Cara Kerja Algoritma Instagram 2022 untuk Tingkatkan Performa

Hi Socialty! Ada informasi menarik nih bagi kamu yang ingin meningkatkan performa instagram dengan lebih mengerti cara kerja algoritma instagram. 

logo instagram

Apa Itu Algoritma Instagram? 

Algoritma instagram adalah sebuah teknologi yang dapat dijadikan sebagai parameter untuk menentukan konten mana yang akan mengundang banyak perhatian dari viewers setiap kali mereka melihat feed yang diposting. Karena algoritma dibuat berdasarkan kecerdasan buatan maka hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar dapat melakukan strategi yang tepat untuk meningkatkan performa media sosial milikmu. 

Dengan mempelajari parameter algoritma instagram, ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan kinerja media sosial milikmu. Karena pada hakikatnya, salah satu tujuan membangun media sosial agar agar kamu bisa memiliki koneksi yang lebih luas. Untuk selengkapnya simak penjelasan dibawah ini ya!

gambaran algoritma

Cara Kerja Algoritma Instagram

Instagram memiliki algoritma yang hampir mirip dengan Facebook, dimana algoritma ini akan memprioritaskan konten yang ditampilkan ke pengguna berdasarkan perilaku pengguna ketika menggunakan Instagram.

Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Relationship (Hubungan)

Visi Instagram adalah membuat pengunjung terlena untuk menghabiskan waktu lebih banyak di Instagram. Oleh karena itu, salah satu algoritma instagram akan menampilkan postingan dari akun yang sudah saling terhubung sebelumnya atau sering berinteraksi. 

Dengan kata lain feed yang akan muncul di beranda kamu adalah postingan yang terakhir kali terhubung dengan kamu seperti komentar, DM, mention, likes dan juga tagging.

2. Interest ( Ketertarikan)

Nah, setelah kamu menikmati beberapa postingan. Kamu akan dibawa pada feed yang bertema sama. Misalnya kamu sering memberikan komentar atau likes pada produk skincare, maka instagram juga akan menampilkan hal yang serupa baik itu gambar maupun video tentang skincare, healthy food dan sejenisnya.

3. Timeliness (Ketepatan waktu)

Langkah yang harus dilakukan agar feed kamu bertahan dengan viewers yang ada, maka milikilah konten yang mereka minati. Kamu juga harus memposting dengan waktu yang tepat.

letter with word tips coming out

Tips Untuk Meningkatkan Performa Media Sosial

Posting Secara Konsisten

Tips yang pertama, kamu harus membuat kalender konten agar dapat menentukan waktu tepat untuk posting menyesuaikan data insight ya. Hal ini efektif untuk menjangkau pengguna dan memudahkan akun kamu beradaptasi dengan algoritma instagram.

Lakukan Analisis Akun

Lakukan analisis aku melalui insight yang tersedia, upgrade akun kamu menjadi akun bisnis agar dapat melihat insight ya. Selanjutnya perhatikan konten apa yang pengguna sukai, kapan mereka online, asal daerah, usia bahkan jenis kelamin juga termasuk ke dalamnya.

Sajikan Konten Yang Menarik

Tips selanjutnya, pastikan kamu membuat konten yang menarik. Jangan asal-asalan membuat konten jika tidak ingin pekerjaan kamu sia-sia. Sesuaikan dengan konten yang disukai oleh pengguna.

Berikan Reward

Memberikan reward kepada audiens ternyata memiliki vibes yang luar biasa loh. Karena, mereka akan semakin terhubung erat dengan konten yang kamu buat. Tidak melulu harus memberikan reward dalam bentuk uang, bisa juga dalam bentuk UGC (User Generated Content).

Berkolaborasi

Nah, tips jitu menaikkan performa menggunakan algoritma yang terakhir adalah melakukan kolaborasi dengan influencer favorite mereka. Tujuannya agar kolaborasi apik tersebut memberikan keuntungan atau feedback yang positif dari audiens. Hal tersebut berdampak pada perluasan jangkauan digital business yang kamu miliki.

Gunakan Hashtag

Hashtag membantu algoritma Instagram mendeteksi konten kamu dengan konten serupa. Pastikan kamu menggunakan hashtag yang relevan dengan konten. Jangan lupa juga untuk selalu ikuti tren hashtag terkini agar konten kamu tetap up to date. Dengan begitu, peluang konten kamu dilihat banyak orang akan semakin tinggi.

Manfaatkan Reels

Reels merupakan fitur terbaru dari Instagram yang hampir mirip dengan Tiktok. Konten Reels ini lebih mengedepankan format video pendek berdurasi 15 – 90 detik. Terdapat peluang besar penonton Reels kamu bukanlah dari followers. Ini bisa jadi peluang bagus untuk meningkatkan engagement.

Rajin Interaksi dengan Followers

Berinteraksi dengan followers membantu algoritma Instagram untuk mengedepankan konten kamu untuk ditampilkan di timeline mereka. Melansir dari laman Later, di feeds Instagram terdapat lima faktor pengaruh yang membantu algoritma.

Nah, faktor-faktor tersebut di antaranya, seberapa besar waktu yang dihabiskan untuk satu postingan, kemungkinan postingan disukai, kemungkinan postingan dikomentari, kemungkinan menyimpan postingan, serta kemungkinan profil kamu dilihat oleh audiens.

Itu dia tips jitu meningkatkan performa menggunakan algoritma instagram. Pahamilah dengan baik dan memaksimalkan kinerja akun kamu. Selamat mencoba, Socialty!

Algoritma Media Sosial Lainnya

Tidak hanya Instagram, tapi media sosial lainnya seperti Facebook, TikTok, Youtube dan Twitter juga memiliki algoritma nya sendiri. Jika kamu ingin mengetahui algoritma dari media sosial lainnya kamu bisa mempelajarinya di Aplikasi Socialights.

Play Store Download Button
App Store Download Button
0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!