Ingin Viral di TikTok? Yuk Kenali Algoritma TikTok Berikut!

TikTok merupakan media sosial yang sangat identik dengan ‘pandemi’. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan TikTok berubah menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sejak masa pandemi. Melihat pertumbuhan yang sangat pesat dalam waktu singkat ini, sekarang TikTok mulai dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk mencari cuan. Mulai dari menjadi seorang, Seleb TikTok hingga memasarkan produk.

Meski hanya mengunggah video berdurasi pendek, tapi untuk menjadi seorang TikTokers yang terkenal bukan hal yang mudah, lho. Kamu harus dapat memahami bagaimana algoritma TikTok bekerja untuk dapat mengoptimalkan video yang kamu unggah.

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan algoritma tersebut, penting untuk kamu memahami terlebih dahulu apa itu algoritma TikTok dan bagaimana cara kerjanya. Yuk langsung simak!

Apa Itu Algoritma TikTok?

Sama halnya dengan berbagai media sosial lain seperti Instagram dan YouTube, TikTok juga memiliki sistem tersendiri yang mengatur bagaimana video mu bisa tersebar luas ke pengguna TikTok lainnya melalui laman For You Page (FYP). 

Untuk Socialty yang belum tahu, FYP adalah sebuah laman utama seperti beranda di Facebook yang menyajikan limitless video yang telah diatur sedemikian rupa oleh algoritma TikTok agar sesuai dengan preferensi yang kamu miliki. Pengguna TikTok juga sering menjuluki video yang berada di laman FYP sebagai video yang viral. Selain itu, para pengguna TikTok biasanya sering menggunakan hashtag #ForYouPage atau #FYP untuk membantu mereka berada di laman utama pengguna lainnya yang mendorong video mereka untuk menjadi viral. 

Sama halnya dengan algoritma YouTube, algoritma milik TikTok juga bekerja dengan cara menganalisis interaksi dan aktivitas dari penggunanya, seperti apakah mereka menyukai video tersebut, berapa lama mereka menonton video tersebut, dan feedback yang diberikan oleh pengguna pada video tersebut. Contoh, apabila si pengguna sering membagikan atau menyukai video tentang kucing, maka akan besar kemungkinan TikTok menyajikan lebih banyak lagi video mengenai kucing di laman FYP pengguna tersebut. Singkatnya, you get what you like!

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Melalui Algoritma TikTok?

1. Buat Mereka Menonton Video mu Hingga Selesai

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi algoritma TikTok adalah durasi seseorang menonton sebuah video di TikTok. Jadi, secara teknis apabila kamu berhasil membuat pengguna lain bertahan hingga akhir di video mu, maka ini akan memberikan dampak yang positif bagi algoritma TikTok untuk menyebarkan video mu ke jangkauan yang lebih luas. 

Sedikit tips, buatlah video yang mengundang rasa penasaran penonton hingga akhir, serta buat video tersebut dalam durasi yang pendek, karena dalam hal ini TikTok lebih mengutamakan apakah video mu ditonton hingga selesai ketimbang mengetahui berapa jumlah waktu yang dihabiskan seseorang dalam satu video.  

2. Manfaatkan Dengan Baik Pengaturan Akun

Unik, TikTok dapat menyebarkan video mu ke orang-orang yang berada di dekat dengan mu, lho! Jadi wajar saja kalau kamu sering melihat video pengguna yang memiliki followers sedikit berada di laman FYP-mu, karena bisa jadi mereka ternyata adalah orang-orang yang tinggal dekat denganmu. 

Untuk membantu TikTok menyebarkan video mu ke orang-orang di sekitar, coba atur pengaturan dan cantumkan lokasi di mana kamu berada sekarang. Selain lokasi, dalam algoritmanya, TikTok juga memerhatikan faktor lain seperti jenis perangkat dan bahasa yang dipilih oleh si pengguna.

3. Gunakan Caption dan Hashtag Menarik

Siapa sangka ternyata penggunaan caption dan hashtag memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses distribusi video ke pengguna lain. 

Sedikit saran: Gunakan caption yang memancing rasa penasaran penonton dan buat itu secara singkat. Selain itu, gunakan hashtag yang sedang trending di TikTok yang sesuai dengan isi video mu. Hal ini perlu kamu lakukan karena algoritma di TikTok cenderung menyebarkan lebih luas konten video yang sedang banyak dicari oleh penggunanya.

4. Maksimalkan Penggunaan Fitur TikTok

Kamu pengguna TikTok pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur filter dan sound di TikTok. Coba manfaatkan kedua fitur ini dengan baik, yaitu dengan cara membuat video yang menggunakan filter dan sound yang sedang trending atau populer saat ini. Untuk mengetahui sound yang sedang viral kamu bisa dengan mudah mencarinya di laman Discovery.

5. Ikuti Tren Kekinian

Selain memanfaatkan fitur, pengaturan, dan informasi video, pastikan video yang kamu unggah sesuai dengan tren yang sedang banyak dibuat oleh pengguna lainnya. Meski serupa, tapi pastikan video mu tidak sama ya! Buat sesuatu yang khas dari video mu tapi tetap fit in dengan tren yang sedang ada saat ini.

6. Konsisten!

Kenal Seleb TikTok Celloszxz? Jika iya kamu perlu ambil satu pelajaran penting dari Cellos. Memiliki lebih dari 10 juta pengikut di TikTok, Cellos membagikan pengalamannya di YouTube Channel Raditya Dika bahwa saat awal merintis karirnya di TikTok ia mengunggah hampir 20 video setiap harinya, wow! Dari cerita ini tentu kamu memahami satu hal, konsistensi. Selain dari segi waktu dan intensitas mengunggah video, kamu juga perlu konsisten dengan bidang atau tema konten video yang kamu unggah di TikTok. Jika kamu ingin menjadi TikTok beauty influencer, maka pastikan kamu konsisten untuk selalu mengunggah video berbau kecantikan yang dikemas menggunakan berbagai tren atau fitur yang sedang kekinian di TikTok. 

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar hal-hal terkait cara memanfaatkan media sosial untuk menjadi terkenal seperti ini, kamu bisa download langsung aplikasi Socialights yang tersedia di Android dan IOS, dan bergabung dalam program 30 Hari Menjadi Influencer!

Play Store Download Button
App Store Download Button

Nah, itu dia beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang algoritma TikTok dan tips cara mengoptimalkannya. Good luck!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!