Serba Serbi Alat Podcast Yang Wajib Kamu Punya!

Socialty, terjun sebagai content creator dalam sebuah podcast adalah fenomena yang tengah digandrungi Gen Z. Keberadaan podcast sebagai media berbasis audio yang mengangkat berbagai topik menarik memang tengah naik daun. Podcast adalah rekaman audio berupa monolog atau dialog dengan narasumber. Melalui berbagai platform seperti Anchor, Apple Podcast hingga Spotify, rekaman suara yang dihasilkan mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah. Nah, Socialty juga dapat mencoba peruntungan di dunia podcast sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Tentunya, di balik sebuah podcast yang berkualitas dan menarik, terdapat peran penting dari beberapa alat dalam proses produksinya. Lantas, alat-alat apa saja yang dibutuhkan bagi newbie alias pemula?

1. Mikrofon 

Ketika mendengar kata podcast, hal pertama yang terlintas di dalam benak Socialty tentunya audio. Mikrofon mampu menyajikan podcast dengan kualitas audio yang jernih dan jelas. Mikrofon USB atau mikrofon analog menjadi jawaban atas berbagai permasalahan audio. Mikrofon USB cocok digunakan buat Socialty yang anti ribet, alias dapat mengubah suara ke dalam bentuk digital secara praktis. Sementara, mikrofon analog memerlukan alat tambahan untuk mengonversikan suara ke bentuk digital. Dilansir melalui glints.com, mikrofon yang disarankan dalam pembuatan podcast adalah Blue Microphones Yeti USB dan Audio Technica ATR-2100-USB. Bukan tanpa alasan, mikrofon tersebut menyediakan fitur kontrol nada yang lengkap sehingga menghasilkan audio yang jernih. 

2. Komputer

Ketika audio berhasil dikantongi, kini saatnya Socialty melangkah ke tahap berikutnya yaitu pengeditan. Podcaster dapat memangkas topik yang bertele-tele dan menambahkan latar musik untuk membangun vibes yang mendukung. Komputer pun diperlukan dalam mengunggah hasil podcast ke dalam platform seperti Anchor, Spotify, Soundcloud serta berbagai sosial media. 

3. Headphone

Keberadaan headphone tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari generasi milenial. Alat ini memiliki fungsi yang cukup krusial ketika melakukan interview dengan narasumber. Headphone juga dapat digunakan untuk mengecek ulang hasil audio yang telah melewati proses pengeditan. Headphone tanpa mikrofon seperti Audio-Technica ATH-M30x sangat disarankan bagi podcaster. Tenang aja, kualitas alat sesuai kok sama harga yang ditawarkan!

4. Perekam XLR Portable

Alat yang satu ini menjadi pelengkap ketika Socialty memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. Perekam XLR Portable mampu mengubah audio analog ke dalam versi digital. Di sisi lain, alat ini dapat membantumu melakukan penyesuaian volume suara dengan cepat dan tepat. 

5. Pop Filter

Software satu ini kerap dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak. Padahal, pop filter penting dalam memperjelas artikulasi huruf yang memiliki bunyi serupa, seperti B dan P. Di samping itu, pop filter mampu menyeimbangkan intonasi yang dihasilkan melalui mikrofon. 

6. Boom Untuk Mikrofon

Bagi Socialty yang baru mencoba peruntungan di dunia podcast, alat ini menjadi opsional yang dapat dipertimbangkan. Boom berguna sebagai penyangga mikrofon serta memberikan kenyamanan bagi pembicara agar tidak pegal memegang mikrofon. Namun, tak ada salahnya jika Socialty membeli alat yang satu ini demi menunjang karir sebagai podcaster profesional.

7. Digital Audio Workstation

DAW merupakan software yang mampu memperindah dan memperjelas rekaman suara. Adobe Audition merupakan salah satu software termurah yang menawarkan beragam fitur audio editing dengan biaya sekitar Rp 289.000. Eits, jangan khawatir. Bagi Socialty yang enggan merogoh kocek, Wavepad , Audacity, Ocenaudio, PreSonus serta Reaper adalah pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, beragam software tersebut menawarkan berbagai kemudahan tanpa memungut biaya, alias gratis!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!