Ini Dia Algoritma Twitter dan Cara Bikin Twit Kamu Viral!

Meski sempat hampir hilang dari radar warganet, Twitter kini kembali menjadi pilihan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan lebih dari 500 juta twit dikirim setiap harinya, Twitter memerlukan sebuah sistem yang dapat menyajikan twit yang tepat dan sesuai untuk para penggunanya. Dan, sistem inilah yang disebut sebagai algoritma Twitter.

Eitss.. Sebelum Socialty mengetahui lebih lanjut apa itu algoritma Twitter dan bagaimana cara mengoptimalkannya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu 2 mode unik yang hanya dimiliki oleh aplikasi Twitter.

Tweet Teratas dan Tweet Terkini

Tahukah kamu bahwa Twitter memiliki dua pilihan mode berbeda untuk menampilkan twit di laman berandamu? Yup, jadi inilah fitur unik yang dimiliki oleh Twitter, dimana pengguna dapat memilih sendiri apa yang ingin mereka lihat di laman beranda Twitter mereka. 

Kamu dapat memilih mode ‘Tweet Terkini’ pada tanda ‘+’ di beranda apabila kamu lebih ingin melihat twit secara kronologis berdasarkan waktu dimana twit tersebut diunggah. Meski Twitter akan menampilkan twit berdasarkan waktu yang diunggah secara real-time, akan tetapi dalam hal ini algoritma Twitter juga bekerja, lho. Algoritma ini digunakan untuk memastikan si  pengguna tetap melihat twit yang relevan dengan minat dan kebutuhannya.

Mode yang kedua adalah ‘Tweet Teratas’. Jika Socialty memilih mode ini, maka Twitter akan menyajikan twit berdasarkan popularitas dan relevansi twit berdasarkan aktivitas pengguna yang dianalisis oleh sistem algoritma Twitter. Dengan mode ini, Twitter akan secara otomatis menyajikan twit yang bikin kamu betah untuk scrolling

Apa Itu Algoritma Twitter?

Serupa tapi tak sama, Twitter memiliki algoritma seperti halnya media sosial lain seperti, TikTok, YouTube, dan Instagram  yang berfungsi untuk mengatur penyajian twit yang diunggah oleh pengguna lain kepada kita. Singkatnya, Twitter dalam hal ini berupaya semaksimal mungkin membuat si pengguna tetap betah scrolling di Twitter, serta mendapatkan informasi atau unggahan yang sesuai dengan preferensi si pengguna. Jadi, tak heran tentunya jika kamu bisa melihat twit yang diunggah 15 hari lalu muncul di timeline-mu, karena bisa jadi twit ini dianggap oleh Twitter sebagai unggahan yang kamu suka. 

Lalu.. bagaimana Twitter mengetahui hal ini? Perlu kamu ketahui, Twitter memiliki beberapa pertimbangan tersendiri saat menyajikan twit untukmu di beranda, seperti waktu twit tersebut diunggah, apakah twit tersebut mengandung media yang menarik, engagement pengguna pada twit tersebut, hubungan pengguna dengan si penulis twit, dan tentunya bagaimana history perilaku pengguna terhadap twit serupa.

Cara Optimalkan Twit Agar Sesuai Algoritma Twitter

Nah, kalau sebelumnya Socialty sudah tahu apa itu algoritma Twitter, langkah selanjutnya untuk pastikan bahwa kamu dapat mengoptimalkan algoritma tersebut untuk buat twit-mu viral adalah dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini. Simak!

1. Tulis Twit yang Sesuai Dengan Minat Pengguna Lain

Twitter dan para penggunanya kadang memiliki pola-pola tertentu saat menulis twit. Beberapa saran, mungkin kamu dapat menyesuaikan isi konten twitmu dengan tren atau berita terkini yang sedang trending di Twitter, menulis twit secara singkat dengan tata bahasa yang menarik, atau membuat twit yang memancing pengguna lain untuk berinteraksi dengan twit tersebut. Dengan begitu, tentunya twit kamu tentunya akan lebih banyak dilirik oleh pengguna lain.

2. Unggah di Waktu ‘Golden Hour’

‘Golden Hour’ di sini bukan pantulan sinar matahari sempurna untuk selfie mu, tapi waktu yang sempurna untuk kamu mengunggah twit! 

Ingat dua mode sebelumnya? Yup, mode ‘Tweet Terkini’ membuat Twitter menyajikan twit berdasarkan waktu real time. Sehingga kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk dorong twit mu mendapatkan impresi yang lebih besar di waktu dimana para pengguna sedang banyak aktif membuka aplikasi ini. 

Saran: coba unggah twit di jam 9 pagi atau 4 sore untuk hasil optimal! Atau, kamu juga dapat menggunakan perangkat analitik untuk melihat di jam berapakah twit mu mendapat pembaca paling banyak.

3. Sisipkan Hashtag yang Relevan

Coba gunakan hashtag yang sedang trending saat ini untuk boosted up twit mu! Tapi perlu diingat, hanyak gunakan hashtag yang relevan dengan isi twit mu ya, jangan sampai kamu malah spam hal yang tidak berhubungan di search hashtag tersebut yang justru dapat memperburuk citra dan engagement-mu.

4. Tambahkan Media Menarik

Tips algoritma Twitter: Penggunaan fitur input media seperti gambar, gif, atau polling yang menarik dapat mendorong Twitter untuk menyebarkan twit mu ke lebih banyak pengguna, lho. Lagi-lagi, pastikan bahwa kamu menggunakan media yang relevan atau sesuai dengan isi konten twit mu ya!

5. Konsisten!

Dengan konsistensi yang baik, seperti besarnya intensitas pembuatan dalam satu hari, maka Twitter akan membantu twit mu tersebar secara lebih luas. 

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar cara membuat media sosialmu lebih terkenal, kamu bisa langsung download aplikasi Socialights yang tersedia di iOS dan Android.

Play Store Download Button
App Store Download Button

Itu dia algoritma Twitter dan bagaimana caranya kamu bisa memaksimalkannya. Ayo coba sekarang!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!