Yuk, Pelajari Cara Kerja Algoritma Youtube agar Views Naik!

Menjadi seorang YouTuber sukses merupakan impian dari sebagian besar orang di masa modern seperti saat ini. Bagaimana tidak? Hanya dengan tampil di depan kamera dan sekadar membagikan kegiatan sehari-hari kita, kamu bisa mendapatkan uang hingga puluhan atau bahkan ratusan juta. Menarik sekali bukan?

Tapi perlu diketahui, menjadi terkenal di YouTube bukan hal yang mudah, lho. Terlebih saat ini semua orang semakin berlomba-lomba menyajikan sejuta konten video yang sangat beragam di platform tersebut. 

Untuk bisa berhasil menjadi seorang YouTuber terkenal, Socialty perlu memerhatikan berbagai aspek dari video yang kamu unggah, mulai dari kualitas, isi konten, hingga deskripsi yang kamu tuliskan. Uhmm.. satu rahasia kecil lagi, Socialty juga perlu memahami betul berbagai hal terkait algoritma YouTube, serta bagaimana cara memaksimalkannya untuk kemudian bisa mencapai impianmu menjadi seorang YouTuber sukses layaknya Arief Muhammad, Raditya Dika, dan Tasya Farasya. 

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana caranya mengoptimalkan algoritma YouTube, Socialty harus tahu dulu apa itu algoritma YouTube dan untuk apa fungsinya.

youtube logo on a computer screen

Apa itu Algoritma YouTube?

Tahukah kamu bahwa saat ini terdapat sekitar 500 jam video baru di YouTube yang hadir setiap menitnya? Yup, luar biasa bukan? Oleh karena itu sangat penting bagi YouTube untuk memiliki sebuah sistem algoritma yang tepat guna menyajikan video yang sesuai dengan kebutuhan dan minat dari para penggunanya. 

Algoritma di sini merupakan sebuah sistem yang membaca serta menganalisis suatu video untuk kemudian menilai apakah video ini qualified untuk disebarkan ke lebih banyak penonton. Selain itu, algoritma YouTube juga menganalisis aktivitas dari tiap penggunanya untuk dapat menghadirkan video yang sesuai dengan apa yang preferensi dan karakteristik dari si pengguna.

Meski dari dulu hingga saat ini algoritma YouTube selalu mengalami pembaharuan, tapi ada dua hal penting yang selalu konsisten dan tentunya perlu kamu ketahui.

Pertama, engagement. Untuk kamu yang sudah lama menggeluti dunia media sosial pasti sudah tidak asing lagi dengan term ini. Engagement dari sebuah video YouTube dinilai dari bagaimana video tersebut mendapatkan respons penonton, mulai dari like, komen, hingga share dari video.

Kemudian yang kedua adalah metadata. Hal ini berkaitan dengan judul dari video yang kamu unggah, keywords yang kamu cantumkan, hingga deskripsi dari video. Satu kesatuan ini kemudian dianalisis oleh sistem algoritma YouTube untuk kemudian diproses apakah video yang kamu unggah sesuai dengan apa yang diminati oleh pengguna lain. Mini tips: gunakan judul yang menarik, serta keywords dan deskripsi yang sesuai untuk dorong engagement dari video mu!

a woman taking a video call

5 Cara Optimalkan Algoritma YouTube

Nah, setelah sebelumnya Socialty mengetahui apa itu algoritma YouTube, yuk langsung simak 5 tips mengoptimalkan algoritma YouTube di bawah ini untuk dorong video mu menjadi viral!

1. Bangun Interaksi Dengan Penonton

Tips satu ini bisa Socialty refleksikan langsung pada saat menonton suatu video di YouTube. Tentu kamu akan menjadi lebih merasa diapresiasi dan senang ketika komentarmu digubris oleh si creator, bukan? Nah begitu juga dengan penonton di channel YouTube-mu. Dengan banyak melakukan interaksi dengan penonton atau subscriber, mereka akan jadi lebih tertarik dan terdorong untuk subscribe atau menonton video mu yang lain. Dan… tentunya, semakin banyak subscriber maka engagement dari video mu juga akan semakin meningkat.

2. Gunakan Thumbnail Menarik

Coba kamu pikirkan, sudah berapa banyak kamu terdorong menonton sebuah video di YouTube hanya karena thumbnail-nya yang menarik atau membuat penasaran? Yup, itu lah sebabnya Socialty perlu mempertimbangkan penggunaan thumbnail di YouTube untuk mendorong pengguna lain nangkring di video yang kamu unggah. Tambahkan sedikit bumbu-bumbu untuk buat mereka penasaran, seperti teks dengan tulisan yang menarik, dan penggunaan logo serta warna yang estetik. Good luck!

3. Consistency is a must!

Meski sulit, kamu harus konsisten! Baik itu dari segi tema konten yang kamu unggah ataupun waktu dan intensitas mengunggah video. Buatlah jadwal upload rutin untuk pastikan kamu sungguh-sungguh dan tetap on track dalam menjalani dunia YouTube ini. Selain itu, dengan konsistensi yang kamu berikan, algoritma YouTube juga akan membantu mengarahkan penonton kepada video-video milikmu yang lain.

4. Buat Penonton Menjadi Setia

Lakukan hal ini secara perlahan tapi pasti. Mulailah dengan hal-hal kecil, seperti mengingatkan penonton untuk menekan tombol subscribe atau menyukai video yang kamu unggah. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan fitur lainnya seperti link box yang menghubungkan penonton dengan video milikmu yang sebelumnya, serta menggunakan fitur playlist sehingga penonton dapat secara otomatis berpindah ke video mu yang lain setelah selesai menonton. 

5. Sebar Luas Video mu Ke Seluruh Media Sosial Lainnya

Last tips, jangan pernah lelah untuk sebarkan video yang kamu unggah di seluruh media sosial yang kamu miliki, dengan begitu kamu akan mendapatkan jangkauan calon penonton yang lebih luas, dan tentunya hal ini membantu YouTube untuk merekomendasikan video mu lebih luas lagi.

Gimana, apakah Socialty sudah siap menjadi YouTuber? Kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak lagi tips dan informasi menarik terkait dunia content creator, social media influencer, dan hal-hal di antaranya, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android.

Play Store Download Button
App Store Download Button

Itu dia algoritma YouTube dan beberapa tips untuk mengoptimalkannya. Ingat, lakukan semuanya secara perlahan tapi pasti ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!