Rekomendasi Alat Streaming untuk Desktop dan Mobile, Wajib Punya!

Dalam melakukan siaran langsung, entah melalui platform YouTube, Instagram Live, TikTok Live, atau bahkan Twitch, ternyata diperlukan beberapa alat streaming supaya konten siaran langsung kamu tampil lebih oke di mata viewers.

Akan tetapi, jelas ada sedikit perbedaan peralatan antara siaran langsung melalui mobile, dengan siaran langsung melalui desktop atau laptop.

Nah, artikel kali ini akan membahas alat-alat streaming apa saja yang harus kamu punya untuk melangsungkan live streaming baik via mobile, maupun via desktop. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Alat Streaming untuk Desktop

live-streaming
Photo by Unsplash

Kalau kamu ingin melakukan siaran langsung melalui desktop atau laptop, dikutip dari Adorama, sebaiknya siapkan dulu alat-alat berikut:

1. Laptop atau PC

desktop-live-streaming
Photo by Unsplash

Karena kamu akan melakukan siaran langsung melalui desktop atau laptop, tentu perangkat inilah tools ter-esensial yang mesti kamu miliki.

Kelebihan menggunakan laptop adalah fleksibilitas. Kamu bisa melakukannya di mana saja tanpa kerepotan karena mudah dipindah-pindah.

Namun, pastikan spek laptop kamu bisa support kelancaran live streaming. Kamu bisa menggunakan laptop dengan minimal CPU ber-spek Intel Core i5 Gen 9th, RAM sebesar 8 GB, serta storage 256 GB.

2. Webcam atau Capture Card

camera-live-streaming
Photo by Unsplash

Biasanya, komputer dan laptop memiliki webcam bawaannya sendiri. Kalau dirasa kurang jernih, kamu bisa menggunakan webcam portabel tambahan, atau capture card yang hasilnya lebih bagus dari webcam portabel.

3. Mikrofon

mic-live-streaming
Photo by Unsplash

Supaya kualitas audio dari rekaman video kamu makin oke, kamu dapat menggunakan microphone tambahan, nih, Socialty!

Gunakanlah mic USB dengan fitur-fitur yang dapat menangkap frekuensi suara gangguan dengan baik, agar output audio yang dihasilkan bisa super jernih.

3. LED Rings

led-rings-light
Photo by Unsplash

Saat siaran langsung, sosok kitalah yang harus tampak jelas di mata audiens. Gak mungkin, ‘kan, siaran langsung di ruangan dengan penerangan yang minim?

Nah, itulah fungsi LED rings sebagai sumber pencahayaan kamu. Dengan kualitas visual yang super jelas, audiens pasti akan setia menyaksikan konten live streaming kamu sampai selesai.

4. Video Encoder

encoder-live-streaming
Photo by Unsplash

Sebetulnya, encoder ini hanya opsi. Tetapi, kalau kamu merekam video melalui kamera asli selain webcam, encoder ini merupakan barang yang wajib tersedia.

Apa fungsinya? Alat ini akan mengubah video kamu ke format digital yang sesuai sebelum disiarkan ke platform streaming.

Perlu kamu ketahui, encoder video terbagi menjadi dua jenis; yakni hardware dan software.

Sesuai jenisnya, encoder dalam bentuk perangkat keras (hardware) akan memerlukan kabel HDMI untuk menyambungkannya dengan alat perekam video. Beberapa hardware video encoder bahkan ada yang memerlukan sambungan internet supaya bisa digunakan.

Sedangkan sebagai perangkat lunak, video encoder dapat dipasangkan langsung dengan capture card saat proses pengambilan gambar atau rekaman.

Alat Streaming untuk Perangkat Mobile

mobile-live-streaming
Photo by Unsplash

Sedangkan untuk siaran langsung melalui perangkat mobile, ada beberapa alat tambahan untuk menunjang aktivitas kamu seperti berikut ini:

1. Smartphone

perangkat-mobile-live-streaming
Photo by Unsplash

Hal pertama yang wajib kamu punya tentu saja: ponsel pintar alias smartphone.

Pastikan ponsel pintar yang kamu gunakan memiliki kemampuan kamera yang mumpuni–seperti dukungan resolusi yang besar, fitur Optical Image Stabilization (OIS) atau Electronic Image Stabilization (EIS) yang bisa meminimalisir getaran dalam video, dan lain sebagainya.

2. Tripod Multifungsi

tripod-streaming
Photo by Unsplash

Kalau smartphone kamu belum mendukung fitur OIS serta EIS, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan tripod.

Fungsinya adalah sebagai penopang bodi ponsel supaya mencegah terjadinya guncangan saat proses pengambilan rekaman video.

3. Mikrofon

microphone-live-streaming
Photo by Unsplash

Untuk yang satu ini sebetulnya hanya tools tambahan saja. Mikrofon berguna untuk meredam suara di sekitar dan menjernihkan suara kamu.

Dengan begini, suara yang kamu keluarkan bisa terdengar begitu jelas dalam video siaran langsung nanti.

4. Lighting Portabel

portable-lighting
Photo by Unsplash

Sumber cahaya di dalam ruangan tentu gak sebaik sumber cahaya dari sinar matahari di luar (outdoor). Apalagi, kalau kamu melakukan siaran langsung di malam hari, tentu yang kamu butuhkan adalah portable lighting.

Alat ini bermanfaat banget sebagai sumber penerang biar rekaman video kamu jadi lebih jelas terlihat.

Itu dia beberapa peralatan pendukung live streaming yang mesti kamu siapkan.

Gimana? Sudah siap untuk melakukan siaran langsung?

O, ya! Kalau kamu tertarik dengan dunia konten kreator atau influencer, langsung saja download platform Socialights. Akan ada berbagai kegiatan dan insight seru yang bisa menambah wawasan kamu tentang hal-hal yang berbau konten digital. Asyik banget!

0Shares

Yang juga seru buat kamu:

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!