Yuk, Pelajari Cara Kerja Algoritma YouTube dan Tips Mengoptimalkannya

youtuber

Menjadi seorang YouTuber sukses merupakan impian dari sebagian besar orang di masa modern ini. Bagaimana tidak? Dengan tampil di depan kamera dan membagikan kegiatan sehari-hari kita, kamu bisa mendapatkan uang hingga puluhan juta rupiah.

Tapi perlu diketahui, menjadi terkenal di YouTube bukan hal yang mudah, lho. Terlebih saat ini semua orang semakin berlomba-lomba menyajikan sejuta konten video yang sangat beragam di platform tersebut. 

Untuk bisa berhasil menjadi seorang YouTuber terkenal, Socialty perlu memerhatikan berbagai aspek dari video yang kamu unggah, mulai dari kualitas, isi konten, hingga deskripsi yang kamu tuliskan. Selain aspek kualitas, kamu juga perlu memahami berbagai algoritma YouTube berjalan.

Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa Itu Algoritma YouTube

Tahukah kamu bahwa saat ini terdapat sekitar 500 jam video baru di YouTube yang hadir setiap menitnya? Oleh karena itu sangat penting bagi YouTube untuk memiliki sebuah sistem algoritma yang tepat guna menyajikan video yang sesuai dengan kebutuhan dan minat dari para penggunanya. 

Algoritma YouTube sendiri merupakan sebuah sistem yang membaca serta menganalisis suatu video untuk kemudian menilai apakah video ini qualified untuk disebarkan ke lebih banyak penonton. Selain itu, algoritma YouTube juga menganalisis aktivitas dari tiap penggunanya untuk dapat menghadirkan video yang sesuai dengan apa yang preferensi dan karakteristik dari si pengguna.

Meski dari dulu hingga saat ini algoritma YouTube selalu mengalami banyak pembaharuan, tapi ada dua hal penting yang selalu konsisten dan tentunya perlu kamu ketahui. Berikut pejelasannya:

1. Engagement

Untuk kamu yang sudah lama menggeluti dunia media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan term ini. Engagement dari sebuah video YouTube dinilai dari bagaimana video tersebut mendapatkan respons penonton, mulai dari like, komen, hingga share dari video.

2. Metadata

Metadata adalah hal yang berkaitan dengan judul dari video yang kamu unggah, keywords yang kamu cantumkan, hingga deskripsi dari video. Satu kesatuan ini kemudian dianalisis oleh sistem algoritma YouTube untuk kemudian diproses apakah video yang kamu unggah sesuai dengan apa yang diminati oleh pengguna lain.

Tips dan Socialights adalah gunakan judul yang menarik, serta keywords dan deskripsi yang sesuai untuk dorong engagement dari video mu.

Algoritma YouTube Saat Ini

Lalu, seperti apa algoritma terbaru YouTube saat ini? Berikut ini penjelasannya:

Home

home youtube

Home atau beranda merupakan halaman yang pertama kali dikunjungi, halaman ini menjadi salah satu yang menghasilkan trafik video yang paling tinggi. Semakin sering kamu mengunjungi YouTube, maka halaman home akan semakin dipersonalisasi oleh konten-konten yang biasa kamu tonton (berdasarkan minat dan history).

Suggested Videos

Suggested Videos

Suggested videos adalah video yang disarankan untuk kamu tonton berikutnya. Ketika kamu menonton video YouTube, di bagian sebelah kanan akan muncul berbagai rekomendasi untuk kamu (seperti gambar di atas).

Search

video search youtube

Video yang muncul paling atas pada search tidak selalu video yang memiliki penayangan terbaik. Bagaimanapun juga, YouTube merupakan mesin pencari milik Google sehingga penting untuk memahami Youtube SEO agar peringkat video lebih tinggi.

Lantas, video apa saja yang dapat muncul pada halaman pertama YouYube? Video-video yang memiliki keyword yang relevan dengan judul, deskripsi, serta konten dan memiliki waktu tonton yang tinggi. Jadi, optimalisasikan lah hal tersebut.

