Keunggulan Seorang Affiliate pada Affiliate Marketing!

Apakah kamu tertarik dalam berbisnis? Tapi tidak memiliki ilmu ataupun keahlian dalam berbisnis? Atau tidak memiliki keinginan untuk mendirikan bisnis sendiri? Tenang saja, kamu dapat tetap menjadi bagian dari sebuah bisnis. Mungkin kamu dapat memulai dengan menerapkan affiliate marketing. Penasaran apa itu affiliate marketing? Yuk kenali lebih dalam!

Mengenal Affiliate Marketing

Marketing melalui media sosial

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah strategi pemasaran yang menggunakan afiliasi dalam menjual produk ataupun jasa. Jika berhasil, para afiliasi akan mendapatkan pembayaran akan jasanya. Bagi kamu yang tidak memiliki produk atau jasa untuk ditawarkan, kamu dapat menjadi afiliasi dan mendapatkan komisi dari hasil penjualan kamu. Kamu juga dapat meraih penghasilan dengan tempat dan waktu yang fleksibel. 

Jika kamu berminat, kamu dapat memulai dengan mendaftarkan diri pada suatu merchant. Setelah melaksanakan pemasaran afiliasi, kamu akan mendapatkan pendapatan dengan metode pembayaran di awal atau bayaran berdasarkan produk yang telah berhasil terjual. Komisi yang didapatkan pun berkisar pada 20% sampai 40%. Berbeda dengan strategi pemasaran lainnya, pemasaran afiliasi pun melibatkan penjual, afiliasi, dan konsumen. Dengan melibatkan ketiga pihak tersebut, penjual pun dapat menghindari proses pemasaran yang rumit.

Yuk, Pelajari Sistem Affiliate Marketing!

Sistem pada affiliate marketing

Bagi kamu yang tertarik, berikut adalah langkah-langkah kamu untuk menjadi seorang afiliasi:

  • Mencari dan Mendaftar kepada perusahaan website afiliasi

Pada tahapan ini, kamu akan menerima link untuk menjalankan afiliasi. Tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk dihubungi terlebih dahulu oleh perusahaan untuk menjalin kerja sama. 

  • Membagikan link tersebut melalui internet dan media sosial

Jika ada individu yang membeli produk atau menggunakan jasa merchant melalui link yang kamu berikan, maka kamu akan mendapatkan komisi.  

Penerapan Affiliate Marketing Pada Perusahaan Kecantikan

Perusahaan kecantikan

Bagi kamu yang belum memahami  pemasaran afiliasi, berikut adalah contoh penerapannya. Pada perusahaan kecantikan yang menjual produk kosmetik dan perawatan kulit, mereka membutuhkan afiliasi untuk memasarkan produk kepada target konsumen. Salah satunya melalui afiliasi, yang juga akan mendapatkan keuntungan. Penggunaan jasa afiliasi memberikan keuntungan kepada merchant. Dengan menggunakan jasa afiliasi, merchant tidak perlu repot untuk melakukan analisis ataupun riset pasar. Afiliasi yang cocok untuk menjalin kerja sama ialah supermarket ataupun apotek, pusat perbelanjaan, dan e-commerce.

Kok Mirip Ya, Sama Konsep Reseller? 

Setelah membaca secara terperinci tentang affiliate marketing, mungkin konsep strategi pemasaran ini mengingatkan kamu dengan konsep reseller. Perbedaan utama antara affiliate marketing dan reseller adalah reseller berfokus kepada menjual kembali produk dengan nama brandnya sendiri. Sedangkan, affiliate masih mengatasnamakan brand dan memiliki keharusan untuk mencari pelanggan dan membeli produk brand untuk mendapatkan imbalan komisi penjualan. Pada sistem reseller, para reseller harus membeli produk atau layanan tersebut sebelum mendistribusikan produk. Sedangkan, para afiliasi hanya perlu mendaftarkan diri secara resmi kepada brand. Keuntungan yang didapatkan oleh reseller pun berkisar lebih besar, sekitar 30% sampai 80%.

Penting Gak Sih, Penerapan Affiliate Marketing?

Sangat penting! Dengan menerapkan pemasaran afiliasi, kamu memiliki kestabilan dalam pemasaran penjualan. Penerapan pemasaran afiliasi juga memiliki risiko pemasaran yang rendah, kamu dapat melakukan trial and error kepada strategi pemasaran produk kamu. Tidak hanya itu, biaya untuk melakukan pemasaran afiliasi juga rendah.

Penerapan pemasaran afiliasi pun tetap dibutuhkan untuk penyedia produk dan jasa dari skala kecil sampai besar. Akan tetapi, jangan sampai metode ini menjadi satu-satunya metode pemasaran untuk memasarkan produk dan jasa kamu ya! Kami sangat merekomendasikan kamu untuk tetap melengkapi metode pemasaran kamu dengan metode-metode lainnya. Setidaknya, kamu sudah mendapatkan jaminan akan stabilitas usaha kamu. 

Simak Saran-saran dalam Menerapkan Affiliate Marketing!

Setelah membaca informasi tersebut, apakah kamu tertarik untuk menjalin kerja sama sebagai seorang afiliasi? Jika iya, simak saran-saran berikut!

  • Mempelajari produk atau jasa

Penting sekali bagi kamu untuk mempelajari produk atau jasa terlebih dahulu sebelum menyepakati untuk menjadi afiliasi. Sehingga, kamu dapat mempertanggungjawabkan akan produk dan jasa yang kamu tawarkan sekaligus menguasai kelebihannya. 

  • Memilih produk yang sesuai dengan target audiens anda

Hal ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan calon pelanggan, karena kamu sudah mengetahui terlebih dahulu apa yang mereka sukai dan apa yang mereka butuhkan. 

  • Mencoba produk atau jasa yang ingin dipasarkan

Dengan mencoba produk dan jasa terlebih dahulu, kamu akan lebih memahami hal yang kamu tawarkan. Tidak hanya itu, kamu dapat memberikan testimoni dan meraih kepercayaan calon pelanggan. 

  • Memberikan Konten yang Berkualitas

Jika kamu sudah melewati tiga tahap diatas dan menerima tawaran untuk menjadi seorang affiliate, pastikan kamu akan memberikan kinerja yang terbaik. Salah satunya dengan memberikan konten yang berkualitas. 

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu untuk menjadi seorang affiliate?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yang juga seru buat kamu:

Tips-tips untuk Mengambil Foto Aesthetic!

Apakah kamu baru saja menyukai atau membutuhkan untuk mengambil banyak foto? Mengalami kesulitan dalam mengambil foto yang aesthetic? Tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan

7 Tempat Wisata di Jakarta untuk Berfoto!

Apakah kamu sudah bosan mendatangi tempat-tempat di Jakarta yang monoton? Ingin mencari tempat wisata yang asik untuk dikunjungi dan Instagramable? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah

App Home SCL

Gabung dengan komunitas konten kreator terbesar di indonesia!