langsung ubah akun Tiktok kamu ke Pro untuk kamu yang ingin serius sebagai konten kreator Tiktok. Selanjutnya, kamu dapat melihat insight akun kamu tanpa melalui aplikasi atau memakai aplikasi tambahan, lho! Simak selengkapnya, ya.

Cara Melihat Insight Tiktok Dengan Mudah

Dengan melihat data dari insight Tiktok, secara mudah kamu akan mengetahui bagaimana perkembangan konten yang telah kamu buat. Disini ada dua cara untuk melihat insight akun Tiktok kamu. Melalui aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan.

1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara pertama yaitu tanpa menggunakan tools atau aplikasi tambahan. Karena cara ini adalah cara yang paling mudah. Berikut langkahnya!

  1. Buka aplikasi tiktok kamu dan pastikan akun kamu sudah terlogin
  2. Pergi ke menu profil
  3. Setelah itu kamu klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas layar hp kalian.
  4. Nantinya kamu akan diarahkan ke Pengaturan dan Privasi, jika sudah kalian bisa langsung klik ‘Alat Kreator’
  5. Lalu kalian akan dimunculkan dengan beberapa menu, dan kalian pilih yang sesuai dengan konten kamu
  6. Jika sudah kalian klik, tunggu beberapa saat dan nantinya akan muncul data Ringkasan, Konten, dan Pengikut yang dapat kalian lihat dari insight akun TikTok kamu.

Dan disitu juga bisa kamu ubah pengaturan dari waktunya. Yang dimana pengaturan waktu ini berfungsi untuk kamu, agar mengetahui bagaimana perkembangan akun Tiktok kamu. Serta kamu dapat mengatur waktu bisa mulai dari 7, 28, hingga 60 hari terakhir.

2. Menggunakan Tools

Cara kedua yaitu kamu bisa menggunakan tools tambahan atau aplikasi tambahan. Banyak aplikasi tambahan di luar sana untuk melihat insight Tiktok, tetapi kami sarankan aplikasi yang paling populer yaitu Exolyt, yang dimana aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk melihat jumlah like, comment, share dan sebagainya di akun Tiktok kamu. Ini dia caranya!

  1. Buka browser melalui Laptop atau Smartphone kamu
  2. Lalu, kunjungi situs resmi milik Exolyt
  3. Setelah itu kamu langsung login, jika belum mempunyai akun kamu bisa registrasi terlebih dahulu di situsnya.
  4. Jika sudah, masukan username akun Tiktok kamu
  5. Setelah itu kalian bisa melihatnya dan mulai menganalisanya.

Gimana, gak kalah gampangnya dengan tanpa aplikasi? Langsung aja Socialty coba, ya!

Baca Juga: 9 Cara FYP di TikTok

Cara menaikan insight Tiktok pada akun kita

Setelah mengerti apa itu insight Tiktok dan bagaimana cara melihatnya. Kali ini, apakah kamu tahu bagaimana cara menaikan insight akun Tiktok kamu? Nah, sekarang waktunya kita akan bahas itu nih Socialty. Yuk langsung aja!

Buatlah ide konten

Ide yang dipikirkan secara matang-matang dan berbeda daripada yang lain biasanya akan viral di TikTok. Jadi untuk kamu yang ingin menaikan insight akun kamu pikirkanlah ide yang original dan terkonsep secara matang.

Pakai Hastag

Cara ini sangat penting lho Socialty, karena dengan hastag yang kamu sematkan pada sebuah video akan memudahkan audience untuk menemukan video kamu yang sudah di bagikan. Pakailah hastag yang sedang tren kedalam video kamu.

Kolaborasi dengan seleb Tiktok

Cara ini merupakan cara next level yang perlu kamu lakukan. Jika konten kamu merasa ‘stuck‘ dan tidak ada perkembangan di insight akun kamu. Ini merupakan cara yang paling efektif. Tidak hanya menaikan insight tetapi memperlebar pertemanan dan link sesama konten kreator Tiktok

Konsisten

Cara ini menjadi cara yang paling penting jika kamu ingin menjadi konten kreator yang terkenal, kamu gak boleh males lho dalam memposting konten kamu di TikTok. Karena dengan konsisten, para audience juga otomatis tertarik dengan konten kamu

Itu dia beberapa penjelasan yang kami berikan untuk kamu Socialty tentang Tiktok Insight. Gimana, akun Tiktok kamu sudah berkembang belum? Yuk cari tahu!

Bingung ingin buat konten sama siapa? pas banget nih, kamu tinggal download aplikasi Socialights di Smartphone kamu, kamu udah bisa kolaborasi langsung dengan para konten kreator dan influencer, lho!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!