Trending

video trending youtube saat ini

Selanjutnya yaitu tab trending, yang berisi kumpulan video populer dan banyak diputar pengguna saat itu. Hasil pada tab tersebut akan berbeda-beda tergantung pada lokasi negara pengguna.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi video masuk dalam halaman trending YouTube, diantaranya jumlah penayangan, tingkat pertumbuhan views, serta dari mana asal video tersebut.

Untuk membuat video kamu muncul pada halaman trending, tentu tidak bisa dilakukan dengan cara membayar. Terus berusaha agar video kamu diminati audiens sehingga masuk di trending.

5 Cara Optimalkan Algoritma YouTube

Nah, setelah sebelumnya Socialty mengetahui apa itu algoritma YouTube, yuk langsung simak 5 tips mengoptimalkan algoritma YouTube di bawah ini untuk dorong video mu menjadi viral!

1. Bangun Interaksi dengan Penonton

Tips satu ini bisa Socialty refleksikan langsung pada saat menonton suatu video di YouTube. Tentu kamu akan menjadi lebih merasa diapresiasi dan senang ketika komentarmu digubris oleh si creator, bukan? Nah begitu juga dengan penonton di channel YouTube-mu. Dengan banyak melakukan interaksi dengan penonton atau subscriber, mereka akan jadi lebih tertarik dan terdorong untuk subscribe atau menonton video mu yang lain. Dan… tentunya, semakin banyak subscriber maka engagement dari video mu juga akan semakin meningkat.

2. Gunakan Thumbnail Menarik

Coba kamu pikirkan, sudah berapa banyak kamu terdorong menonton sebuah video di YouTube hanya karena thumbnail-nya yang menarik atau membuat penasaran? Yup, itu lah sebabnya Socialty perlu mempertimbangkan penggunaan thumbnail di YouTube untuk mendorong pengguna lain nangkring di video yang kamu unggah. Tambahkan sedikit bumbu-bumbu untuk buat mereka penasaran, seperti teks dengan tulisan yang menarik, dan penggunaan logo serta warna yang estetik. Good luck!

3. Konsisten

Meski sulit, kamu harus konsisten! Baik itu dari segi tema konten yang kamu unggah ataupun waktu dan intensitas mengunggah video. Buatlah jadwal upload rutin untuk pastikan kamu sungguh-sungguh dan tetap on track dalam menjalani dunia YouTube ini. Selain itu, dengan konsistensi yang kamu berikan, algoritma YouTube juga akan membantu mengarahkan penonton kepada video-video milikmu yang lain.

4. Buat Penonton Menjadi Setia

Lakukan hal ini secara perlahan tapi pasti. Mulailah dengan hal-hal kecil, seperti mengingatkan penonton untuk menekan tombol subscribe atau menyukai video yang kamu unggah. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan fitur lainnya seperti link box yang menghubungkan penonton dengan video milikmu yang sebelumnya, serta menggunakan fitur playlist sehingga penonton dapat secara otomatis berpindah ke video mu yang lain setelah selesai menonton. 

5. Share Konten ke Media Sosial

Last tips, jangan pernah lelah untuk sebarkan video yang kamu unggah di seluruh media sosial yang kamu miliki, dengan begitu kamu akan mendapatkan jangkauan calon penonton yang lebih luas, dan tentunya hal ini membantu YouTube untuk merekomendasikan video mu lebih luas lagi.

Gimana, apakah Socialty sudah siap menjadi YouTuber? Kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak lagi tips dan informasi menarik terkait dunia content creator, social media influencer, dan hal-hal di antaranya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android.

Play Store Download Button
App Store Download Button

Itu dia algoritma YouTube dan beberapa tips untuk mengoptimalkannya. Ingat, lakukan semuanya secara perlahan tapi pasti ya!

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

More Posts