Fotografi Makro: Definisi, Teknik, Alat yang Digunakan

Bukan asal cekrek, dibalik foto yang bagus dan estetik ada fotografer yang mahir memegang kamera. Dimana sang juru foto memahami betul bagaimana trik-trik foto agar menghasilkan foto yang keren.

Ada banyak trik foto yang digunakan untuk melahirkan foto yang indah. Cara yang dipakai juga biasanya memakai alat tambahan seperti lensa, tripod, cahaya, dan lain sebagainya agar menghasilkan gambar yang maksimal.

Seiring berkembangnya teknologi, membuat dunia fotografi juga ikut berkembang. Sehingga para juru foto menemukan inovasi terbaru yang membuat dunia fotografi lebih luas dan kreatif lagi.

Fotografi makro misalnya, dengan hadirnya lensa yang melebihi kekuatan mata manusia membuat lahirnya cabang fotografi ini. Terdengar familiar, tapi apakah kamu tau apa fotografi makro? Mari kita bahas.

Apa itu Fotografi Makro?

Fotografi makro adalah teknik fotografi yang dilakukan dengan jarak yang dekat sehingga menghasilkan detail pada objek yang berukuran kecil, dimana objek dapat menghasilkan gambar yang lebih besar daripada ukuran aslinya dan tentunya tanpa bantuan alat pembesar seperti mikroskop.

Biasanya teknik ini dilakukan untuk mengambil potret hewan atau makhluk hidup lainnya yang berukuran kecil dan memfokuskan kepada detail yang berada di objek.

Oleh sebab itu, jika kita menggunakan teknik ini untuk memotret sebuah kumbang, kita dapat melihat secara detail bagaimana tekstur, bentuk mata, hingga mulut dari hewan tersebut yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang karena bentuknya kecil.

Tidak hanya makhluk hidup, fotografi makro juga dapat dilakukan ke objek benda mati juga, lho. Contohnya seperti mainan, peralatan makan, koin, hingga bulir air juga dapat kamu foto. 

Jika kamu ingin mencoba teknik ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan foto yang memuaskan dan pastinya tidak asal cekrek dong. Ini hal yang mesti kamu perhatikan, disimak ya!

Teknik yang Diperhatikan Saat Melakukam Fotografi Makro

Hal-hal dasar berikut ini sangatlah penting untuk kamu perhatikan untuk mencoba fotografi makro.

1. Pencahayaan

Dasarnya, mayoritas teknik fotografi membutuhkan pencahayaan yang memadai agar gambar yang dihasilkan indah dan sesuai dengan ekspektasi. Pada fotografi makro kamu dapat menggunakan cahaya matahari langsung atau cahaya tambahan tergantung konsep dan objek yang kamu inginkan. 

Atur Fokus

Dalam melakukan fotografi makro hal ini merupakan hal tersulit yang dilakukan oleh juru foto. Menentukan fokus tetap stabil menjadi tantangan para juru foto agar gambar yang dihasilkan di blur atau kabur.

Tantangan tersendiri pada objek hidup seperti hewan, dengan pergerakan yang dilakukan objek, lensa kamera menjadi tidak fokus dan perlu kesabaran berlebih. Berbeda dengan benda mati yang tidak bergerak, juru foto hanya menentukan angle dan pencahayaan agar mendapatkan gambar maksimal. 

Depth of Field 

Depth of Field (DoF) atau kedalaman fokus memberikan ketajaman suatu gambar dalam fotografi makro. Singkatnya, DOF sendiri akan memberikan sedikit blur pada objek dengan mempertajam objek utama.

Contohnya pada objek percikan air, gambar dari bulir air utama tajam di gambar dan ada beberapa bulir air yang blur sebagai background bulir utama.

Selain memperhatikan hal dasar di atas, kamu juga perlu beberapa alat agar objek makro kamu semakin indah. Nah, disini kita akan memberitahu apa saja sih alat-alat yang diperlukan oleh seorang fotografer jika ingin membuat gambar makro. Simak selengkapnya.

Alat Fotografi Makro 

Lensa Kamera

Tidak hanya kamera saja, demi menghasilkan gambar makro yang bagus kamu juga memerlukan lensa kamera agar gambar yang kamu hasilkan lebih tajam dan detail.

Ada 3 jenis lensa makro yang kamu dapat gunakan, seperti lensa fix 50mm, 90 – 105mm, dan juga 150 – 180mm. Untuk kamu yang masih pemula, memakai lensa 50mm juga dapat menghasilkan gambar yang bagus, kok!

Flash

Fotografi Makro dapat dilakukan di berbagai situasi. Entah itu siang, sore, malam, indoor, ataupun outdoor. Flash eksternal diperlukan tergantung situasi objek yang ingin kamu foto. Ada baiknya jika kamu ingin melakukan kegiatan fotografi makro bawalah flash eksternal untuk memanfaatkan situasi yang ada.

Mini Tripod

Mini tripod dapat digunakan sebagai sebuah alat tambahan. Untuk mengambil foto makro, tentunya seorang fotografi harus membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, karena sekecil apapun gerakan yang mengganggu akan berdampak dan mempengaruhi foto makro yang dihasilkan. 

Itulah beberapa dasar dan alat-alat yang diperlukan dalam melakukan fotografi makro. Nah, sekarang kamu mau mencobanya gak? Mungkin aja menjadi hobby baru untuk kamu, lho!

Untuk kamu yang ingin berkolaborasi langsung dengan influencer untuk membuat konten bisa banget, lho! Tinggal download aplikasi Socialights di Smartphone kamu.

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!